7 Cara Alami untuk Meningkatkan Kesuburan

Usaha untuk mendapatkan keturunan terkadang tidak selalu berjalan lancar bagi pasangan suami istri. Data statistik menyatakan bahwa masalah kesuburan bisa dialami oleh sekitar 10-15% pasangan suami istri. Untungnya, menurut sebuah riset yang dilakukan di Harvard School of Public Health, sekitar 69% masalah kesuburan bisa diatasi dengan memperbaiki gaya hidup agar lebih sehat. Moms bisa mencoba tips meningkatkan kesuburan secara alami berikut ini.

1. Konsumsi AntioksidanRadikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dari konsumsi makanan dan udara yang kita hirup mampu merusak kualitas sel telur dan sperma. Untuk mengatasi pengaruh radikal bebas tersebut, Moms bisa mengonsumsi jenis-jenis makanan kaya antioksidan seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, serta buah-buahan seperti jeruk, anggur, dan stoberi. Konsultasikan juga pada dokter apakah Anda perlu mengonsumsi suplemen antioksidan.

2.  Batasi Konsumsi KarbohidratMembatasi konsumsi karbohidrat berguna untuk menyeimbangkan kadar hormon, terutama pada perempuan yang mengalami gangguan Polycystic Ovary Syndrome (PCOS). Penelitian menyatakan bahwa semakin rendah konsumsi karbohidrat, kadar hormon insulin dan testosteron di dalam tubuh juga ikut menurun. Kedua jenis hormon inilah yang memicu masalah kesuburan pada penderita PCOS.

3. Konsumsi Asam FolatIbu hamil dan perempuan yang sedang menjalani program hamil biasanya akan mendapatkan resep suplemen asam folat dari dokter. Asam folat yang juga disebut vitamin B kompleks ini amat berguna untuk meningkatkan kesuburan perempuan karena mampu meningkatkan fungsi ovarium dan meningkatkan kualitas sel telur. Selain dari suplemen, asam folat juga bisa diperoleh dari konsumsi sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, hati sapi, dan makanan laut.

4. Tingkatkan Konsumsi SeratKonsumsi serat berguna untuk mengatasi masalah ketidakseimbangan hormon—yang seringkali menjadi penyebab ketidaksuburan, serta membantu menyeimbangkan kadar gula darah. Memperbanyak konsumsi serat juga baik untuk membantu mencapai berat badan ideal. Berdasarkan penelitian, risiko ketidaksuburan pada orang yang mengalami kondisi obesitas lebih tinggi dibandingkan mereka yang memiliki berat badan normal.

5. Perbanyak Konsumsi Protein NabatiMengganti konsumsi protein hewani seperti daging, ikan, dan telur dengan protein nabati seperti kacang-kacangan dan biji-bijian bisa membantu mengoreksi masalah kesuburan. Menurut penelitian yang dilakukan di Harvard School of  Public Health, mengonsumsi 5% kebutuhan energi harian yang didapatkan dari protein nabati (dan bukan dari protein hewani) bisa menurunkan risiko ketidaksuburan hingga 50%.

6. Aktif BergerakSelain rutin berolahraga, Moms juga perlu membiasakan diri untuk lebih banyak bergerak dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian menyatakan bahwa gaya hidup sedentari (tidak banyak bergerak) bisa meningkatkan risiko ketidaksuburan pada perempuan dan laki-laki. Mulai besok pagi, yuk rutin bersepeda untuk pergi ke tempat belanja atau mengajak hewan peliharaan berjalan-jalan, Moms.

7. Kelola Stres dengan BaikPemicu stres, mulai dari masalah pekerjaan, keluarga, sampai hubungan dengan pasangan, memang tidak dapat dihindari dalam kehidupan sehari-hari. Tapi, Anda bisa belajar cara mengelola stres dengan baik agar tidak mengakibatkan ketidakseimbangan hormon yang bisa mempengaruhi kesuburan. Penelitian menyatakan bahwa kondisi stres bisa menurunkan level kesuburan hingga 30%. Untuk mengatasinya, Moms bisa melakukan latihan pernapasan, meditasi, dan mencukupi kebutuhan tidur 8 jam sehari. Semoga program hamilnya sukses ya, Moms!