Cara Mengatasi Bibir Kering untuk Mencapai Kesehatan yang Maksimal

Bibir adalah salah satu anggota tubuh yang berada pada wajah. Bibir sering kali menjadi sorotan apalagi jika sampai terlihat kering. Bibir yang kering memang sangat merusak penampilan, oleh karena itu simak cara mengatasi bibir kering di bawah ini

Mengapa Kita Harus Tahu Cara Mengatasi Bibir Kering?

Cara Mengatasi Bibir Kering Bagi Wanita

Yang pertama, Anda harus mengetahui terlebih dahulu alasan mengapa kita semua harus mengetahui cara mengatasi bibir kering. Ya, tak hanya perempuan akan tetapi laki-laki pun sama pentingnya. Berikut alasan realistisnya:

1. Untuk Memperbaiki Tampilan

Alasan yang pertama adalah untuk memperbaiki tampilan Anda. Ya, seperti yang telah dikatakan di atas bahwa bibir yang kering pastinya akan merusak penampilan Anda. Oleh karena itu, dengan cara mengatasi bibir kering maka penampilan Anda menjadi lebih indah dipandang oleh orang lain.

2. Agar Bibir Tidak Mudah Mengalami Hiperpigmentasi

Bibir yang kering ternyata juga memicu terjadinya hiperpigmentasi atau penghitaman. Siapa yang mau memiliki bibir yang hitam? Pasti tidak ada bukan. Bibir yang hitam akan sangat merusak penampilan.

Bibir yang kering akan menyebabkan luka di mana nantinya luka tersebut ketika sembuh menghitam. Bibir yang kering juga menandakan bahwa tubuh terjadi dehidrasi sehingga kulit akan mengerut dan menghitam.

3. Agar Bibir Tetap Sehat

Dengan mengetahui cara tersebut maka bibir Anda akan tetap sehat. Ya, bibir yang lembap menandakan bibir yang sehat. Oleh karena itu, jika Anda berhasil membuat bibir tidak kering lagi maka artinya bibir Anda sudah sehat kembali.

Bibir yang sehat ditandai dengan tidak kering dan terlihat selalu lembap. Tak hanya itu saja, bibir yang sehat biasanya warnanya juga lebih merah dan tidak menghitam. Itu sebabnya Anda harus mengetahui cara merawat bibir dengan baik.

4. Mencegah Bibir Mengalami Infeksi

Dengan mengetahui cara mengatasi bibir agar tidak kering maka Anda juga turut andil dalam mencegah infeksi. Ya, bibir juga sama seperti anggota tubuh lainnya yang sering kali mengalami infeksi.

Bibir yang ering dan pecah-pecah menjadi pintu masuk bakteri, virus, kuman, jamur, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, bibir bisa saja mengalami infeksi karena kurangnya perawatan oleh Anda sendiri.

Bagaimana Cara Mengatasi Bibir Kering?

Setelah mengetahui mengenai pentingnya mengatasi bibir yang kering. Maka pembahasan yang selanjutnya adalah cara mengatasi bibir yang kering itu sendiri, yaitu sebagai berikut:

1. Dari Dalam

Cara yang pertama adalah dari dalam. Maksudnya, Anda bisa mencegah bibir kering dari dalam tubuh. Caranya bagaimana?

a. Minum Air Secara Cukup

Pertama, Anda harus minum air dengan jumlah yang cukup. Pastikan kebutuhan air minum pada tubuh terpenuhi. Minumlah minimal 8 gelas per hari jika kesehatan Anda dalam kondisi baik dan normal.

Jika Anda memiliki aktivitas yang banyak, sebaiknya minum air dengan jumlah yang lebih banyak lagi. Misalnya saja Anda menyukai olahraga dan ternyata pada saat olahraga tersebut banyak keringat keluar.

Keringat yang keluar ini adalah cairan dari dalam tubuh. Jika keringat yang keluar sangat banyak sudah dipastikan Anda akan dehidrasi. Dehidrasi yang terus menerus terjadi akan membuat kulit kering tak terkecuali kulit bibir.

b. Minum Suplemen Vitamin C dengan Kolagen

Bibir atau kulit yang kering biasanya dipicu oleh kurangnya vitamin C dan juga kolagen pada tubuh. Untuk itu, Anda dapat mengonsumsi vitamin C maksimal 500 mg per hari atau disesuaikan dengan kebutuhan.

Vitamin C sangat baik untuk merangsang kolagen pada kulit. Namun, jika ingin hasil yang maksimal maka Anda bisa mengombinasikannya dengan suplemen kolagen. Biasanya kolagen bisa diambil dari beberapa bahan makanan.

Suplemen kolagen dan vitamin C ini banyak dijual di pasaran. Namun, sebaiknya Anda harus berhati-hati karena tidak semua produk tersebut asli. Pastikan produk telah terdaftar di BPOM.

c. Makan Makanan dengan Kandungan Vitamin C dan Kolagen yang Tinggi

Jika suplemen vitamin C dan kolagen masih termasuk mahal. Anda bisa menggantinya dengan makanan yang mengandung keduanya ini. Untuk mendapatkan vitamin C, Anda bisa mengonsumsi buah dan sayur.

Anda bisa mengonsumsi buah dan sayur secara langsung atau dibuat minuman seperti jus agar lebih nikmat. Jeruk, jambu biji, dan lainnya merupakan contoh buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi.

Kemudian, untuk mendapatkan kolagen Anda bisa mengonsumsi ikan, ayam, putih telur, kaldu tulang, dan lain sebagainya. Makanan ini sangat mudah didapatkan dan lebih alami.

2. Dari Luar

Selain mengatasi bibir yang kering dari dalam, Anda juga harus mengatasinya dari luar. Ya, keduanya harus saling berkolaborasi agar kesehatan bibir bisa didapatkan dengan mudah. berikut cara yang bisa Anda lakukan:

a. Gunakan Pelembap Bibir

Pertama dan yang paling mudah adalah gunakan pelembap bibir. Anda bisa menggunakan lipbalm baik sebelum atau sesudah menggunakan pewarna bibir. Anda juga dapat menggunakannya sebelum tidur agar bibir tetap lembap sepanjang malam.

Selain menggunakan lipbalm, Anda juga bisa menggunakan pelembap bibir lainnya yang alami. Gel lidah buaya, minyak zaitun, madu, dan lainnya merupakan pelembap alami. Semuanya bisa didapatkan dengan mudah.

b. Hindari Penggunaan Pewarna Bibir yang Matte

Walaupun hasilnya sangat bagus, penggunaan pewarna bibir yang bersifat mate ini sangat berbahaya. Ya, dengan hasil akhir yang kering sering kali membuat bibir juga ikut kering. Bahkan pada sebagian orang, pewarna bibir ini menimbulkan pecah-pecah.

Gunakan pewarna bibir yang mengandung pelembap sehingga tidak membuat kering. Jika Anda sangat suka dengan hasil akhir yang mate, bisa gunakan pelembap sebelum menggunakannya.

c. Rajin Melakukan Scrub Bibir

Cara yang berikutnya adalah dengan scrub bibir. Scrub ini dapat Anda lakukan sekali atau dua kali dalam satu minggu. Scrub dapat mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel-sel baru. Anda bisa menggunakan scrub bibir alami seperti gula atau garam.

d. Gunakan Masker Bibir

Selanjutnya, Anda harus rajin menggunakan masker bibir. Masker bibir tidak perlu yang khusus untuk bibir saja, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di rumah. Anda dapat menggunakan madu, minyak zaitun, gel lidah buaya, kopi, dan lainnya sebagai masker.

Gunakan secara teratur sekitar dua hari sekali. Gunakan sekitar 15 menit kemudian bilas menggunakan air yang bersih.

e. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Terakhir, hindarilah paparan sinar matahari secara langsung. Sinar matahari dapat merusak kulit dan membuatnya kering. Oleh karena itu sebaiknya gunakan pewarna bibir dengan SPF untuk perlindungan lebih baik.

Itu dia beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai pentingnya dan juga cara mengatasi bibir kering dengan mudah. Jangan sepelekan bibir yang kering sebab bisa jadi jalan masuk berbagai bibit penyakit. Lengkapi kecantikan Anda dengan kulit yang sehat glowing, kenyal, cerah, bebas jerawat serta awet muda. Semua itu bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi Pil KB Elzsa. Pil KB premium dengan kandungan cyproterone acetate dan ethinylestradiol, terbukti efektif 99% mencegah kehamilan jika digunakan secara rutin dan teratur.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan semoga Anda selalu sehat.