7 Tip Mudah agar Anak Senang Belajar di Rumah saat Pandemi

Masa pandemi mewajibkan masyarakat untuk tetap berada di dalam rumah hingga situasi membaik kembali. Selain orang dewasa, kegiatan belajar anak-anak di sekolah juga harus dihentikan untuk sementara waktu. Berdasarkan data dari UNICEF, ada lebih dari 130 negara di dunia yang menutup sekolahnya untuk sementara akibat pandemi Covid-19. Berikut ini ada beberapa tip yang bisa Moms lakukan agar anak senang belajar di rumah selama masa pandemi.

Sesuaikan jam belajar anakMeskipun anak belajar di rumah soal waktu belajar tetaplah harus disiplin. Apabila anak biasa belajar sejak pukul 8 pagi hingga 2 siang, Moms juga bisa menerapkan hal yang sama. Setiap sekolah pasti memiliki jam belajar yang berbeda-beda, Moms bisa coba komunikasikan dengan guru atau wali kelas mengenai jam belajarnya.

Anak yang terbiasa belajar sesuai dengan waktu di sekolah akan lebih mudah untuk mengatur jadwal mereka. Cara seperti ini akan membuat anak lebih disiplin terhadap tugas-tugas mereka, lho, Moms.

Sediakan ruang belajar khususMoms, anak-anak juga memerlukan ruang belajar yang layak di rumah. Coba sediakan kursi dan meja yang sesuai dengan tinggi badan mereka. Pencahayaan dan sirkulasi udara yang pas juga menjadi hal penting untuk dipikirkan.

Jika ruangan terlalu gelap akan merusak mata anak dan jika ruangan tidak ada sirkulasi udaranya akan membuat si kecil sulit konsentrasi karena cepat gerah. Memiliki ruangan belajar khusus untuk anak dapat membantunya lebih fokus terhadap pelajaran.

Dampingi anak selama belajarJika di sekolah ada guru yang mengawasi, saatnya Moms mendampingi anak belajar di rumah. Tidak perlu duduk berjam-jam di sebelahnya karena anak juga perlu privasi, ya.

Moms dapat mendampingi anak pada situasi tertentu. Contohnya adalah ketika anak mengalami kesulitan. Tanyakan kesulitan apa yang dihadapi, kemudian bantu anak untuk menemukan jalan keluarnya. Mendampingi anak sekaligus menanyakan kesulitan dalam pembelajaran yang dihadapi akan membantu membuat anak merasa nyaman ketika belajar di rumah.

Berikan waktu untuk berkomunikasi dengan temannya Moms, anak juga perlu waktu untuk berbagi cerita dengan teman-temannya melalui video call. Anak-anak bisa berbagi mengenai materi pembelajaran yang mereka terima dari sekolah hingga kegiatan di rumah.

Kegiatan mengobrol seperti ini juga bisa menjadi salah satu pelepas stres bagi anak. Alasannya adalah anak juga perlu orang yang mengerti dan merasakan posisi mereka. Ya, di situlah peran teman diperlukan.

Kenalkan anak dengan video edukasiBosan juga rasanya kalau belajar hanya dari buku, ya? Kenalkan anak mengenai beberapa video edukasi yang marak di internet. Jangan lupa untuk mendampingi anak selama penggunaan internet, Moms.

Ada banyak video edukasi yang bisa Moms kenalkan. Misalnya saja mengenai kegiatan di museum, apa saja yang terdapat di kebun binatang, hingga bagaimana cara membuat krayon. Anak akan mempelajari banyak hal yang tidak mereka pelajari di sekolah, kan.

Berkreasi dengan membuat kerajinan di rumahMoms, sesekali tanyakan kepada anak tentang kegiatan DIY (do it yourself) yang ingin dicobanya. Kalau anak belum mengerti istilah DIY, Moms bisa jelaskan terlebih dahulu. Kegiatan DIY akan membuat anak menjadi kreatif dalam memanfaatkan barang-barang di sekitarnya. Moms bisa mulai dengan kegiatan sederhana seperti membuat tempat pensil dari kardus bekas, misalnya. Awasi ketika anak menggunakan gunting maupun pisau cutter saat berkreasi, ya, Moms.

Berikan hadiah atas hasil belajar di rumahBelajar dari rumah bukan berarti anak tidak mendapatkan nilai, lho. Guru-guru tetap akan memberikan nilai terhadap tugas yang diberikan. Sebagai apresiasi atas nilai yang telah dicapai, Moms dapat memberikan hadiah atas kerja keras mereka. Tidak perlu hadiah yang mewah, kok. Memberikan makanan kesukaan anak atau biarkan mereka bermain dengan mainan kesukaan di akhir pekan merupakan pilihan yang baik.

Moms, meskipun selama masa pandemi kegiatan belajar anak berpindah menjadi di rumah. Bukan berarti kegiatan belajar jadi membosankan bukan? Beberapa tip yang sudah dibagikan dapat menambah keseruan belajar anak di rumah. Lanjutkan obrolan seru mengenai anak belajar di rumah dengan sesama perempuan/moms di www.moth3ers.com/forum sekarang.