Cara Menunda Kehamilan Paling Aman dan Mudah

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak keempat di dunia. Karena terlalu banyak, pemerintah semakin sulit untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia-nya. Untuk itu, pemerintah mencanangkan program ‘’Dua Anak Cukup’’ dengan cara menunda kehamilan.

Dengan seiring berjalannya waktu, masyarakat pun mulai memiliki kesadaran untuk mengurangi jumlah anak. Masyarakat mulai berbondong-bondong mendatangi pusat layanan kesehatan untuk meminta saran dan solusi. Nah, guna membantu anda, kami akan memberikan beberapa cara mudah untuk menunda kehamilan. Simak ulasannya di bawah ini!

Cara Menunda Kehamilan Paling Aman dan Mudah

Meskipun terdengar cukup sulit, tetapi jangan membayangkan menunda kehamilan merupakan hal yang menyakitkan. Dengan berbagai riset dan penelitian, ahli kesehatan telah menemukan cara mudah untuk mencegah kehamilan. Berikut daftar caranya;

1. Menggunakan Pil KB Andalan

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mencegah kehamilan adalah dengan bantuan pil KB Andalan. Sesuai dengan namanya, pil KB Andalan merupakan salah satu metode kontrasepsi yang berbentuk pil. Berdasarkan riset, pil KB jenis ini menjadi kontrasepsi oral yang paling banyak digunakan wanita Indonesia.

Pil KB Andalan terdiri dari kandungan Levonorgesterol 0,15 mg dan Ethinylestradiol 0,03 mg. di mana Levonorgesterol untuk hormone progesterone dan Ethinylestradiol untuk hormone estrogen. Pil KB ini bekerja dengan cara mencegah sel telur dan sel sprema bertemu. Bagaimana caranya? yaitu dengan mengentalkan cairan vagina sehingga sperma sulit masuk.

Agar pil KB ini bekerja dengan baik, anda harus meminumnya pada hari pertama menstruasi. Setelah itu, anda harus rutin meminumnya setiap hari. Apabila anda lupa sehari saja, bisa berakibat fatal.

2. Mencegah Kehamilan dengan Andalan Postpil

Berbeda dengan pil KB untuk langkah preventif, Andalan Postpil ini merupakan obat untuk mencegah pembuahan setelah berhubungan. Hubungan yang dianjurkan untuk mengonsumsi obat ini yaitu yang tidak menggunakan perlindungan dan kontrasepsi.

Aturan penggunaan Andalan Postpil ini yaitu dikonsumsi 2 tablet sekaligus. Anda juga harus meminumnya tidak kurang dari 5 jam dan tidak lebih dari 120 jam setelah hubungan dilakukan. Semakin cepat anda meminumnya, maka semakin tinggi pula keberhasilan pil ini dalam mencegah pembuahan.

Mekanisme kerja Andalan Postpil ini sama dengan pil KB Andalan yaitu dengan mengentalkan lender rahim. Alhasil sperma dan sel telur tidak bisa bertemu dan pembuahan pun dapat dicegah.

Meskipun demikian, anda jangan coba-coba untuk menggunakan pil ini untuk keperluan aborsi. Pasalnya kandungan di dalam Postpil tidak bisa meluruhkan janin yang telah berada di dalam rahim.

3. Menggunakan IUD

Anda takut dengan risiko kelupaan minum pil KB Andalan secara rutin? Mungkin metode kontrasepsi yang cocok untuk anda coba adalah IUD. Meskipun terdengar baru, namun alat kontrasepsi yang satu ini sudah dipakai sejak jaman dahulu. Mungkin kita dulu mengenalnya dengan nama kb spiral.

Cara penggunaan kontrasepsi IUD ini dengan cara dipasangkan pada pintu rahim. Dengan ini sperma tidak memiliki jalan masuk menuju sel telur.

Banyak sekali seri KB IUD yang bisa anda coba, antara lain;

  • IUD Andalan TCu 380 A. Alat kontrasepsi berbentuk T ini mampu menunda kehamilan dengan kandungan tembaganya. Dengan sekali pasang, IUD Andalan TCu 380 A ini mampu melindungi anda selama 10 tahun.
  • IUD Andalan Silverline Cu 380 Ag. Sesuai dengan namanya, IUD yang satu ini berbahan dasar inti perak. IUD yang satu ini sangat nyaman digunakan karena memiliki lengan yang lentur dan benang yang lembut. Sekali pasang, IUD Andalan Cu 380 Ag ini mampu melindungi anda selama 5 tahun.
  • IUD Andalan TCu 380 A Post Partus. Bagi anda yang baru saja melahirkan, IUD ini cocok untuk anda pilih. Dengan panjang IUD 35 cm akan memudahkan bidan atau dokter untuk memasangnya. Sekali memasang IUD Andalan TCu 380 A Post Partus, anda bisa terlindungi selama 10 tahun.
  • IUD Andalan Sleek Cu 375. Untuk anda yang berahim pendek, IUD Andalan Sleek Cu 375 ini sangat cocok digunakan karena memiliki panjang 3 cm saja. Dengan ujung IUD yang berbentuk bola, akan memudahkan dalam proses pemasangan. Anda akan terlindungi selama tahun jika menggunakan IUD jenis ini.
  • IUD Andalan TCu 380 A Safe Load. Dengan IUD Andalan TCu 380 A Safe Load, anda bisa tenang tanpa khawatir hamil selama 10 tahun ke depan.
  • IUD Andalan Silverline Cu 200 Ag. IUD terakhir yang bisa anda coba adalah IUD Andalan Silverline Cu 200 Ag. Kandungan inti perak yang cukup tinggi di dalamnya sangat efektif untuk mencegah kehamilan. Dengan IUD ini, anda bisa tenang tanpa khawatir hamil selama 3 tahun ke depan.
  • Cara Menunda Kehamilan dengan KB yang Cocok

    Meskipun alat kontrasepsi di atas aman dan nyaman digunakan, namun tidak semuanya cocok dengan tubuh anda. faktor umur dan hormon sangat berpengaruh terhadap pemilihan alat kontrasepsi yang cocok.

    Untuk menentukan jenis KB apa yang cocok untuk dipilih, anda bisa meminta bantuan kepada ahlinya. Selain berkonsultasi ke dokter, anda juga bisa mencari referensi lain yang tentunya dengan sumber yang kredibel.

    Melalui www.tundakehamilan.com anda bisa menentukan jenis KB apa yang cocok. Di sana anda akan mendapat tes singkat untuk mengetahui kondisi tubuh anda. Tes tersebut berisikan pertanyaan tentang umur, berat dan tinggi badan, jumlah anak yang telah dilahirkan, jenis alat kontrasepsi yang pernah digunakan, merokok atau tidak, menyusui atau tidak, dan masih banyak lagi.

    Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, anda bisa mengunjungi website tersebut dan ikuti tes singkatnya.

    Kapan dan Bagaimana Cara Menunda Kehamilan?

    Mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menunda kehamilan merupakan hal yang penting. Anda harus memahami kondisi dan kemampuan anda terlebih dahulu. Biasanya penundaan kehamilan dilakukan setelah proses melahirkan.

    Hal ini dimaksudkan untuk memberikan jarak usia kepada anak sebelumnya. Jarak yang paling ideal untuk masing-masing usia anak adalah 5 tahun. Contohnya anda baru saja melahirkan baby A di tahun 2020, maka di tahun 2025 anda baru bisa memiliki anak lagi.

    Selain untuk mengurangi populasi, jarak anak ideal akan berpengaruh baik pada kondisi psikologi dan mental anak. Biasanya anak yang usianya terlalu dekat cenderung cemburu satu sama lain dengan kasih sayang orang tuanya. Alhasil mereka akan sering bermusuhan dan kurang menyayangi satu sama lain.

    Usia 5 tahun dianggap pas sebagai anak untuk bisa berpikir lebih jelas dan positif. Selain itu, bagi yang melahirkan melalui operasi sesar sangat dilarang untuk memiliki anak dengan jarak kurang dari 5 tahun.

    Mengapa? tentu saja karena kondisi jahitan operasi yang belum sembuh sepenuhnya. Apabila dipaksakan, baby tidak akan bisa dilahirkan dalam waktu 9 bulan. Biasanya pada usia 8 bulan si baby harus sudah dilahirkan melalui jalan operasi.

    Nah, itulah ulasan lengkap mengenai cara menunda kehamilan lengkap disertai info memilih alat kontrasepsi yang tepat untuk anda. dengan mengikuti saran di atas, anda turut membantu pemerintah untuk menerapkan program keluarga berencana.