Tips Memakai Kartu Kredit agar Tidak Terjerat Utang

Kartu kredit memang bisa jadi penyelamat dalam situasi mendesak. Tapi hati-hati Moms, cara pemakaian kartu kredit yang keliru justru bisa menjadi jebakan yang mengakibatkan kondisi finansial keluarga jatuh terpuruk. Alih-alih mendapat manfaat, Anda malah berisiko menjadi korban cicilan bunga dari bulan ke bulan. Berikut cara memakai kartu kredit yang benar agar Anda terhindar dari berbagai masalah terkait utang kartu kredit.

Satu Saja CukupUntuk belanja sehari-hari, biasakan memakai uang tunai atau kartu debit kala membayar, Moms. Gunakan kartu kredit hanya sebagai alat pembayaran di saat darurat atau untuk mencicil barang yang nilainya cukup besar. Karena itu, punya satu lembar kartu kredit saja sebenarnya cukup. Tak perlu banyak-banyak kalau tak mau pusing memikirkan cara membayar tagihan.

Pilih Bunga TerkecilJika ingin mulai memakai salah satu saja dari beberapa kartu kredit yang dimiliki, pilih yang bunganya paling kecil, Moms. Tidak masalah bila penawaran diskon belanjanya tak sebanyak kartu yang lain. Seringkali, penawaran promo dan diskon terlalu banyak malah bisa membuat Anda tergiur membeli barang yang sebenarnya tidak diperlukan.

Lunasi Tagihan BulananKecuali barang-barang yang harganya tinggi atau bisa dicicil dengan bunga nol persen, biasakan melunasi tagihan bulanan kartu kredit Anda secara penuh. Ini berguna agar Anda tidak terkena jebakan kartu kredit dan membayar bunga berbunga yang jika dibiarkan berlarut-larut nilainya bisa melampaui harga barang sebenarnya.

Bayar Sebelum Jatuh TempoTips menggunakan kartu kredit lainnya adalah memajukan tanggal jatuh tempo pembayaran kartu kredit Anda, lalu jadikan tanggal tersebut sebagai jadwal pembayaran rutin tagihan bulanan. Kalau perlu, pasang reminder di ponsel supaya jadwal bayar tidak terlewat. Memajukan tanggal pembayaran berguna untuk menghindari risiko adanya hambatan tak disangka yang bisa mengakibatkan pembayaran mundur dan Anda mesti membayar bunga tambahan.

Atur Budget Belanja BulananTetapkan budget belanja bulanan yang bisa Anda bayar dengan kartu kredit. Caranya adalah dengan mengambil rata-rata jumlah pembayaran tagihan kartu kredit yang mampu Anda lunasi setiap bulan. Jangan tergiur dengan limit kartu yang tinggi ya Moms, karena itu tidak mencerminkan kemampuan Anda membayarnya. Setelah menetapkan budget belanja bulanan, tetaplah teguh mematuhinya meski toko sepatu kesayangan sedang mengadakan sale besar-besaran.

Jangan Pakai Kartu hingga Utang LunasTerlanjur terjerat utang kartu kredit? Kerahkan segenap kemampuan finansial yang dimiliki untuk melunasinya. Tak perlu patah semangat meski Anda telah menjadi korban kartu kredit. Yang paling penting, jangan dulu menggesek kartu sebelum utang Anda lunas. Itu artinya: sesuaikan gaya hidup, diet belanja online, puasa minum kopi di kafe, dan tahan keinginan untuk beli baju baru ya Moms! Siap menerapkannya di rumah?