Cara Mudah Mendapatkan Kulit Wajah Lembap dan Bersih Maksimal

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit yang cantik, mulus dan lembut? Setiap wanita tentu memiliki harapan dapat mempunyai kulit indah ini. Namun rutinitas dan gaya hidup yang tidak sehat saat ini dapat menghambat Anda dalam memberikan perawatan kulit yang baik. Akibatnya, bercak hitam, bekas jerawat, kerutan, bintik-bintik, lingkaran hitam di bawah mata mengancam keindahan kulit Anda.

Simak sejumlah tips berikut yang akan membuat kulit Anda terjaga kesehatannya.

Perbanyak mengonsumsi air putih

Mengonsumsi air putih saja mungkin terlihat sepele, namun memiliki efek yang baik bagi tubuh Anda. Air yang Anda konsumsi akan membantu menghilangkan toksin dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui keringat, air seni hingga feses. Air yang dikonsumsi dapat membantu menjaga kesehatan pada usus dan pencernaan. Ketika pencernaan berjalan dengan lancar, kesehatan kulit wajah akan ikut terbantu. Tidak hanya itu, tubuh yang selalu terjaga hidrasinya akan membantu meningkatkan elastisitas pada kulit, karena kelembapannya terjaga lebih lama. Apabila elastisitas terbentuk dan terjaga baik maka kemunculan garis halus, kerutan, dan kulit wajah yang mengendur dapat tertunda.

Membersihkan muka sebelum tidur

Membersihkan wajah perlu dilakukan dua kali dalam satu hari. Pagi hari sebelum Anda beraktivitas dan malam hari sebelum tidur. Selelah apapun Anda setelah menjalani hari, jangan lupa bersihkan muka dari makeup di malam hari. Kulit wajah memiliki kemampuan melakukan regenerasi ketika Anda tidur. Sayangnya, regenerasi akan sulit dilakukan ketika wajah Anda dalam keadaan kotor. Pori yang tersumbat oleh minyak pada riasan, debu dan polusi dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Hal ini akan memicu munculnya jerawat, komedo, berkurangnya kolagen yang mengakibatkan kulit mudah berkerut.

Tidak membersihkan muka dengan air panas

Penggunaan air panas tidak membuat wajah Anda menjadi lebih bersih. Anda mungkin pernah juga mendengar mitos bahwa pori-pori akan menjadi terbuka ketika mencuci wajah dengan air panas dan tertutup ketika Anda menggunakan air dingin. Kenyataannya, pori-pori tidaklah memiliki otot sehingga tidak akan terbuka dan tertutup dengan mudah. Menggunakan air panas ketika mencuci muka hanya akan menyebabkan iritasi dan kulit menjadi lebih mudah kering. Pembersih wajah yang tepatlah yang akan membantu membersihkan wajah dengan lebih optimal. Cucilah wajah dengan air suhu normal dan gunakan pembersih wajah sesuai kebutuhan kulit.

Gunakan pelembap

Apakah Anda hanya mengeringkan wajah saja setelah membersihkannya? Jika iya, maka ini saat yang tepat untuk menggunakan pelembap wajah. Pelembap memiliki peran untuk mengunci kadar air yang ada pada kulit wajah Anda, yang nantinya akan membentuk lapisan penghalang (skin barrier). Gunakanlah pelembap yang bersifat humectants dan occlusive. Humectants merupakan molekul yang bertindak seperti spon yang mengikat air pada kulit. Jika Anda mencari pelembap humectants, Anda dapat menemukannya pada perawatan kulit yang mengandung lidah buaya, gliserin dan hyaluronic acid. Di sisi lain, occlusive memilliki peran untuk membuat lapisan seperti penghalang pada permukaan kulit untuk mencegah keluarnya air. Ada banyak pelembap yang dijual di pasaran dengan sifat humectants dan occlusive sehingga Anda dapat dengan mudah membelinya.

Hindari eksfoliasi kulit wajah secara berlebihan

Eksfoliasi pada wajah dilakukan untuk membantu menghilangkan kulit mati, debu serta kotoran yang menempel. Namun, apa yang terjadi ketika eksfoliasi dilakukan secara berlebihan? Beberapa tandanya adalah kulit yang memerah, mudah iritasi, berjerawat, dan mudah menjadi perih ketika menggunakan produk perawatan kulit. Lakukan eksfoliasi secara berkala, satu hingga dua kali dalam satu minggu. Anda dapat menggunakan eksfoliator berbentuk scrub ataupun asam aktif seperti AHA (alpha-hydroxy acid) dan BHA (beta-hydroxy acids). Bagian terpenting setelah melakukan eksfoliasi adalah menggunakan pelembap untuk membantu mengembalikan kelembapan pada kulit.

Selain itu, tahukah Anda bahwa dengan mengonsumsi pil KB dapat membantu memperbaiki tekstur pada wajah? Elzsa adalah pil KB yang memiliki kandungan yang membantu membuat kulit wajah menjadi lebih halus. Anda tidak perlu khawatir berat badan yang melonjak karena mengonsumsi pil KB. Berat badan akan tetap stabil dan kulit wajah akan terjaga kelembutannya. Dengan cara ini, program menunda kehamilan pun tak akan mengganggu kesehatan kulit wajah Anda, kan?