Ayo Mengenal Apa itu Pil Kontrasepsi dan Jenis-jenisnya

Sudahkah Anda mengetahui apa itu pil kontrasepsi serta jenis-jenis pil kontrasepsi? Apabila Anda belum mengetahui mengenai alat pencegah kehamilan ini, Anda dapat mengetahuinya melalui ulasan di bawah ini.

Pengertian Pil Kontrasepsi

Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai pil kontrasepsi mari berkenalan dengan arti kontrasepsi terlebih dahulu. Kontrasepsi merupakan alternatif cara yang digunakan untuk mencegah kehamilan. Pencegahan dapat dilakukan menggunakan alat maupun obat untuk mencegah kehamilan.

Kontrasepsi berdasarkan jenisnya dapat dibedakan menjadi dua yaitu kontrasepsi hormonal dan kontrasepsi non hormonal. Salah satu jenis kontrasepsi hormonal adalah pil kontrasepsi atau yang dikenal dengan sebutan pil KB.

Pil KB adalah alat kontrasepsi oral yang digunakan menggunakan metode kontrasepsi berupa pil. cara mengonsumsi pil KB cukup mudah yaitu hanya dengan rutin mengonsumsinya setiap hari di waktu dan jam yang kurang lebih sama.

Minum Pil KB di waktu yang sama wajib dilakukan agar fungsi dari obat yang diminum dapat bereaksi dengan maksimal. Konsumsi Pil KB dapat memberikan efek berupa penebalan dinding rahim, mencegah sperma untuk mencapai sel telur dan lain sebagainya.

Saat ini pil KB menjadi salah satu cara menunda kehamilan yang banyak diminati oleh pasangan suami istri. Selain mudah untuk didapatkan, menggunakan pil KB untuk menunda kehamilan juga lebih praktis dan tidak membutuhkan effort yang berlebih.

Macam-macam Jenis dan Merk Pil Kontrasepsi

Pada dasarnya penggunaan pil KB dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu pil KB kombinasi dan pil KB progestin. Pil KB kombinasi merupakan kontrasepsi yang menggabungkan estrogen dan progesteron yang dapat menghambat atau mencegah ovulasi.

Pil KB kombinasi diminum dengan ketentuan khusus. Ada yang dikonsumsi ketika tidak menstruasi dan ada pula yang dikonsumsi saat menstruasi.

Sedangkan pil progestin yaitu kontrasepsi yang tidak memiliki kandungan estrogen. Pil progestin biasanya bisa diresepkan oleh dokter sebagai alternatif ketika perempuan tidak cocok menggunakan pil KB kombinasi.

Bagi Anda yang berencana untuk menggunakan pil KB biasanya dokter atau petugas terkait akan merekomendasikan Pil KB yang ingin digunakan. Sebelum berkonsultasi kepada dokter alangkah baiknya anda mengetahui beberapa jenis merk pil KB yang dapat anda gunakan seperti dibawah ini.

1. Pil KB Elzsa

Pil KB Elzsa merupakan alat pencegah kehamilan dengan kualitas premium. Mempunyai kandungan cyproterone acetate dan ethinylestradiol, pil KB Elzsa terbukti efektif 99% jika digunakan secara rutin dan teratur.

Selain mempunyai manfaat yang luar biasa, pil KB Elzsa didesain dengan konsep yang mungil dan simpel Artinya, pil ini cocok anda bawa kemana-mana tanpa harus menghabiskan banyak tempat. 1 pak pil KB ini berisi 21 butir yang dikonsumsi tepat 1 hari setelah selesai menstruasi.

Permasalahan utama setiap perempuan adalah seringnya terlambat atau lupa mengonsumsi pil KB. Karena itu, Anda dapat mengantisipasinya dengan memasang reminder atau notes sebagai pengingat ketika sudah waktunya mengonsumsi pil KB.

Beberapa keuntungan ketika anda mengonsumsi pil KB dengan merek ini adalah menjaga kestabilan hormon tubuh. Pil KB Elzsa juga terbukti dapat memberikan efek kulit yang glowing, kenyal, cerah, dan mencegah timbulnya jerawat serta awet muda.

PKB ini juga dapat melancarkan siklus menstruasi serta meredakan nyeri haid. Selain itu dengan mengonsumsi pil ini secara rutin dapat mengurangi volume darah menstruasi sehingga tidak perlu khawatir kekurangan zat besi pada tubuh.

2. Pil KB Andalan FE

Rekomendasi pil kontrasepsi yang pertama adalah merk Pil KB Andalan FE. Pil KB Andalan FE selain dapat mencegah terjadinya kehamilan juga dapat mengontrol kandungan zat besi pada tubuh.

Selain itu banyak yang menyukai kemampuan Pil KB Andalan FE dalam menjaga keseimbangan hormon tubuh yang berdampak pada kesehatan kulit terutama wajah, sehingga perempuan tidak perlu lagi khawatir akan muncul flek atau jerawat.

Dari segi kesehatan, bagi Anda yang mempunyai keluhan anemia tidak perlu lagi khawatir. Pil KB Andalan FE akan menjaga kadar kandungan zat besi di tubuh anda ada saat menstruasi. Tidak heran apabila Pil KB Andalan FE disebut sebagai pil KB perempuan aktif dengan kualitas premium. Anda dapat mendapatkan pil KB merk ini di www.tundakehamilan.com.

3. Pil KB Andalan Laktasi

Pil kontrasepsi selain bisa digunakan untuk perempuan dalam kondisi normal juga bisa digunakan oleh perempuan yang sedang menyusui. Salah satu rekomendasi pil KB untuk ibu menyusui adalah Pil KB Andalan Laktasi.

Pil KB ini dapat dikonsumsi 6 minggu setelah proses lahiran. apabila anda telah mengalami menstruasi maka, Pil KB Andalan Laktasi bisa dikonsumsi pada hari pertama menstruasi. Lanjutkan untuk mengonsumsi pil ini secara rutin dengan jam yang sama dan sesuai aturan pada blister kemasan.

Pil KB Andalan Laktasi cocok digunakan untuk ibu menyusui karena tidak membuat ASI menjadi kering. Kemudian juga tidak menyebabkan kualitas ASI menjadi menurun dan yang terpenting tidak menyebabkan diare pada bayi.

4. Pil KB Andalan

Pil KB Andalan adalah salah satu pil kontrasepsi yang banyak diminati oleh perempuan Indonesia. Pil KB Andalan mempunyai kandungan estrogen sebesar 0,03 mg dan progestin sebesar 0, 15 mg.

Hormon estrogen dan hormon progestin dipercaya sangat bermanfaat bagi tubuh wanita. Beberapa manfaat yang didapatkan ketika mengonsumsi Pil KB Andalan yaitu dapat menjaga berat badan, mengurangi atau mencegah timbulnya flek, dan mengurangi resiko terkena kanker rahim.

Selain itu dengan mengonsumsi Pil KB Andalan dapat menstimulasi tingkat kesuburan pada wanita dengan cepat. Kelebihan dalam menjaga kesehatan kulit menjadi daya tarik utama dari pil KB ini di samping banyaknya manfaat yang lainnya.

Untuk cara kerja dari pil ini ini adalah dengan cara mengentalkan cairan vagina sehingga sel sperma sulit untuk masuk dan dibuahi.

Manfaat Penggunaan Pil Kontrasepsi

Menggunakan pil kontrasepsi sudah jelas memiliki banyak keuntungan bagi pasangan suami istri. Pil KB premium atau pil KB dengan kualitas bagus juga dapat mempengaruhi hasil dari penggunaan pil KB, baik pada kesehatan ataupun kecantikan.

Oleh karena itu perlu untuk menggunakan pil KB dengan kualitas yang bagus agar dapat memperoleh manfaat lengkap dari penggunaan pil KB seperti dibawah ini

  • Mencegah timbulnya kehamilan
  • Dapat mencegah terjadinya kram perut atau sakit kepala atau migrain saat berlangsungnya menstruasi
  • Dapat mencegah munculnya gejala endometriosis. Gejala endometriosis adalah indikasi gangguan kesehatan di mana dinding rahim menjadi menebal secara tidak normal.
  • Mengkonsumsi pil KB dengan kualitas yang baik juga dapat mengatur nafsu makan serta menjaga berat badan tetap ideal dan dan stabil.
  • dan banyak manfaat lainnya.