Mau Ikut Tren Kecantikan Ala Bintang Korea? Simak Tips Ini!

Belakangan ini, segala sesuatu yang “berbau” Korea tengah digandrungi orang di berbagai penjuru dunia, termasuk di Indonesia. Selain musik K-pop dan serial K-drama alias drakor yang punya banyak penggemar fanatik, tren kecantikan wanita dari Korea atau K-beauty juga amat populer di tanah air.

Ritual 10-step skincare, penggunaan sheet mask, gaya makeup glass skin, dan pemulas bibir berwarna ombre adalah beberapa contoh tren kecantikan yang banyak diikuti perempuan Indonesia. Biar nggak jadi korban mode, simak tips berikut bila ingin mengikuti perkembangan K-beauty ya Moms.

Sesuaikan dengan tipe wajahSalah satu keuntungan mengikuti tren kecantikan ala Korea adalah jenis kulit perempuan Korea yang setipe dengan kita, yaitu tipe kulit Asia. Tipe wajah perempuan Korea juga “sebelas-dua belas” dengan wajah kita, Moms. Itu sebabnya, dibandingkan tren kecantikan dari negara Barat, tren kecantikan asal Korea memang relatif lebih cocok bagi kita perempuan Indonesia.

Tapi meski begitu, Moms tetap perlu selektif saat hendak mengikuti tren. Misalnya nih, jika punya bentuk wajah bulat dan kulit berminyak, barangkali gaya makeup “no makeup” lebih cocok diterapkan daripada gaya makeup “glass skin” yang bisa membuat kulit wajah cantik kita tampak mengilap. Saat mengikuti tutorial makeup, coba amati dulu kesesuaiannya dengan wajah kita sebelum memakainya untuk bepergian ke luar rumah.

Pilih produk sesuai jenis kulitProduk kecantikan yang cocok digunakan oleh para beauty vlogger belum tentu cocok pula digunakan oleh wajah kita, Moms. Bahkan sheet mask yang kelihatannya “innocent” dan semestinya berguna membuat kulit halus, ada juga yang bisa menimbulkan jerawat jika pemakaiannya tidak disesuaikan dengan jenis kulit.

Itu sebabnya, kecermatan membaca label amat penting bagi Moms yang hendak menjajal berbagai produk kecantikan. Pemilik kulit kering jangan menggunakan produk untuk kulit berminyak, dan begitu pula sebaliknya. Tips kecantikan ini berlaku bukan cuma ketika mencoba produk kecantikan asal Korea saja ya Moms, tapi juga untuk produk kecantikan apa pun yang hendak Anda gunakan.

Dahulukan sehat ketimbang trendyHanya karena Song Hye Kyo dan Jun Ji Hyun menerapkan ritual 10-step skincare untuk mendapatkan kulit wajah glowy-nya, bukan berarti Moms perlu melakukannya juga. Bukan hanya menghabiskan waktu lebih lama dibandingkan ritual perawatan kulit biasa, Moms juga harus memiliki 10 produk skincare untuk setiap tahapan. Itu artinya, Moms perlu menyediakan waktu dan dana ekstra agar bisa menerapkannya.

Itu masih belum ditambah risiko bahwa ritual 10-step skincare tidak cocok bagi kulit Moms. Di negara asalnya sendiri, ritual 10-step skincare sudah mulai ditinggalkan karena tidak praktis dan berisiko menimbulkan iritasi akibat penumpukan produk skincare pada wajah. Saat ini mulai dipopulerkan istilah “diet skincare”, yaitu pemakaian produk skincare efisien sesuai kebutuhan.

Tampil cantik itu nggak mesti mengorbankan kesehatan kulit dan isi dompet kan, Moms?