Cara Mudah Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Bibir yang kering cenderung akan mulai pecah-pecah (bibir pecah-pecah) dan mengelupas. Jika hal ini terjadi, maka jelas akan mengganggu penampilan Anda. Bahkan, jika bibir pecah-pecah ini terus dibiarkan, maka bisa mengganggu kesehatan dari bibir Anda sendiri.

Ketika bibir sedang dalam keadaan yang tidak sehat, maka secara tidak langsung bibir akan terlihat lebih gelap, bahkan hingga kulit bibirnya mengelupas dan berdarah. Hal ini bisa saja terjadi karena Anda tidak merawat kulit bibir dengan baik.

Bibir yang sehat dan lembab tentunya akan membuat penampilan Anda menjadi lebih segar dan menarik untuk dilihat. Namun, ternyata ada banyak sekali faktor yang menjadi penyebab timbulnya gangguan pada bibir, terutama untuk bibir kering dan pecah-pecah ini. Beberapa faktor yang menjadi penyebabnya adalah dimana kondisi tubuh sedang mengalami penyakit tertentu, atau sedang dalam ruangan bersuhu dingin.

Kondisi dari bibir yang kering dan pecah-pecah ini tentu menjadi suatu pertanda bahwa bibir Anda memang kurang lembab. Hal ini dikarenakan bibir tidak memiliki kelenjar minyak layaknya kulit pada bagian tubuh lain. Oleh sebab itu, bibir pun tidak bisa melumasi dirinya sendiri sehingga Anda perlu untuk lebih memperhatikan perawatan pada bagian bibir.

Cara Mengatasi Bibir yang Kering dan Pecah-Pecah

Untuk mencegah serta mengatasi bibir yang kering dan pecah-pecah ini, maka Anda bisa melakukan beberapa cara untuk membuatnya tetap lembab dan terjaga kesehatannya.

  • Pertama-tama, gunakanlah pelembab seperti petroleum jelly. Bahan pelembab ini bisa Anda oleskan secara merata pada permukaan bibir Anda. Bahan pelembab ini juga bisa digunakan untuk melindungi kadar cairan yang ada pada permukaan kulit bibir agar tetap terjaga.
  • Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pelembab bibir yang memang mengandung tabir surya, guna untuk perlindungan ketika Anda sedang beraktivitas di luar ruangan. Pelembab bibir yang mengandung tabir surya ini juga bisa digunakan untuk mencegak efek buruk dari paparan sinar ultraviolet yang mana bisa membbuat kulit bibir menjadi mudah kering dan mengelupas.
  • Jika bibir Anda termasuk dalam kategori bibir berkulit sensitif, maka Anda bisa membiasakan diri untuk menghindari paparan alergen yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi. Salah satu contoh alergen yang bisa dijumpai sehari-hari adalah yang terdapat dalam produk kosmetik dengan kandungan parfum atau bahan kimia tertentu.
  • Bagi Anda yang sering menggunakan lipstik dalam kegiatan sehari-hari, maka upayakan untuk tidak sering menggonta-ganti lipstik Anda tersebut. Terlebih jika lipstik yang Anda gunakan adalah yang berbahan dasar matte, karena hal ini malah justru bisa membuat bibir Anda menjadi semakin kering.
  • Jika bibir Anda tampak mulai mengelupas, maka hindari saja untuk menarik-narik bagian kulit yang mengelupas tersebut. Sebab, hal ini malah bisa membuat kulit bibir menjadi infeksi karena luka dan berdarah.
  • Dengan begitu, maka kulit bibir Anda pun akan terus terjaga kelembapannya. Tidak hanya itu, bahan pelembab ini juga bisa membantu proses penyembuhan jika terjadi luka pada bagian kulit bibirnya. Caranya juga cukup mudah, dimana Anda tinggal mengoleskan petroleum jelly pada bagian bibir secara teratur.

    Bila memang diperlukan, maka Anda pun bisa menggunakan pelembab bibir setiap sebelum maupun sesudah menggunakan lipstik. Bisa juga dengan menggunakan petroleum jelly untuk menghapus lipstik, sekaligus untuk melembabkan kulit bibir Anda.

    Sebagai salah satu solusinya adalah Anda bisa menggunakan scrub khusus bibir untuk mengangkat sel-sel kulit matinya. Oleskan bahan scrub di bibir menggunakan jari, lalu gosok secara perlahan. Setelahnya, gunakanlah pelembab khusus bibir untuk bisa mengembalikan pH bibir kembali normal.

    Scrub bibir ini bisa Anda buat sendiri dari bahan alami, seperti campuran antara madu dengan petroleum jelly, dan sedikit gula pasir. Setelah ketiga bahan tersebut tercampur rata, barulah bisa mulai Anda aplikasikan ke kulit bibir Anda.

    Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Merawat Kulit Bibir

    Untuk mendukung perawatan dari kulit bibir yang Anda lakukan sebelumnya, maka ada baiknya jika Anda juga memperhatikan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat kulit bibir agar terhindar dari kering dan pecah-pecah.

  • Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan tetap memastikan bahwa tubuh Anda terus terhidrasi. Hal ini bertujuan supaya kulit bibir menjadi lebih lembab dan sehat. caranya pun mudah untuk dilakukan, yakni Anda hanya tinggal meminum cukup air minimal 8 hingga 10 gelas per harinya. Selain itu, Anda juga bisa melengkapinya dengan mengkonsumsi buah dan sayur dengan tinggi serat dan cairan.
  • Hindari juga untuk menjilati bibir untuk bisa menjaga kelembapannya tetap stabil. Tahukah Anda bahwa menjilati bibir dan membasahinya dengan air malah akan mempercepat proses penguapan. Sehingga, bibir Anda pun akan mengalami kekeringan yang cukup serius.
  • Hindari juga untuk terlalu lama berada dalam ruangan yang ber-AC. Hal ini dikarenakan ruangan ber-AC ini cenderung membuat suasana sekitar menjadi lebih kering, sehingga mempermudah bibir menjadi lebih cepat kering.
  • Jika Anda memiliki kebiasaan bernafas melalui mulut, maka hentikanlah hal tersebut. Sebab, jika Anda bernafas melalui mulut akan membuat bibir menjadi lebih mudah kering jika dibandingkan dengan bernafasan melalui mulut. Hal ini juga berarti bahwa Anda sebaiknya berhenti untuk mengkonsumsi rokok.
  • Jika Anda sedang berasa di luar ruangan yang berhawa dingin, maka Anda perlu melindungi bibir dengan cara menutupnya menggunakan masker, syal maupun kain.
  • Berbagai bahan dari pelembab bibir seperti pada petroleum jelly ini sendiri bisa dimanfaatkan untuk merawat kulit bibir dalam kehidupan sehari-hari agar bisa menjaga kulit bibir tetap sehat. namun, pastikan juga bahwa pola makan yang sehat dan menghindari kebiasaan buruk tentu bisa dilakukan sebagai upaya untuk mendukung hal tersebut.

    Jika memang Anda sedang mengalami kondisi gangguan pada area sekitaran bibir yang cukup serius, bahkan tidak kunjung membaik juga, maka ada baiknya jika Anda langsung memeriksakan diri kepada dokter spesialis yang menangani kasus tersebut.

    Hal ini tentu dilatarbelakangi oleh adanya penyebab lain yang mendasari terjadinya kasus tersebut dan memang dibutuhkan penangan dari dokter spesialis yang ahli di bidangnya. Seperti yang telah diketahui bersama, bahwa merawat dan mencegah sesuatu memang jauh lebih baik dilakukan dari pada harus mengobati.

    Jadi, akan ada banyak hal baik yang bisa Anda dapatkan jika mau lebih fokus dan memperhatikan hal tersebut sekaligus tidak mengabaikan kesehatan bibir Anda. Selain itu, ternyata dengan mengkonsumsi pil KB untuk kecantikan yaitu Pil KB Elzsa juga bisa Anda lakukan sebagai upaya perawatan.

    Sebagai Pil KB premium, Pil KB Elzsa bisa membantu mengobati jerawat parah dan menghaluskan kulit. Tak hanya bagus bagi kulit, kandungan cyproterone acetate dan ethinylestradiol dalam Pil KB Elzsa terbukti efektif 99% mencegah kehamilan jika digunakan secara rutin dan teratur.

    Cara menggunakannya sangat mudah, Pil KB Elzsa ini seperti obat yang harus diminum setiap hari. Isi dari pil ini adalah hormon yang dapat mempengaruhi lendir pada vagina. Lendir dengan jumlah yang cukup banyak akan mematikan sperma yang masuk sehingga kehamilan tidak dapat terjadi.

    Pil KB Elzsa ini memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

    - menjaga kestabilan hormon tubuh. - memberikan efek glowing, kenyal, cerah, dan mencegah timbulnya jerawat serta awet muda. - menjaga berat badan tetap stabil - melancarkan menstruasi dan meredakan nyeri haid - kembali subur dengan cepat sesudah menghentikan pemakaian - membantu mengobati jerawat parah dan menghaluskan kulit - membantu mengatasi gejala menopause

    Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis untuk melihat kontrasepsi apa yang cocok untuk Anda.