7 Manfaat Seks untuk Kesehatan

Kehidupan seksual yang sehat dan seimbang adalah salah satu kunci kemesraan dalam hubungan perkawinan. Tapi tahukah Moms, bukan hanya berguna sebagai perekat dalam rumah tangga, melakukan hubungan intim dengan pasangan juga punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja di antaranya?

Meringankan rasa sakitKetika mengalami orgasme, tubuh kita akan melepaskan hormon oksitosin (hormon kasih sayang) dan endorfin (hormon pemicu rasa bahagia). Seperti morfin, kedua jenis hormon ini mampu meringankan rasa sakit. Karena itu, melakukan hubungan intim bisa membantu mengatasi gejala sakit kepala, kram karena menstruasi, dan nyeri punggung.

Meredakan stresSelain efektif meredakan rasa sakit, pelepasan hormon oksitosin dan endorfin juga bisa membantu meredakan stres. Itu sebabnya, peneliti menyatakan bahwa hubungan intim dengan pasangan bisa menjadi alternatif rekreasi yang menyenangkan dan baik dilakukan oleh mereka yang sehari-harinya rentan terpapar stres.

Menguatkan sistem imunitas tubuhMenurut penelitian, mereka yang berhubungan seks 1-2 kali seminggu memiliki kadar immunoglobulin A (IgA)—antibodi yang berguna menangkal penyakit, lebih tinggi dibandingkan mereka yang melakukannya kurang dari 1 kali seminggu. Tapi, frekuensi hubungan seks terlalu sering (lebih dari 3 kali seminggu) juga tidak disarankan Moms, karena bisa memicu stres yang malah menurunkan level antibodi.

Menyehatkan gairah seksualMenurut peneliti, semakin sering seseorang melakukan aktivitas seksual, gairah seksual atau libidonya akan semakin sehat pula. Pasalnya, hubungan seks mampu meningkatkan elastisitas, lubrikasi, serta aliran darah pada vagina. Ketiga hal tersebut berguna melancarkan hubungan intim yang dilakukan selanjutnya sehingga perempuan akan lebih mudah mencapai orgasme.

Menurunkan tekanan darahPenelitian membuktikan adanya hubungan antara aktivitas seksual dan penurunan tekanan darah. Tepatnya tekanan darah sistolik (angka yang muncul terlebih dahulu pada nilai tekanan darah). Manfaat berhubungan seks untuk menurunkan tekanan darah ini akan turut pula membantu menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

Menguatkan otot dasar panggulKetika perempuan mengalami orgasme, otot-otot dasar panggulnya akan mengalami kontraksi sehingga meningkatkan kekuatan otot tersebut. Melatih kekuatan otot dasar panggul baik untuk mengatasi masalah kandung kemih yang cukup banyak menimpa perempuan pada usia matang.

Membakar kaloriMeski belum bisa disetarakan dengan kegiatan olahraga sungguhan, aktivitas seksual bisa dikategorikan sebagai salah satu kegiatan fisik yang ampuh membakar kalori. Melakukan hubungan intim selama 30 menit mampu membakar 50-140 kalori (tergantung posisi melakukannya). Bandingkan dengan bersepeda yang bisa membakar 150 kalori selama 30 menit. Lumayan juga kalau kita sedang tidak sempat berolahraga kan, Moms?

Setelah mengetahui manfaat seks untuk kesehatan, kini Moms bisa menjadikan hubungan intim dengan pasangan sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Selamat mencoba Moms!