Jerawat Batu : Penyebab, Pencegahan dan Penanganan

Jerawat Batu atau jerawat cystic bisa disebut jerawat paling parah di antara jerawat lainnya. Jika Anda belum tahu apa itu jerawat cystic dan bagaimana cara penanganannya, berikut ini adalah ulasannya.

Mengapa Jerawat Batu Muncul?

Penyebab munculnya jerawat cystic sama dengan jerawat pada umumnya, yaitu bakteri, minyak dan sel kulit mati bertumpuk di dalam pori. Akan tetapi lebih besar lagi pengaruh minyak berlebihan di wajah. Karena makin berminyak kulit, makin mudah bakteri dan kotoran bertumpuk.

Jerawat cystic bisa terjadi pada siapa saja. Bisa anak remaja, wanita dewasa atau bahkan pada wanita lanjut usia. Akan tetapi lebih jenis jerawat ini lebih mudah terjadi pada orang yang memiliki tipe kulit berminyak. Apalagi jika kulit berminyak tidak dirawat dan tidak dibersihkan dengan seksama, sulit untuk membuat jerawat hilang.

Cara Mengidentifikasi Jerawat Batu

Jerawat kistik atau jerawat cystic bisa berukuran besar atau berukuran kecil. Makin parah biasanya jerawat ini main besar ukurannya. Jerawat kistik parah juga akan melukai lapisan kulit dalam dan akan menonjol di bagian luar kulit Anda.

Jerawat kistik bisa dikenali dengan beberapa ciri. Ciri ini antara lain adalah :

  • Benjolan berisi nanah dengan ukuran besar
  • Benjolan putih besar
  • Memiliki warna kemerahan
  • Terasa lembut atau nyeri saat disentuh
  • Karena ukurannya besar, biasanya jerawat kistik akan paling diperhatikan ketika muncul di wajah seseorang. Selain muncul di wajah, jerawat kistik juga bisa muncul di area dada, leher dan juga lengan. Oh ya, ada juga penderita jerawat ini mengalami jerawatan dengan tipe jerawat batu di bagian bahu dan juga belakang telinga.

    Apakah Jerawat Batu dapat Meninggalkan Bekas Scarring ?

    Setiap jerawat pasti akan meninggalkan bekas jika tidak dirawat dengan baik. Akan tetapi dibandingkan jerawat lainnya. Jerawat kistik akan jerawat paling mudah meninggalkan bekas. Akan tetapi Anda bisa mengurangi risiko bekas ini dengan cara meninggalkan jerawat kistik Anda.

    Artinya jangan pernah berusaha untuk memencet atau mengeluarkan nanah jerawat cystic. Dengan membiarkan jerawat kistik ini sembuh sendiri, luka dan bekas akibat kistik bisa diminimalisir. Selain untuk menghindari luka membiarkan jerawat batu tanpa memegang dan mengeluarkannya bisa membantu mengurangi infeksi ke pori lain dan mencegah munculnya jerawat baru.

    Mencegah Jerawat Batu

    Dilihat dari akibatnya, jerawat kistik disebabkan karena masalah kulit berminyak. Masalah kulit berminyak bisa disebabkan karena banyak hal. Beberapa penyebab dari kulit berminyak ini antara lain adalah :

    Genetik

    Salah satu penyebab kondisi kulit berminyak adalah karena masalah genetis. Jadi jika orang tua atau keluarga Anda memiliki masalah kulit berminyak atau malah berjerawat, kemungkinan besar Anda juga akan memiliki kondisi ini.

    Usia

    Biasanya anak pada usia remaja memiliki kondisi kulit berminyak. Makin tua seseorang akan main kehilangan minyak dan kolagen dikulitnya. Hal inilah yang membuat kondisi kulit lebih kering dan mengeluarkan kerutan.

    Tempat Tinggal dan Musim

    Hal lain penyebab masalah kulit berminyak adalah lokasi tempat tinggal dan juga musimnya. Saat Anda tinggal di tempat dengan memiliki kelembaban udara tinggi, kemungkinan besar Anda akan memiliki kulit berminyak. Indonesia adalah negara dengan iklim tropis, kelembaban tinggi dan juga cuaca panas di musim kemarau membuat kulit Indonesia lebih cenderung berminyak.

    Pori Pori Besar

    Kulit berminyak bisa juga disebabkan karena ukuran pori besar. Ketika pori kulit Anda terlalu besar, jumlah minyak yang dihasilkan akan lebih banyak. banyak yang mencari cara mengecilkan pori. Akan tetapi hal ini mustahil untuk dilakukan. satu-satunya jalan yang bisa dilakukan adalah meningkatkan proses cleansing dengan baik untuk menghindari minyak berlebih di kulit.

    Salah Skin Care

    Kesalahan dalam memilih skin care juga bisa menyebabkan kulit berminyak. Entah itu skin care terlalu berminyak atau skin care yang terlalu mengeringkan dapat membuat kulit makin berminyak.

    Berlebihan dalam Membersihkan Kulit

    Membersihkan kulit baik, tapi jika terlalu sering hal ini juga akan berdampak buruk pada kulit Anda. Jangan lupa juga mencari pembersih kulit sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

    Tidak Menggunakan Moisturizer

    Moisturizer bertujuan untuk membantu meningkatkan kelembaban kulit. Jika kulit tidak di lembapkan dengan menggunakan skin care, kulit akan mengeluarkan minyaknya sendiri. Makin kering kulit makin banyak minyak dikeluarkan.

    Masalah Hormon Tidak Seimbang

    Terakhir, masalah lain penyebab kulit berminyak adalah masalah hormon tidak seimbang. Ketika Anda mengalami masalah hormon tidak seimbang, kemungkinan kulit akan lebih berminyak.

    Bisa dilihat pada anak di usia remaja. Anak di usia remaja cenderung memiliki kulit berjerawat dan berminyak. Hal ini disebabkan karena hormon usia remaja yang bergejolak. Oleh karena itu, jika masalah ini terjadi pada Anda saat masih remaja, tidak masalah.

    Untuk mendapatkan kulit lebih sehat, Anda hanya perlu menunggu hormon kembali stabil dan kondisi kulit Anda akan membaik dengan sendirinya. Akan tetapi jika masa remaja Anda sudah lewat, masalah ketidakseimbangan hormon ini bisa jadi salah satu masalah.

    Bahaya dan Cara Mengatasi Ketidakseimbangan Hormon

    Umumnya, hormon yang tidak stabil dapat menyebabkan banyak masalah. Mulai dari jerawat batu hingga breakout di seluruh wajah dengan jenis jerawat berbeda-beda. Nah, untuk mengatasi masalah hormon imbalance ini, Anda bisa menggunakan beberapa cara.

    Mulai dari memperbaiki jam tidur, makan makanan sehat, menjaga kesehatan pencernaan, menghindari stres, rokok dan juga minuman beralkohol. Jangan lupa juga menghindari gula berlebih ya!

    Akan tetapi jika kondisi hormon imbalance ini sudah menyebabkan masalah jerawat parah, konsumsi obat dan suplemen untuk membantu menyeimbangkan hormon kembali bisa dilakukan. Untuk mengatasi hormon imbalance ini pil cantik Elzsa bisa diandalkan.

    Bagi wanita hormon progesteron dan estrogen adalah hormon paling penting. Keseimbangan hormon ini dapat membantu membuat hidup menjadi lebih teratur dan menyebabkan masalah jerawat seperti jerawat kistik mereda.

    Selain memberikan manfaat penyeimbang hormon, ada banyak manfaat lain yang akan Anda rasakan jika mengonsumsi Pil KB Elzsa, pil kb anti jerawat ini. Beberapa manfaat tersebut antara lain adalah :

  • Efektif mencegah kehamilan hingga 99%
  • Menjaga menstruasi agar lancar dan ovulasi terkontrol
  • Menjaga kulit dari masalah breakout
  • Menjaga kulit agar tetap muda dan bersinar tanpa jerawat
  • Mengurangi rasa nyeri saat menstruasi
  • Menghindari anemia karena menghindari volume darah menstruasi berlebihan.
  • Ada sangat banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan jika mengonsumsi Pil KB Elzsa. Jika Anda ragu apakah pil ini aman untuk dikonsumsi, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya tidak seperti obat jerawat dengan sifat mengeringkan Elzsa hanya akan membantu menyeimbangkan hormon di dalam tubuh.

    Dengan manfaat ini, Elzsa dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah jerawat batu dan masalah lain disebabkan karena hormon imbalance tanpa menyebabkan infertilitas. Jadi kapan pun Anda siap memiliki anak, Anda hanya perlu menghentikan konsumsi Pil KB Elzsa.