Beli Rumah Nggak Harus Susah

Kalau nunggu jadi miliarder bisa-bisa sampai tutup usia tidak kunjung punya rumah. Karenanya untuk kebutuhan yang satu ini perlu tekad bulat sejak awal serta tentu saja perhitungan yang matang. Tapi jangan sampai juga Moms tidak bisa menikmati hidup karena terlilit tagihan KPR. Berikut beberapa hal yang bisa membantu Moms dalam memperhitungkannya:
  • Survey KPR. Hobi window shopping di mall selama ini boleh tuh Moms pakai untuk mempelajari satu per satu kelebihan dan kekurangan KPR yang ditawarkan oleh bank. Sebelum menjatuhkan pilihan setidaknya moms harus membandingkan KPR dari tiga bank terlebih dahulu. Jadi jangan terburu-buru ya Moms.
  • Perhitungkan rasio tagihan dan pendapatan. Para pakar keuangan menganjurkan total tagihan yang harus dibayar per bulannya tidak boleh melebihi 30% dari pendapatan. Persentase ini dianjurkan dengan alasan yang rasional ya Moms, jadi sebaiknya juga tidak dilanggar untuk kenyamanan finansial keluarga.
  • Perhitungkan komponen biaya lain. Ingat, setelah memiliki rumah banyak biaya tambahan yang harus Moms keluarkan. Membeli perabot, membayar PBB tiap tahun, renovasi, dan lain sebagainya. Jangan sampai beli rumah tapi kosong melompong karena tak bisa beli perabot ya Moms. Hehe..
  • Perhitungkan hutang lainnya. Akan lebih baik jika Moms dan suami bisa membereskan hutang lainnya sebelum mengambil KPR, seperti hutang kartu kredit atau cicilan mobil. Jika minim hutang, bank menilai keuangan Moms sehat dan akan memberi pinjaman dana KPR lebih besar. Tapi jika belum bisa, maka perhitungkan sisa hutangnya, kapan kira-kira akan terlunasi. Jangan sampai ‘balapan’ sama tagihan KPR ya Moms.
  • Perhitungkan konsep rumah tumbuh. Memang inginnya sekali bangun rumah langsung cantik ya Moms. Tapi jika anak-anak Moms masih kecil, tidak perlu lah punya rumah dengan 4 kamar untuk saat ini. Nantinya sedikit demi sedikit Moms bisa membangun rumah agar semakin besar dan nyaman untuk keluarga.
  • Nah kalau pengamalan Moms sendiri dalam mengajukan KPR bagaimana? Share ya di comment..