Penuhi Kotak P3K dengan 7 Benda Ini Selama Pandemi

Selama bertahun-tahun, isi kotak P3K di rumah kita agaknya tidak banyak yang berubah. Biasanya kita menyiapkan obat-obatan dan perlengkapan medis sederhana seperti plester, alkohol 70 persen, kasa steril, dan salep luka. Obat-obatan tersebut digunakan sebagai antisipasi jika terjadi keadaan darurat, semisal mengalami luka, patah tulang, terkena air panas, atau keadaan lainnya.

Namun pandemi global Covid-19 yang melanda dunia sejak tahun lalu membuat kita semakin waspada agar benar-benar menjaga kesehatan supaya tidak terinfeksi Covid-19. Jadi, selain berisi obat-obatan dan persediaan seperti biasa, kotak P3K pun sebaiknya Anda tambahkan persediaan ekstra selama pandemi ini. Berikut adalah 7 benda yang perlu Anda tambahkan di kotak P3K:

1.Masker

Benda yang satu ini bisa dibilang merupakan item yang wajib ada di dalam kotak P3K di rumah Anda. Selama pandemi, pemerintah menghimbau masyarakat untuk menggunakan masker. Masker merupakan perlindungan utama dari penularan virus corona. Memakai masker mampu mencegah penularan melalui droplet, sehingga menyediakan masker di kotak P3K adalah langkah bijak untuk mencegah Anda ataupun keluarga Anda agar tidak menularkan atau tertular Covid-19. Sediakan masker medis atau masker kain dalam jumlah cukup di rumah Anda dan kenakan selalu masker ketika keluar rumah.

2.Hand Sanitizer

Benda selanjutnya yang harus ada di kotak P3K Anda selama pandemi Covid-19 adalah hand sanitizer. Cairan antiseptik ini berfungsi membunuh bakteri, virus, kuman atau mikroorganisme lain yang mungkin saja terdapat pada tangan. Rutinlah mengusapkan hand sanitizer ketika berada di luar rumah atau saat dari luar rumah. Perlu diingat, menjaga kebersihan tangan merupakan salah satu langkah penting mencegah penularan Covid-19.

3.Sarung Tangan

Selain memakai hand sanitizer, Anda juga sebaiknya menyediakan sarung tangan sebagai pencegahan agar tangan tidak terkontaminasi dengan virus. Gunakan sarung tangan ketika keluar rumah atau ketika melakukan kontak dengan pasien Covid-19.

4.Termometer

Salah satu gejala terinfeksi Covid-19 adalah demam dengan suhu tinggi di atas 37.2 derajat Celcius. Sebagai tindakan pencegahan, sediakan termometer di kotak P3K Anda agar lebih cepat mengukur suhu jika ada anggota keluarga yang mengeluh demam. Jika badan terasa demam dengan suhu di atas 37.2 derajat Celcius, sebaiknya Anda waspada. Jika terdapat gejala-gejala Covid-19 yang mengiringinya, segera hubungi fasilitas kesehatan terdekat untuk dilakukan tindakan secepatnya.

5.Vitamin

Daya tahan tubuh keluarga Anda harus dijaga selama pandemi agar kuat dan tidak mudah diserang virus. Karena itu bentengi diri Anda dan keluarga Anda dengan mengkonsumsi vitamin, utamanya vitamin A dan vitamin D. Kedua vitamin ini dikenal mampu meningkatkan kekebalan tubuh, termasuk dalam melawan infeksi Covid-19.

6.Obat Penurun Panas

Seperti disebutkan di atas bahwa salah satu gejala terinfeksi Covid-19 adalah mengalami demam tinggi. Karena itu, menyediakan obat penurun panas atau demam di kotak P3K Anda menjadi suatu keharusan. Obat penurun panas yang bisa Anda simpan antara lain yang mengandung parasetamol atau ibuprofen.

7.Obat Pereda Pilek atau Flu

Selain demam, gejala lainnya yang kerap muncul pada pasien terinfeksi Covid-19 adalah pilek atau flu. Oleh sebab itu, obat pereda flu harus selalu tersedia di kotak P3K Anda seperti obat yang mengandung dekongestan atau antihistamin. Sebaiknya Anda memilih obat pereda pilek yang berfungsi sekaligus yaitu mampu meredakan demam, batuk, bersin hingga sakit kepala sekaligus.

Selain obat pereda demam dan pilek, Anda perlu juga menyediakan obat-obatan pribadi, misalnya bagi anggota keluarga yang mempunyai riwayat penyakit tertentu. Jika Anda sedang menjalani KB, jangan lupa untuk menyediakan pil KB dalam jumlah cukup di rumah agar tidak kerepotan jika tiba-tiba habis. Menurut laporan BKKBN, pandemi covid-19 menyebabkan penurunan penggunaan kontrasepsi dan berdampak pada lebih dari 400 ribu kehamilan tidak direncanakan.

Salah satu pil Kb yang direkomendasikan adalah Elsza. Selain berfungsi untuk menunda kehamilan, pil KB ini juga menawarkan sejumlah manfaat lain seperti menjaga kestabilan hormon, mengurangi nyeri menstruasi, bahkan telah teruji klinis dapat menghaluskan kulit muka.

Itulah 7 benda yang wajib Anda sediakan di kotak P3K di rumah. Tentunya kita semua tahu bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Ingatlah bahwa pandemi ini belum berakhir, jadi sebaiknya kita tetap waspada. Tetap ikuti protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, rajin mencuci tangan, menjauhi kerumunan, serta menjaga kesehatan. Semoga Anda dan keluarga selalu sehat di tengah pandemi ini.