Jerawat di Dagu : Penyebab dan Solusinya

Jerawat pada dasarnya adalah masalah pada kulit. Akan tetapi beda lokasi, beda juga penyebabnya. Salah satunya adalah jerawat di dagu. Pada posisi ini jerawat bisa disebabkan karena banyak masalah dan bisa diselesaikan dengan cara tertentu. Untuk tahu apa saja penyebab dan penyembuhan masalah jerawat di dagi ini, berikut ini adalah ulasannya.

Penyebab Jerawat pada Area Dagu

Jerawat di area dagu merupakan salah satu kondisi jerawat yang umumnya disebabkan karena kesehatan pencernaan dan juga karena hormon yang tidak seimbang. Yang paling banyak terjadi, jerawat di area dagu disebabkan karena fluktuasi hormon. Namun mari kita pahami dua penyebab ini.

Jerawat di Area Dagu Akibat Ketidakseimbangan Hormon

Apakah di kulit Anda terutama di bagian dagu sering muncul jerawat baru saat menstruasi? Yup! Hal ini umum dan sangat wajar. Pasalnya pada saat mengalami menstruasi, seseorang biasanya akan mengalami gangguan pada sistem endokrin.

Gangguan pada sistem endokrin ini bisa menyebabkan stimulasi berlebih pada kelenjar minyak sehingga kulit menjadi berminyak. Hal ini disebabkan karena pada saat menstruasi, atau seminggu sebelum Anda mengalami menstruasi, hormon androgen akan diproduksi secara berlebihan. Hal inilah yang menyebabkan hormon menjadi tidak seimbang.

Jerawat di Area Dagu Akibat Makanan

Oh ya, banyak juga yang menyatakan bahwa jerawat di area dagu bisa disebabkan karena masalah makanan. Akan tetapi hal ini sesungguhnya tidak dibuktikan dalam penelitian. Ya, penelitian tidak menemukan kaitan antara makanan dengan jerawat.

Melainkan, ditemukan bahwa akanan akan mempengaruhi kesehatan pencernaan. Nah, kesehatan pencernaan yang tidak terjaga ini bisa menyebabkan hormon tidak seimbang. Karena hormon dalam tubuh tidak seimbang, jerawat akan muncul di wajah Anda. Terutama di area dagu.

Nah, guna membantu menghilangkan jerawat di area dagu ini akan lebih baik Anda tahu apa saja penyebab hormon tidak seimbang. Untuk tahu lebih banyak mengenai masalah hormon ini, berikut ini adalah ulasannya.

Aspek Penyebab Hormon Tidak Seimbang

Hormon yang tidak seimbang dan menyebabkan masalah jerawat di dagu umumnya disebabkan karena stres. Akan tetapi ada juga beberapa hal lain yang bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon ini. Beberapa diantaranya antara lain adalah:

  • Stres. Stres pekerjaan, stres kehidupan dan hal lain yang membuat Anda berpikir negatif dapat menyebabkan stres. Ini akan sangat berpengaruh pada kondisi mental dan hormonal Anda. Oleh karena itu, jaga diri dan hindari stres.
  • Pengobatan. Jika Anda mengonsumsi obat tertentu, hal ini juga bisa jadi sumber ketidakseimbangan hormon Anda. Oleh karena itu, jika Anda harus berobat, akan lebih baik jika Anda berobat pada dokter agar tahu efek sampingnya.
  • Pengobatan dan Terapi Kanker. Jika Anda memiliki kanker dan sedang menjalani treatment, sangat umum jika Anda akan mengalami ketidakseimbangan hormon. Oleh karena itu, jangan khawatir ya!
  • Adanya tumor,
  • Eating disorder,
  • Dan juga trauma atau cedera
  • Cukup banyak bukan? Oleh karena itu, jika Anda mengalami jerawat karena masalah ketidakseimbangan hormon ini, Anda harus segera menghubungi dokter untuk mendapatkan pertolongan.

    Tanda Anda Sedang Mengalami Jerawat Karena Ketidakseimbangan hormon

    Perlu Anda tahu, jerawat di dagu bisa jadi disebabkan karena hormon tidak seimbang. Akan tetapi tidak selalu disebabkan karena hal ini. Lalu bagaimana cara tahu apakah jerawat di area dagu ini disebabkan karena hormon tidak seimbang atau tidak? Ini dia gejala lainnya.

    Anda Sudah Bukan Remaja Lagi

    Sangat umum bagi remaja mengalami jerawat di area dagu dan area lain di wajahnya. Hal ini disebabkan karena remaja memang mengalami gejolak hormonal. Jika sudah melewati masa remaja, hormon akan kembali normal. Akan tetapi jika Anda sudah di luar masa remaja dan masih mengalami jerawat di area dagu, ini adalah salah satu tanda bahwa jerawat Anda adalah jerawat hormonal.

    Jerawat Hanya Ada di Area Dagu dan Garis Rahang

    Tanda lain dimana Anda mengalami masalah jerawat hormonal adalah jerawat yang hanya muncul pada area dagu dan garis rahang. Apalagi jika area wajah lain tidak mengalami jerawat, tanda ini memperkuat kondisi jerawat Anda disebabkan karna masalah hormonal.

    Mengalami Breakout Setiap Bulan

    Jerawat di dagu dan juga jerawat lain di wajah yang makin parah tiap sebulan sekali juga bisa jadi salah satu tanda bahwa Anda mengalami masalah hormon tidak seimbang. Biasanya kemunculan jerawat ini juga terjadi pada area dan posisi yang sama. Ini disebabkan karena pori kulit yang sudah terlanjut membesar membuat kotoran dan minyak lebih mudah menumpuk.

    Stres Berlebih

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, stres adalah salah satu penyebab utama dari masalah hormon. Jika Anda mengalami stres baik itu pekerjaan, cinta ataupun hidup dan mengalami jerawat di area dagu ini, kemungkinan besar Anda sedang menghadapi jerawat hormon.

    Penanganan Jerawat Hormonal di Area Dagu

    Di atas sudah dijelaskan tanda-tanda seseorang sedang menghadapi masalah jerawat hormonal. Jika Anda mengalami lebih dari 1 tanda, akan lebih baik jika Anda mengambil langkah seperti berikut ini untuk membantu mengatasi masalah hormon tidak seimbang Anda.

    Beli Pembersih yang Dijual di Pasar

    Saat Anda mengalami masalah kulit berjerawat karena hormon, langkah pertama adalah mencari pembersih wajah yang benar. Sangat penting bagi Anda untuk mencari pembersih wajah guna membantu mengatasi masalah kulit Anda.

    Akan lebih baik jika Anda mencari produk pembersih wajah yang dijual di pasaran dan memiliki kandungan probiotik dan juga salicylic acid. Kedua bahan ini sangat baik untuk membantu mempercepat penyembuhan jerawat hormonal.

    Menggunakan Retinoid Atopik

    Salah satu cara lain untuk membantu mengatasi masalah jerawat hormonal adalah dengan menggunakan retinoid atopik. Retinoid merupakan salah satu bahan kimia yang dapat membantu percepatan penyembuhan jerawat. Sayangnya jika Anda sedang hamil, akan lebih baik menggunakan bahan lain untuk mengatasi masalah kulit berjerawat ini.

    Menggunakan Pil KB

    Jika kondisi kulit berjerawat parah, biasanya dokter akan menyarankan untuk menggunakan pil kontrasepsi untuk membantu penyembuhan jerawat. Salah satu pil yang paling banyak digunakan saat terapi ini adalah Pil KB Elzsa atau yang dikenal sebagai pil cantik Elzsa.

    Pil ini dapat membantu menyeimbangkan hormon dengan menambah kadar hormon progesteron dan estrogen dalam tubuh. Dengan kondisi hormon seimbang, jerawat akan lebih mudah diatasi.

    Mengapa Menggunakan Elzsa

    Mengapa menggunakan pil kb anti jerawat Elzsa untuk membantu menyeimbangkan hormon? Hal ini disebabkan karena Elzsa bekerja dengan cara menyeimbangkan hormon tanpa menyebabkan masalah fertilitas. Inilah yang membuat penggunaan pil kontrasepsi Elzsa banyak digunakan oleh dokter yang mendiagnosis jerawat karena masalah hormon imbalance. Pil KB Elzsa juga terbukti dapat memberikan efek glowing, kenyal, cerah, dan mencegah timbulnya jerawat serta awet muda.

    Tentunya konsumsi Pil KB ini hanya bisa dilakukan oleh Anda yang sudah menikah dan sedang tidak berusaha mendapatkan keturunan karena Pil KB Elzsa dengan 2 kandungan cyproterone acetate dan ethinylestradiol, terbukti efektif 99% mencegah kehamilan jika digunakan secara rutin dan teratur.

    Nah, jika Anda juga mengalami masalah jerawat di dagu karena masalah hormon tidak seimbang, akan lebih baik jika Anda segera ke dokter guna mendapatkan memeriksakan jerawat di dagu Anda dan mendapatkan perawatan hormon lebih cepat. Ini penting karena hormon yang tidak seimbang terus menerus juga bisa berakibat pada hal lain dalam tubuh Anda.