7 Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami

Siapa yang tak ingin punya wajah yang putih dan cerah? Menjadi standar kecantikan saat ini, banyak orang berbondong-bondong untuk memutihkan wajah dengan berbagai cara. Dibanding harus melakukan perawatan wajah atau skincare yang mahal, lebih baik mencerahkan wajah dilakukan secara alami.

Selain lebih hemat, cara alami juga dinilai lebih aman untuk kesehatan. Penasaran bagaimana cara mencerahkan wajah secara alami? Simak jawabannya dalam ulasan di bawah ini!

7 Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami

Meskipun secara alami tetapi apabila dilakukan secara rutin dan benar, dijamin akan membuahkan hasil yang memuaskan. Untuk mendapatkan kulit wajah yang putih dan cerah, ikuti beberapa cara dan tips berikut ini!

1. Gunakan Masker dari Bahan Alami

Mengaplikasikan masker secara rutin, dipercaya ampuh untuk mencerahkan kulit. Salah satu bahan alami yang bisa anda manfaatkan untuk dijadikan masker adalah bengkoang.

Kemampuan mencerahkan bengkoang didapat dari kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Dalam 100 gram buah bengkoang, terkandung 20 mg vitamin C. Maka tak heran, banyak sekali produk kecantikan yang menjadikan bengkoang sebagai bahan utamanya

Untuk mencerahkan kulit dengan buah bengkoang caranya cukup mudah, anda tinggal mengikuti step-step berikut ini;

• Siapkan satu buang bengkoang, kupas kulitnya dan cuci sampai bersih

• Siapkan parutan kecil, dan parut daging buah bengkoang

• Peras sari buah bengkoang, dan diamkan semalaman sampai membentuk endapan

• Gunakan endapan sari buah bengoang sebagai masker. Oleskan secara merata ke seluruh wajah dan diamkan selama 20 menit.

• Bilas masker bengkoang menggunakan air hangat, dan rasakan kulit mulus dan cerah. Lakukan perawatan ini sebanyak 1 kali dalam seminggu agar hasilnya lebih maksimal.

2. Kendalikan Hormon

Hormon juga memegang kendali penting pada pigmentasi kulit. Apabila hormon di dalam tubuh seimbang, kulit akan terbebas dari berbagai masalah dan semakin cerah tentunya. Salah satu cara mengendalikan hormon di dalam tubuh agar seimbang adalah dengan memilih kontrasepsi yang tepat.

Alat kontrasepsi yang tidak sesuai biasanya akan menimbulkan beberapa masalah. Seperti jerawat, kulit berminyak, berat badan meningkat, dan masih banyak lagi. Agar terhindar dari masalah tersebut, anda bisa memilih pil KB Premium sebagai alat kontrasepsi. Pil KB Elzsa merupakan alat pencegah kehamilan dengan kualitas premium. Beberapa keuntungan ketika anda mengkonsumsi pil KB dengan merek ini adalah menjaga kestabilan hormon tubuh. Pil KB Elzsa juga terbukti dapat memberikan efek glowing, kenyal, cerah, dan mencegah timbulnya jerawat serta awet muda.

Pil KB Elzsa mempunyai kandungan cyproterone acetate dan ethinylestradiol, terbukti efektif mencegah kehamilan 99% jika digunakan secara rutin dan teratur dan juga dapat melancarkan siklus menstruasi serta meredakan nyeri haid. Selain itu dengan mengkonsumsi pil ini secara rutin dapat mengurangi volume darah menstruasi sehingga tidak perlu khawatir kekurangan zat besi pada tubuh.

3. Eksfoliasi dengan Bahan Alami

Eksfoliasi sangat penting sekali dilakukan ketika mengidamkan kulit yang cerah. Dengan perawatan ini, seluruh sel kulit mati penyebab kulit kusam bisa terangkat. Buah lemon menjadi pilihan alami untuk dijadikan alat eksfoliasi.

Kemampuan eksfoliasi lemon didapat dari kandungan Alpha Hydroxy Acid (AHA). AHA memang dikenal ampuh untuk mengelupas sel kulit mati yang menumpuk. Tidak hanya sel kulit mati, kandungan ini juga dikenal ampuh untuk menghilangkan jerawat.

Setelah dieksfoliasi, kandungan niacin pada lemon akan meresap ke dalam kulit. Sebagai info, niacin ini merupakan bahan yang sangat ampuh untuk mencerahkan pigmen kulit.

4. Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin C

Tidak hanya dari luar, agar kulit bisa lebih cerah secara optimal lakukanlah perawatan dari dalam. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan tinggi vitamin C. vitamin C memang dikenal sebagai bahan aktif untuk melawan melanin dan pigmentasi. Sehingga kulit akan menjadi lebih cerah dan kencang.

Makanan yang mengandung vitamin C banyak sekali macamnya. Mulai dari jeruk, pepaya, tomat, lemon, strawberry, dan masih banyak lagi. Selain untuk kecantikan, konsumsi makanan tinggi vitamin C juga bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit. Jadi, anda akan mendapatkan dua manfaat sekaligus.

5. Jadikan Susu Sebagai Facial Wash

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata susu juga berkhasiat untuk memutihkan kulit. Karena manfaatnya yang sangat signifikan, susu telah diangkat menjadi bahan pemutih kulit sejak jaman mesir kuno.

Kemampuan mencerahkan susu ini didapat dari kandungan asam laktat dan laktosa di dalamnya. Apabila disinggungkan secara rutin dengan kulit, susu mampu mempengaruhi pigmentasi kulit menjadi lebih cerah. Kandungan kolagen nya juga mampu mengencangkan dan mengenyalkan kulit. Jadi dengan menjadikan susu sebagai facial wash, anda akan mendapatkan dua manfaat sekaligus.

6. Hidrasi Kulit dengan Alpukat

Kabar baik bagi anda pecinta alpukat, ternyata buah berwarna hijau ini ampuh untuk mencerahkan dan menghidrasi kulit. Hidrasi merupakan hal yang sangat dibutuhkan kulit untuk menjaga elastisitasnya. Sehingga kulit tampak lebih kencang, kerutan menghilang, kenyal, dan cerah.

Kemampuan hidrasi dari alpukat ini didapat dari kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Zat Vitamin E di dalamnya pun mampu meremajakan dan mencerahkan kulit.

Untuk menghidrasi kulit dengan buah alpukat, caranya cukup mudah. Berikut step-step-nya;

• Siapkan satu buah alpukat yang telah matang

• Potong menjadi dua dan ambil dagingnya

• Tumbuk sampai halus daging alpukat, kemudian tambahkan susu dan madu

• Oleskan secara merata ke seluruh wajah

• Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat

• Kulit akan terasa lembut, halus, dan kenyal.

7. Detox Kulit dengan Mangir

Mangir atau yang lebih dikenal dengan kunyit merupakan bahan antibotik yang memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan. Konsumsi secara rutin, membuat mangir bisa mendetox seluruh racun di dalam tubuh. Tidak hanya dari dalam, apabila diaplikasikan dari luar, mangir juga bisa mendetox kotoran penyebab kulit kusam.

Kandungan curcumin yang sangat tinggi pada kunyit mengir mampu merevitalisasi dan mencerahkan kulit. Selain itu, pigmen kuning di dalamnya mampu menghilangkan bekas jerawat, warna kulit tidak merata, dan kulit kusam.

Mendetox kulit dengan mangir caranya sangat mudah, ikuti beberapa step di bawah ini!

• Siapkan satu ruas besar mangir yang telah matang

• Kupas kulitnya, kemudian cuci sampai bersih sampai getahnya hilang

• Parut kunyit, kemudian peras untuk mengambil sarinya

• Biarkan selama 1 jam, kemudian buang getah yang mengambang di atasnya

• Agar tidak terlalu kuning, tambahkan 1 sendok susu murni dan madu

• Oleskan ke seluruh wajah, dan diamkan selama 20 menit

• Bilas dengan air hangat

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai beberapa tips dan cara mencerahkan wajah secara alami. Dengan mengikuti beberapa cara di atas, dijamin wajah akan menjadi lebih cerah dan kencang. Cara di atas pun juga alami jadi sangat aman dan bebas efek samping. Selamat mencoba!