7 Cara Mudah Merawat Rambut Tipis Agar Lebih Mengembang

Mempunyai rambut tipis bisa menjadikan rambut terlihat lepek, lemas, dan tidak bervolume. Karena itu, tidak jarang banyak orang yang berusaha melakukan berbagai perawatan agar rambut tipis mereka agar lebih tebal dan mengembang.

Sayangnya, perawatan rambut di salon mahal sekalipun tidak selalu membuahkan hasil memuaskan. Sebenarnya, ada beberapa tips mudah dalam merawat rambut tipis agar terlihat bervolume dan mengembang. Berikut ini cara praktis untuk membuat mahkota Anda terlihat lebih tebal:

1.Rajin keramas 

Cara pertama dan utama adalah rajin melakukan keramas. Jika Anda malas membersihkan rambut, maka pori-pori kepala akan tersumbat sehingga menyebabkan produksi minyak berlebih. Hal tersebut akan membuat rambut terlihat berminyak, kusut dan lengket. Namun jangan keramas setiap hari karena dapat menghilangkan lapisan pelindung dari rambut Anda yang akhirnya membuat akar rambut lemah, rontok dan kehilangan volumenya.

2.Gunakan dry shampo (sampo kering)

Dry shampo mempu menyerap minyak yang bisa membuat rambut lepek. Sampo kering dapat melapisi rambut rambut tipis dengan baik dan menciptakan tekstur sehingga membuat rambut lebih bervolume. Sebaiknya hindari sampo yang memiliki kandungan pelembab tinggi dan pilihlah sampo yang memiliki kandungan pelembab ringan agar rambut tidak terlihat semakin lepek.

3.Gunakan produk rambut yang mengandung keratin

Untuk rambut tipis, sebaiknya Anda memilih produk-produk yang mengandung keratin. Keratin diketahui bisa memperbaiki blok bangunan folikel rambut dan tidak membuat bagian bawah rambut berat. Hindari juga produk-produk rambut yang memiliki kandungan bahan kimia yang keras agar tidak merusak rambut.

4.Potong ujung rambut

Ujung rambut yang tidak sehat seperti merah dan bercabang bisa membuat rambut Anda terlihat tipis dan kusam. Ada baiknya Anda memotong ujung-ujung rambut secara rutin misalnya tiga bulan sekali. Selain untuk menyingkirkan bagian rambut yang tidak sehat, memotong ujung rambut akan memungkinkan tumbuhnya rambut baru di kepala.

5.Ubah letak belahan rambut Anda

Mungkin Anda terbiasa membelah rambut di tengah selama bertahun-tahun. Alih-alih menerapkan pembelahan tengah yang biasa Anda lakukan, cobalah melakukannya secara berbeda. Anda memiliki banyak pilihan di sini, antara lain membelahnya secara zig-zag, belah samping, membiarkannya tanpa dibelah dengan menariknya ke belakang dan lain sebagainya. Trik sederhana ini dapat menambah volume rambut Anda.

6.Menyisir rambut ke arah belakang

Ini tidak berarti menyisir rambut ke belakang secara agresif dengan sisir bergigi rapat untuk membuat rambut kusut atau yang biasa disebut menyasak rambut. Namun Anda bisa melakukannya dengan teknik menjepit lapisan paling atas dari rambut, kemudian menyikat sisanya dengan sisir bergigi jarang. Lakukan bagian demi bagian kemudian semprot setiap area yang disikat belakang dengan hairspray.

7.Tidur dengan rambut dikuncir longgar (bun)

Sebelum tidur, tarik rambut menjadi sanggul tinggi dan longgar, dan kencangkan dengan ikat rambut yang lembut. Ini akan mengurangi gesekan rambut saat tidur yang bisa menyebabkan kerontokan. Tidur dengan rambut dikuncir longgar ke atas akan membuat rambut Anda akan terangkat dari kulit kepala. Jadi ketika Anda bangun dan melepasnya, rambut Anda akan memiliki volume yang instan, ditambah gelombang lembut.

Demikian 7 tips mudah merawat rambut tipis agar lebih mengembang. Selain tips di atas, Anda bisa mengatasi rambut rontok, rapuh atau tipis dengan mengonsumsi suplemen penyubur rambut. Suplemen tersebut akan melengkapi kekurangan vitamin yang dibutuhkan oleh rambut.

Saat ini telah tersedia pil KB Elzsa yang telah teruji mampu mengontrol siklus menstruasi, namun juga membantu mencukupi kekurangan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, termasuk rambut. Kombinasi hormon progesteron (Cyproterone Acetate) dan hormon estrogen (Ethinylestradiol) pada Elzsa diketahui dapat membantu mengurangi masalah kesehatan rambut.

Jadi dengan mengkonsumsi Elzsa, selain bisa mengatur kehamilan, Anda pun bisa menggunakannya sebagai suplemen yang melengkapi kebutuhan nutrisi rambut Anda. Sudahkah Anda mencoba salah satu cara tersebut di atas untuk menambah volume pada rambut Anda?