Bugar dan Bebas Nyeri Haid dengan Olahraga Ini

Ketika sedang mendapat menstruasi, sebagian perempuan akan merasakan ketidaknyaman di beberapa bagian tubuh, misalnya nyeri di bagian perut, kram, lemas, pusing, mata berkunang-kunang atau jika parah bisa sampai pingsan. Ketidaknyamanan tersebut membuat sebagian besar perempuan merasa enggan bergerak dan memilih rebahan saja saat datang bulan. Tidur atau rebahan memang nyaman, namun ternyata menurut penelitian aktivitas tubuh seperti berolahraga bisa meringankan gejala nyeri haid, lho.

Olahraga yang dilakukan saat menstruasi dianggap mampu membantu mengatasi kembung, melancarkan sirkulasi darah, dan juga meringankan kram akibat menstruasi. Olahraga yang dianjurkan saat mengalami haid adalah jenis olahraga ringan agar tubuh rileks, bukan jenis olahraga berat yang bisa melelahkan tubuh. Yuk, coba olahraga-olahraga berikut agar kondisi tubuh Anda tetap sehat dan bugar selama menstruasi:

Jalan Kaki

Bisa dibilang jalan kaki merupakan olahraga paling mudah dan ringan yang bisa Anda lakukan. Anda bisa memulai aktivitas jalan kaki di sekitar lingkungan rumah secara rutin tiap pagi. Tidak perlu lama, cukup luangkan waktu 30 menit saja setiap hari. Jalan kaki akan membantu merilekskan otot-otot di tubuh sehingga memperlancar aliran darah. Perut pun bebas nyeri saat haid.

Jogging

Jogging adalah jenis olahraga yang membantu meningkatkan pemompaan darah dan meningkatkan metabolisme tubuh dengan cepat. Saat jogging, tubuh akan mengalami peningkatan energi sehingga akan membantu meredakan gejala-gejala Premenstrual Syndrome (PMS). Hal ini karena saat jogging, tubuh akan melepas hormon endorphin yang bisa mengurangi kram dan lelah saat haid.

Bersepeda

Gerakan tubuh saat bersepeda ternyata dapat melancarkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancara akan membantu kerja jantung dalam menyuplai oksigen ke seluruh otot tubuh termasuk rahim. Karena itu, bersepeda dapat mengurangi gejala nyeri haid, membuat tubuh Anda lebih bugar dan segar, serta bisa mengurangi stres. Biasakan bersepeda selama 30 menit di pagi atau sore hari.

Berenang

Banyak perempuan menghindari berenang saat sedang haid karena takut darah akan merembes dan mengotori kolam. Padahal faktanya ketika berenang, tekanan air bisa mencegah darah haid agar tidak keluar. Berenang juga salah satu olahrga yang sangat dianjurkan dilakukan selama menstruasi. Olahraga ini mampu membuat tubuh rileks, menghindari kram perut dan mengurangi stres.

Yoga

Yoga merupakan olahraga ringan yang sangat disarankan bagi perempuan ketika haid. Olahraga ini dapat melemaskan otot yang tegang, meningkatkan energi dan meningkatkan sirkulasi darah. Melakukan gerakan-gerakan yoga saat haid akan membantu mengurangi nyeri haid dan gejala-gejala PMS lainnya. Perlu diketahui bahwa tidak semua gerakan yoga baik dilakukan saat haid. Misalnya pose headstand atau handstand yang justru malah akan membalikkan, menekan, menghentikan, atau menyumbat aliran darah di rahim.

Pilates

Olahraga selanjutnya adalah pilates. Pada dasarnya, pilates adalah olahraga yang berfokus pada tujuan untuk membuat tubuh menjadi lebih kencang dan ideal. Namun, olahraga ini juga mampu mengurangi gejala-gejala PMS seperti nyeri perut karena gerakan olahraga ini banyak melibatkan otot panggul.

Menari

Aktivitas menari memang tidak termasuk kategori olahraga, namun saat menari tubuh akan bergerak mengikuti irama. Apalagi jika dibarengi dengan alunan musik favorit, menari akan membuat suasana hati Anda bahagia dan tubuh pun menjadi rileks. Gerakan-gerakan dalam tari juga mampu meningkatkan fleksibilitas sendi, membakar kalori, dan mengurangi nyeri saat menstruasi.

Itulah beberapa jenis olahraga ringan yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi nyeri perut saat haid. Aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur terbukti dapat melancarkan aliran darah sehingga akan meredakan nyeri dan membuat tubuh rileks. Jika Anda berencana menunda kehamilan, pil KB Anda juga harus dapat membebaskan Anda dari efek samping, seperti berat badan bertambah dan menstruasi lebih lama. Dengan Elzsa, Anda tetap nyaman karena tidak ada dampak apapun. Pil KB ini bahkan memberikan dampak berat badan stabil, kulit wajah lebih halus, dan menstruasi lancar. Ditambah olahraga, tubuh Anda pun selalu bugar, prima dan bebas nyeri haid.