Lakukan Hal Ini Agar Tidak Makan Berlebihan Saat PMS

Menjelang haid atau istilahnya PMS (premenstrual syndrome) perempuan bisa mendadak berubah menjadi monster. suasana hatinya berubah-ubah dengan cepat dan mereka juga bisa tiba-tiba menjadi pemakan segala. Dua hal tersebut sebagian dari banyak gejala yang umum diderita perempuan menjelang datangnya tamu bulanan.

Biang keladi perubahan yang mengganggu ini adalah hormon dalam tubuh yang berubah menjelang menstruasi. Tingkat hormon estrogen menjelang menstruasi menjadi berubah-ubah. Hal ini biasanya diikuti dengan meningkatkan hormon kortisol atau hormon stres dan menurunnya hormon serotonin di otak.

Ketika hormon kortisol tinggi dan hormon serotonin rendah, maka metabolisme pun akan terganggu. Otak akan memerintahkan tubuh untuk mencari asupan karbohidrat yang akan membantu menstabilkan kadar hormon serotonin dalam tubuh. Itu sebabnya ketika PMS perempuan mendadak menginginkan makanan yang manis dan mengandung karbohidrat, seperti coklat atau kue-kue manis.

Tapi sebenarnya ada hal-hal yang bisa dilakukan agar Anda tidak makan berlebih saat PMS. Lakukan 5 hal berikut ini untuk mengontrol nafsu makan Anda selama PMS:

Konsumsi karbohidrat kompleks

Makan lah makanan yang kaya serat seperti roti gandum utuh, pasta, atau biji-bijan untuk menjaga kadar gula dalam darah. Hal ini akan menstabilkan mood Anda dan menekan keinginan makan yang kerap muncul selama PMS. Makanan yang serat juga umumnya mengandung vitamin B, thiamin, dan riboflavin yang dapat mengurangi gejala PMS Anda. Makanan kaya serat yang baik Anda konsumsi, antara lain barley, beras coklat, lentil, dan kacang-kacangan.

Makan dalam porsi kecil

Untuk menjaga kadar gula dalam darah makan lah dalam porsi kecil tapi sering. Bagi lah porsi makan tiga kali sehari menjadi 6 kali sehari. Tiga kali makan utama yang porsinya dikurangi dan tiga kali camilan ringan.

Tingkatkan kadar magnesium dalam darah

Ketika Anda menginginkan coklat saat PMS itu menandakan tubuh Anda membutuhkan magnesium. Coklat mengandung magnesium yang tinggi, sayangnya juga tinggi gula dan lemak. Tidak baik untuk tubuh Anda.

Sebagai gantinya konsumsi makanan lain yang juga mengandung kadar magnesium tinggi, seperti bayam, kacang mede, almond, atau selai kacang. Kalau memang Anda sangat menginginkan coklat, pilihlah dark chocolate yang lebih rendah kadar gula dan lemaknya.

Berolahraga

Olahraga dapat meningkatkan kadar serotonin di otak. Hal ini akan membantu menekan dorongan untuk makan serta meringankan gejala PMS lainnya seperti rasa lelah dan depresi. Olahraga kardio seperti jogging, jalan kaki, atau berenang dapat menjadi pilihan yang baik.

Berjemur sinar matahari pagi

Seperti olahraga, sinar matahari juga dapat meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh. Kurang paparan sinar matahari dapat membuat kadar serotonin menurun yang membuat suasana hati menjadi buruk dan keinginan makanan menjadi lebih tinggi.

Jadi, berjemur lah di bawah sinar matahari pagi secukupnya ya. Hal itu dapat membantu menekan beberapa gejala PMS, termasuk keinginan makan yang berlebih.

Anda juga tak perlu khawatir dengan bobot berlebih saat bermaksud menunda kehamilan. Pil KB Elzsa siap Anda andalkan. Elzsa akan membuat Anda rileks karena tidak menimbulkan efek samping apapun. Berat badan tetap stabil, kulit wajah terjaga halus, mens teratur dan diproduksi oleh DKT Indonesia, yang telah berpengalaman 20 tahun mendukung wanita Indonesia dengan beragam produk kontrasepsi. Ngga ragu lagi, kan?