9 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Kebiasaan Mudah

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang umum. Ada banyak tipe dari jerawat yang mungkin muncul di kulit. Mulai dari whitehead, blackhead hingga jerawat lain yang meradang seperti pustule dan lain-lainnya.

9 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Kebiasaan Mudah

Beda jenis jerawat, beda juga cara menghilangkan jerawat. Untuk mengatasi masalah jerawat ini, ada kebiasaan yang bisa membantu Anda mengurangi atau bahkan membantu proses menghilangkan jerawat ini.

Mencuci wajah 2 kali sehari

Jerawat bisa disebabkan karena kotoran yang ada di wajah. Ya, kotoran di wajah memang menjadi penyebab utama dari kebanyakan jenis jerawat. Hal inilah yang membuat Anda wajib membersihkan wajah dengan mencuci wajah setiap 2 kali sehari. Tujuannya adalah untuk menghilangkan minyak dan juga kotoran penyebab jerawat.

Untuk melakukan pembersihan wajah guna mencegah atau mengurangi jerawat yang ada di wajah, memilih pembersih wajah yang mild umumnya lebih banyak dipilih. Selain itu, sebaiknya juga digunakan air hangat. Banyak orang juga menyarankan untuk menghindari mencuci wajah terlalu sering karena dapat menyebabkan kulit terlalu kering. Setelah mencuci wajah, sebaiknya segera gunakan moisturizer yang babas minyak untuk menjaga kelembaban kulit.

Menghindari Harsh Scrubbing

Hal lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat adalah dengan menghindari harsh scrubbing. Harsh scrubbing merupakan salah satu penyebab area infeksi jerawat makin melebar. Hal ini disebabkan karena melakukan harsh scrubbing bisa membuat kulit makin sensitif dan kehilangan benteng pertahanannya. Dalam kondisi kulit rapuh maka kulit makin rentan berjerawat.

Salah satu contoh melakukan harsh scrubbing adalah dengan menggunakan scrub dengan bulir yang besar. Rapi bukan hanya itu, menggosok wajah terlalu keras dengan menggunakan sponge pencuci wajah atau bahkan menggunakan kapas dengan keras bisa juga menyebabkan kulit wajah makin mudah breakout.

Menjaga Rambut Tetap Bersih

Kebiasaan yang mendukung cara menghilangkan jerawat selanjutnya adalah menjaga rambut Anda tetap bersih. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kotoran adalah salah satu penyebab utama masalah kulit wajah berjerawat. Kotoran bisa berasal dari mana saja, salah satunya adalah dari rambut Anda.

Oleh karena itu, untuk Anda yang sedang berjuang mengatasi masalah jerawat, pastikan Anda mencuci wajah Anda secara reguler. Hal ini sangat penting untuk menghilangkan minyak berlebih di rambut yang membuat rambut jadi sumber kotoran.

Rambut bisa jadi sumber kotoran untuk wajah Anda dan menyebabkan jerawat makin parah. Umumnya, jerawat yang disebabkan karena rambut yang kotor ini ditandai dengan jerawat di area hairline.

Hindari Memencet Jerawat

Kebiasaan yang satu ini memang berat. Ya, melihat jerawat yang memerah di wajah sudah pasti membuat Anda gemas. Akan tetapi jika Anda ingin breakout Anda lekas sembuh dan tidak makin parah, hindari memencet jerawat di wajah!

Biarkan jerawat mengering dan lepas sendiri untuk menghindari penularan bakteri jerawat ke bagian pori yang lainnya. Selain menyebabkan bakteri meloncat ke pori lainnya, memencet jerawat juga bisa menyebabkan inflamasi dan juga menyebabkan luka pada pori wajah Anda.

Jika Anda merasa terganggu dengan penampilan jerawat di kulit, menggunakan perawatan topikal bisa membantu. Salah satu nya adalah menggunakan acne pad untuk membantu penyembuhan luka jerawat lebih cepat.

Gunakan Bahan Penyembuh Jerawat

Jika Anda memiliki masalah jerawat, menggunakan skin care yang memiliki kandungan penyembuh jerawat akan sangat menguntungkan. Beberapa bahan yang sangat cocok untuk membantu penyembuhan jerawat adalah salicylic acid dan juga benzoil peroxide.

Kedua bahan ini bekerja untuk membunuh bakteri penyebab jerawat sehingga jerawat bisa lekas mengering. Akan tetapi karena sifat mengeringkan yang dimiliki oleh kedua bahan ini akan lebih baik jika kedua bahan ini digunakan untuk cara menghilangkan jerawat secara topikal. Hal ini penting untuk mencegah kulit mengering sehingga jerawat makin parah.

Oh ya, jenis obat ini biasanya lebih cocok untuk jerawat yang memiliki peradangan. Jadi misal Anda memiliki masalah jerawat whitehead dan blackhead, kedua bahan ini tidak bisa membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

Antibiotik

Selain menggunakan pil kb yang dapat menunda kehamilan, cara lain yang bisa digunakan oleh dokter guna membantu mengatasi jerawat adalah antibiotik. Mengapa antibiotik? Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penyebab utama dari masalah breakout adalah bakteri yang hidup di pori wajah yang kotor. Hal inilah yang menyebabkan penggunaan antibiotik bisa membantu penyembuhan kulit Anda.

Penggunaan antibiotik ini umumnya dilakukan secara topikal di area terinfeksi jerawat saja. Hal ini disebabkan karena penggunaan antibiotik secara bebas bisa menyebabkan efek samping. Jadi sebelum Anda menggunakan antibiotik pastikan konsultasi dahulu.

Mulai Perbaiki Diet

Sesungguhnya dokter juga belum yakin dengan hubungan makanan dan masalah jerawat. Akan tetapi berdasarkan beberapa penelitian, ada beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan munculnya jerawat di kulit Anda. Beberapa jenis makanan yang umumnya menyebabkan masalah jerawat ini adalah makanan tinggi gula dan karbohidrat. Beberapa contohnya adalah kue, biskuit, dan makanan dengan karbohidrat simplex.

Oleh karena itu, kebiasaan lain yang kami rekomendasikan untuk mencegah dan menghilangkan jerawat adalah dengan memulai hidup dengan lebih sehat dan mengonsumsi makanan yang lebih aman. Contohnya adalah karbohidrat kompleks. Oh ya, karbohidrat tetap penting untuk tubuh, jadi jangan tinggalkan karbohidrat, hanya saja pilih karbohidrat yang rendah gula.

Menghindari Skin Care dengan Bahan Minyak

Membersihkan kulit secara reguler adalah kunci dari kulit sehat bebas jerawat. Selain itu, kunjungi dokter dan pastikan Anda menggunakan skin care yang bisa membantu mengurangi kemungkinan peradangan seperti skin care yang minim bahan minyak.

Mengonsumsi Pil KB

Beberapa orang juga menggunakan pil KB anti jerawat sebagai salah satu pertolongan untuk mencegah jerawat. Selain disebabkan karena masalah kotoran yang menumpuk di wajah. Penyebab lain yang memunculkan kondisi wajah yang berjerawat adalah masalah hormon. Hormon yang bergejolak dan tidak seimbang bisa menjadi penyebab masalah jerawat yang cukup parah.

Menggunakan pil KB bisa membantu mengatasi masalah jerawat yang disebabkan karena hormon. Sebagai Pil KB premium, Pil KB Elzsa bisa membantu mengobati jerawat parah dan menghaluskan kulit. Tak hanya bagus bagi kulit, kandungan cyproterone acetate dan ethinylestradiol dalam Pil KB Elzsa terbukti efektif 99% mencegah kehamilan jika digunakan secara rutin dan teratur.

Cara menggunakannya sangat mudah, Pil KB Elzsa ini seperti obat yang harus diminum setiap hari. Isi dari pil ini adalah hormon yang dapat mempengaruhi lendir pada vagina. Lendir dengan jumlah yang cukup banyak akan mematikan sperma yang masuk sehingga kehamilan tidak dapat terjadi.

Pil KB Elzsa ini memiliki beberapa kelebihan, antara lain;

- menjaga kestabilan hormon tubuh.- memberikan efek glowing, kenyal, cerah, dan mencegah timbulnya jerawat serta awet muda.- menjaga berat badan tetap stabil- melancarkan menstruasi dan meredakan nyeri haid- kembali subur dengan cepat sesudah menghentikan pemakaian- membantu mengobati jerawat parah dan menghaluskan kulit- membantu mengatasi gejala menopause

Pil KB Elzsa bisa membantu menyeimbangkan hormon yang tidak stabil. Dengan kondisi hormon yang lebih stabil ini, masalah jerawat bisa di kendalikan.

Biasanya, penggunaan pil kontrasepsi untuk mengatasi jerawat umumnya diresepkan oleh dokter kulit spesialis. Jadi, jika ingin menggunakan cara ini sebaiknya konsultasi dahulu dengan dokter.

Kebiasaan di atas, adalah kebiasaan yang biasanya ampuh untuk membantu menghilangkan masalah jerawat. Akan tetapi jika dalam waktu 6 hingga 8 minggu cara menghilangkan jerawat ini tidak menunjukkan hasil, mengunjungi dermatologis adalah pilihan terbaik untuk dilakukan.