7 Aktivitas Edukatif untuk Dukung Tumbuh Kembang Anak

Pastikan si kecil mendapatkan stimulasi sesuai dengan usianya agar menjadi generasi cerdas dan berprestasi.

Siapa yang tidak ingin anaknya tumbuh cerdas dan sehat? Moms, yang harus diingat hal ini tidak instan. Ada proses harus dilakoni untuk merangsang tumbuh kembang si kecil secara optimal, terutama di usia 0-5 tahun. 

Apa saja yang ‘wajib’ dikuasai oleh anak Anda? Kemampuan motorik kasar dan halus, kemampuan kognitif, perkembangan fisik, kemampuan sosio-emosional, keinginan belajar, serta melatih kreativitas. Berikut ini beberapa pilihan aktivitas edukatif untuk dukung tumbuh kembang anak yang bisa Anda coba di rumah.

  • Menyusun bentuk dan warna
  • Permainan puzzle maupun balok warna-warni akan membantu mengasah kecerdasan visual spasial, melatih memori, melatih koordinasi mata dan tangan, hingga meningkatkan fokus dan konsentrasi pada anak. Dengan menyusun bentuk si kecil juga akan mengembangkan kemampuan motorik halusnya.

  • Permainan kata
  • Untuk menambah perbendaharaan kata si kecil, ada baiknya Anda sering mengajaknya bercakap-cakap. Menyanyi bersama dengan menghilangkan sebagian liriknya akan membuat anak tertantang untuk menggali memorinya dan biarkan si kecil mengisi lirik tersebut. 

    Kenalkan juga kepadanya padanan kata baru sehingga kosakatanya semakin bertambah. Misalnya baju sama dengan pakaian, lalu ceritakan bahwa celana, kaus kaki, dasi masih bagian dari pakaian. Ibarat spons si kecil akan terus menyerap informasi tersebut.    

  • Mencari benda
  • Moms pernah mendengar permainan “hot/cold atau panas/dingin”? Permainan ini mengajak anak untuk mencari barang tertentu yang disembunyikan. Setiap kali dia mendekati tempat persembunyian barang tersebut maka teriakkan kata “panas atau hot”, sebaliknya kalau jauh dari barang yang dimaksud ucapkan “dingin atau cold”. Permainan sederhana ini akan melatih kemampuan emosional, termasuk bersabar, ketekunan, dan belajar mempercayai sesuatu yang tak terlihat.

  • Berbagi makanan atau mainan
  • Terdengar sederhana, kan? Siapkan makanan favoritnnya kemudian bagi rata antara Anda dan si kecil. Terapkan juga aturan dilarang mengambil milik orang lain jika bagiannya sudah habis. Dengan begitu anak akan belajar untuk bertanggung jawab terhadap apa yang menjadi haknya.

  • Menirukan suara
  • Banyak sekali suara di sekeliling kita yang bisa diperkenalkan kepada si kecil. Mulai dari suara kucing, bel sepeda, maupun mesin mobil punya ciri khas berbeda-beda. Jangan lupa menjelaskan dari mana asal suara, bagaimana dia merambat, dan berbagai hal yang berkaitan dengan suara tadi. Aktivitas ini akan melatih memori serta menambah pengetahuannya.  

  • Menaklukkan tantangan
  • Lakukan juga aktivitas yang menantang fisiknya saat berada di rumah. Moms bisa membangun halang rintang dari berbagai benda yang ada di dalam rumah. Misalnya menumpuk bantal untuk dilompati, menjejerkan dua buah kursi untuk si kecil merayap di bawahnya, hingga menggantungkan permen yang harus diraih oleh anak. Permainan ini akan membuat anak aktif secara fisik, melatih motorik kasar, serta belajar menaklukkan tantangan yang ada di depannya. 

  • Tebak gambar
  • Ini salah satu kegiatan edukatif yang mendukung tumbuh kembang anak. Persiapannya juga nggak ribet: cukup kertas kosong dan spidol atau krayon warna-warni. Jangan lupa siapkan beberapa tema di mangkuk kosong untuk diundi sehingga tebakan si kecil tidak melebar ke mana-mana, misalnya judul lagu, profesi, maupun kegiatan. Asyiknya lagi kegiatan ini bisa melibatkan banyak anggota keluarga, deh.

    Mencari artikel inspiratif soal perencanaan kehamilan atau family planning? Coba cek di sini.