Ucapkan Selamat Tinggal Pada Komedo dengan 5 Produk Eksfoliasi Ini

Saat bangun tidur, Anda melihat ke cermin dan mendapatkan tamu yang tidak diinginkan di hidung Anda, yaitu komedo. Blackhead atau komedo hitam muncul di kulit ketika sebum, sel kulit mati, dan bakteri terperangkap di folikel dan teroksidasi karena paparan udara. Disebut komedo hitam karena terlihat seperti titik hitam kecil di kulit Anda, dan dikenal sebagai komedo terbuka karena pori-pori terlihat terbuka.

Sementara itu, komedo putih atau whitehead terjadi ketika sebum berlebih dan kotoran bercampur dan menyumbat pori-pori. Namun, pada komedo putih, pori-pori tetap tertutup dan menciptakan benjolan putih atau menguning, sehingga dikenal sebagai komedo tertutup. Faktor lain yang dapat menyebabkan komedo putih adalah polusi lingkungan, pola makan yang buruk, stres, dan perubahan hormonal. Jika tidak diatasi dengan baik, komedo putih bisa berubah menjadi jerawat karena adanya peradangan yang disebabkan oleh penumpukan bakteri yang terperangkap.

Walaupun komedo muncul dan mengganggu penampilan, Anda bisa mendapatkan kembali kulit yang bersih dan halus. Kami akan membantu Anda melawan komedo dengan lima produk eksfoliasi di bawah ini dan memastikan komedo tidak kembali lagi.

Nose strips atau pore strips

Nose strips atau pore strips memiliki kemampuan menghilangkan komedo dalam sekejap dengan mengekstraksi, membersihkan secara mendalam, dan mengencangkan pori-pori untuk mencegah komedo datang kembali. Jika Anda memiliki kulit sensitif ataupun kulit kering, pilih pore strips yang memiliki kandungan ekstrak lidah buaya untuk menjaga kelembapan kulit.

Face scrub

Cara selanjutnya untuk menghilangkan komedo adalah dengan melakukan eksfoliasi secara teratur, contohnya menggunakan face scrub. Produk eksfoliasi ini mudah ditemukan di pasaran dan cukup efektif untuk mencegah komedo yang sering membandel. Face scrub akan membersihkan kulit Anda, membuka pori-pori yang tersumbat, dan mengurangi munculnya komedo. Pilihlah face scrub yang dengan lembut mengeksfoliasi kulit sekaligus membuat kulit Anda tetap lembap.

Face mask

Ketika memilih face mask atau masker wajah untuk mengatasi komedo, cobalah mencari masker yang memiliki kandungan activated charcoal, salicylic acid, dan calcium bentonite clay. Secara umum, salicylic acid diandalkan sebagai pembasmi jerawat dan membantu mencegah jerawat baru. Namun, salicylic acid juga bagus untuk mengatasi pori-pori yang tersumbat, termasuk komedo, serta bertindak sebagai anti inflamasi. Sementara itu, activated charcoal membantu mengeluarkan sel kulit mati dan minyak berlebih dari pori-pori, yang dapat menyebabkan komedo. Bahan ini juga membantu membersihkan pori-pori tanpa menyerap vitamin dan nutrisi yang penting bagi kulit. Calcium bentonite clay juga memiliki kemampuan yang tidak kalah hebat, yaitu membantu mengeksfoliasi kulit dan menyerap minyak berlebih.

Konjac sponge

Konjac sponge, yang terbuat dari serat tanaman, mampu membantu menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa makeup. Konjac sponge yang berawal dari Jepang ini merupakan produk eksfoliasi yang lembut dan dapat digunakan tiga kali dalam seminggu. Untuk menggunakannya, rendam konjac sponge di air selama 5 menit atau hingga mengembang, kemudian diperas. Lalu pijat wajah dengan menggunakan konjac sponge dengan gerakan memutar. Selain digunakan langsung pada wajah, konjac sponge bisa digunakan bersamaan dengan face wash.

Facial cleansing brush

Aplikasikan face wash ke kulit wajah yang basah, lalu pijat wajah dengan gerakan memutar selama satu menit menggunakan facial cleansing brush. Hasilnya? Kulit tereksfoliasi dengan baik, halus, dan bersih dari komedo.

Kulit wajah yang bersih tanpa komedo juga bisa didapatkan ketika Anda mengonsumsi pil KB. Pil KB dengan kombinasi estrogen dan progesteron cukup efektif untuk mengatasi komedo dan jerawat. Di samping itu, manfaat tambahan dari kedua hormon kombinasi ini adalah membantu mengontrol siklus menstruasi. Dan dengan pil KB Elzsa, Anda akan memperoleh kulit yang lebih halus. Pil KB ini juga memiliki manfaat ekstra, seperti menjaga berat badan lebih stabil dan menstruasi yang teratur. Kini Anda dapat mengandalkan Elzsa untuk kebutuhan pil KB Anda