7 Benda di Rumah yang Paling Sering Celakakan Anak

Yang namanya anak-anak pasti senang menjelajahi area tempat tinggalnya. Tapi tetap hati-hati ketika membiarkan si kecil mengeksplorasi rumah ya Moms. Pasalnya, menurut Ferdinando Mirarchi, MD, kepala dokter IGD di University of Pittsburdh Medical Center, Amerika Serikat, ada beberapa benda sehari-hari di rumah kelihatannya tidak berbahaya namun sering menjadi penyebab kecelakaan pada anak. Ini 7 di antaranya: 

Trampolin Mainan anak ini merupakan salah satu benda yang paling sering menyebabkan kecelakaan di rumah pada anak-anak. Dokter di ruang IGD sudah menjumpai banyak kasus keseleo, tulang retak atau patah, sampai cedera leher akibat bermain trampolin. Jika punya trampolin di rumah, ajari si kecil cara memainkannya yang benar. Kalau perlu, Moms bisa mengawasi si kecil selama bermain agar tidak melakukan gerakan berbahaya. 

Baterai BulatBaterai bulat yang kerap digunakan untuk jam tangan, mainan, senter, dan peralatan rumah lainnya bisa menjadi biang keladi kecelakaan fatal pada anak-anak. Baterai bulat memiliki penampilan menarik yang membuat anak batita ingin memasukkannya ke mulut. Selain berisiko membuat si kecil tersedak, zat kimia yang sifatnya asam dari baterai bulat yang tertelan juga bisa merusak saluran kerongkongan anak sehingga mengakibatkan cacat permanen. 

Tangga LipatBagi orang dewasa, tangga lipat amat berguna untuk membantu mengerjakan aneka proyek perbaikan rumah. Tapi, tangga lipat merupakan salah satu perkakas di rumah yang harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak. Dokter di ruang IGD banyak menjumpai kasus serius berupa cedera kepala dan paru-paru kolaps akibat kecelakaan yang disebabkan oleh anak-anak yang memainkan tangga lipat.

Mie Instan dalam WadahMie instan dalam wadah styrofoam yang hanya perlu diseduh dengan air panas sebelum dikonsumsi juga merupakan salah satu benda yang bisa mengancam keselamatan anak. Dibandingkan wadah dari beling yang berat, wadah styrofoam lebih mudah tumpah ketika tersenggol sehingga bisa mengakibatkan luka bakar yang cukup serius bila sampai terkena salah satu bagian tubuh si kecil. 

High ChairHigh chair atau kursi tinggi yang biasa digunakan untuk memberi makan bayi memang banyak gunanya bagi si kecil yang sedang belajar mengonsumsi MPASI. Meski begitu, cara pemakaian high chair yang kurang tepat bisa memicu kecelakaan pada batita. Dokter menyarankan orang tua untuk menempatkan high chair agak jauh dari meja, dinding, atau furnitur lainnya. Benda-benda tersebut bisa menjadi landasan anak untuk mendorong dengan kaki sehingga mengakibatkan high chair jatuh terguling bersama si kecil di dalamnya.

Cadangan Obat-obatanSemua keluarga pasti menyimpan cadangan obat-obatan yang bisa digunakan kapan saja diperlukan. Tapi penting diingat ya Moms, cadangan obat-obatan harus disimpan di dalam kotak obat khusus dan diletakkan di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak. Bentuk obat yang berwarna-warni bisa menarik perhatian si kecil untuk memakannya. Akibatnya bisa fatal apabila yang dikonsumsi anak adalah obat pereda sakit atau obat tidur.

Cairan Pembersih RumahSama seperti obat-obatan, cairan pembersih rumah mulai dari deterjen, cairan pembersih kaca, larutan pemutih cucian, sampai obat pembasmi serangga harus diletakkan di tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak. Kalau perlu, simpan semua benda tersebut di dalam lemari terkunci. Moms tak akan mampu membayangkan apa yang bisa terjadi kalau si kecil sampai meraih dan meminumnya. Setelah mengetahui apa saja benda yang berpotensi membahayakan anak, Moms tentu bisa melakukan langkah pencegahaan yang diperlukan untuk mencegah kecelakaan pada diri si kecil.