Lakukan 5 Hal Ini Saat Kulit Wajah Bermasalah

Problem pada kulit wajah sering kali mengganggu penampilan dankepercayaan diri Anda. Ada berbagai hal yang menyebabkan kulit wajahbermasalah, mulai dari makan dan istirahat yang tidak teratur, penggunaanproduk perawatan yang tidak sesuai dan kurangnya menjaga kebersihan kulitwajah.

Untuk mengatasi permasalah yang terjadi, ada beberapa hal yang dapat Andalakukan. Lakukan hal-hal di bawah ini agar kulit wajah Anda dapat kembaliseperti semula, dan Anda menjalani aktivitas dengan percaya diri.

  • Membersihkan wajah dengan benarMeskipun keadaan kulit wajah sedang tidak baik, membersihkan wajah setiaphari tetaplah penting. Terutama setelah Anda beraktivitas di luar ruangan danpulang malam. Membersihkan wajah tetap perlu dilakukan apalagi menjelangtidur malam. Pilihlah pembersih wajah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.Bagi pemilik wajah berminyak, gunakan pembersih wajah yang mengandungsalicylic acid, benzoyl peroxide atau glycolic acid. Anda yang memiliki kulitkering, pilihlah pembersih wajah yang memiliki kandungan glycerin danceramides. Jika Anda memiliki kulit berjerawat, gunakan pembersih dengankandungan sulfur, salicylic acid atau tea tree oil. Lalu, pemilik kulit sensitif,gunakanlah pembersih wajah yang lembut dengan kandungan seperti glycerinatau lactic acid. Menggunakan pembersih wajah sesuai dengan kebutuhanakan membantu meredakan masalah pada kulit wajah Anda.
  • Hindari untuk mengeksfoliasi wajah secara berlebihanEksfoiliasi wajah dilakukan untuk membantu mengangkat kotoran dan sel-selkulit mati. Mengeksfoliasi wajah akan memudahkan produk perawatanmenyerap dengan baik di kulit. Namun penggunaan eksofoliator tidak boleh
  • digunakan secara berlebihan, apalagi ketika Anda mengalami kulit wajah yangbermasalah. Mengeksfoliasi wajah dapat dilakukan sebanyak 1 hingga 2 kalidalam satu minggu. Ketika kulit wajah sedang mengalami peradangan, jangangunakan eksfoliator yang bersifat abrasif, seperti physical exfoliator. Anda dapatmenggunakan eksfoliator yang lembut, contohnya chemical exfoliator yangmemiliki kandungan gentle fruit acids.

  • Menggunakan pelembap wajahMenggunakan pelembap wajah setiap waktu akan membantu hidrasi pada kulitterjaga. Sebetulnya, menggunakan pelembap wajah yang tepat tidak akanmembuat kulit bermasalah Anda menjadi semakin meradang. Permukaan kulityang kering dan mengalami dehidrasi akan memproduksi kelenjar minyakberlebih yang akan memperburuk kondisi kulit. Apabila Anda menghidrasi kulitdengan baik dapat membantu menyeimbangkan kembali kelenjar minyak,membantu mengontrol timbulnya jerawat dan membantu meningkatkanpenyembuhan kulit wajah yang bermasalah. Gunakanlah pelembap wajahdengan pH yang seimbang dan yang tidak menyumbat pori-pori. Anda dapatmenggunakan pelembap wajah pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur.Penggunaan pelembap wajah yang teratur juga akan membantu menjagaelastisitas pada kulit.
  • Ketahui jenis kulit AndaMengetahui jenis kulit wajah Anda akan lebih mudah untuk memilih produkdalam mengatasi permasalahan. Setiap produk yang diproduksi biasanyamemiliki formulasi khusus untuk masalah yang perlu diatasi. Jangan gunakanproduk yang tidak sesuai dengan kebutuhan karena hanya akanmemperpanjang permasalah pada kulit wajah. Misalnya saja menggunakanscrub yang bersifat abrasif pada kulit yang sedang berjerawat. Kemungkinanjerawat akan meradang menjadi lebih besar karena tidak diperlakukan denganlembut. Kemungkinan lainnya adalah ketika Anda baru mulai menggunakanAHA, BHA, PHA ataupun retinol mulailah dari level yang terendah terlebih
  • dahulu. Pastikan juga kulit wajah Anda sudah memiliki skin barrier yang baik, dengan selalu menghidrasinya dari dalam dan luar.

  • Atasi stres Anda dan tidur yang cukupStres dan kelelahan akan menyebabkan berbagai masalah pada kulit. Mulaidari kulit yang kusam, berjerawat hingga lingkaran hitam di bawah mata.Bicarakan permasalahan Anda dengan orang terdekat hingga menemukansolusi yang tepat. Berolahraga secara teratur juga dapat membantu untukmengurangi stres. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang bergiziseperti sayur dan buah-buahan agar tubuh sehat selalu. Makanan yang Andakonsumsi juga memiliki pengaruh terhadap kondisi kulit. Usahakan Anda dapattidur malam selama 7 hingga 8 jam setiap harinya dan tidak tidur terlalu larutmalam. Selain beristirahat dan berolahraga, Anda dapat melakukan hal lainnyauntuk relaksasi, misalnya saja mendengarkan musik.
  • Anda dapat melakukan hal-hal yang sudah dijelaskan di atas ketika mengalamipermasalah pada kulit. Selain itu, tahukah Anda bahwa mengonsumsi pil KBdapat membantu memperbaiki tekstur pada kulit wajah sehingga membantumembuatnya menjadi lebih halus. Banyak orang yang khawatir ketika merekamengonsumsi pil KB akan kenaikan berat badan yang akan terjadi.Penggunaan pil KB yang tepat akan membantu menjaga berat badan tetapstabil dan membantu mengembalikan masa subur Anda dengan cepat.