6 Tip Atasi Kelelahan Awal Kehamilan di Masa Pandemi

Kelelahan pada awal kehamilan di masa pandemi seperti saat ini tentu akan membuat Moms khawatir. Kelelahan tersebut berasal dari peningkatan hormon progesteron dalam tubuh Moms, serta adanya perubahan bentuk fisik yang terjadi. Ilana Halperin, seorang dokter staf endokrinologi di Sunnybrook Health Sciences Center dan asisten profesor di Universitas Toronto, Canada mengatakan bahwa peningkatan hormon progesteron juga memengaruhi perubahan suasana hati ibu hamil. Untuk membantu Moms dalam mengatasi kelelahan di awal kehamilan selama masa pandemi, ada tip yang bisa dipraktikkan berikut ini.

Istirahat cukupPada umumnya tubuh akan memberikan sinyal ketika mengalami kelelahan. Misalnya saja ketika Moms merasa gampang lemas dan mudah sakit kepala yang termasuk ciri-ciri tubuh mengalami kelelahan.

Pada awal kehamilan, tuh, kelelahan bisa disebabkan oleh mual dan perubahan hormon. Untuk mencegah tubuh cepat lelah Moms sebisa mungkin harus tidur selama 8 jam di malam hari.

Cara lain mengatasi kelelahan di awal kehamilan yaitu mengurangi kegiatan agar tidak terlalu padat. Berikan jeda istirahat di sela-sela kegiatan. Jangan lupa untuk meregangkan kaki apabila Moms sudah berdiri atau duduk terlalu lama.

Pilih makanan bergizi Makanan yang bergizi akan memberikan banyak efek positif kepada tubuh. Ada berbagai vitamin, serat, hingga mineral yang terkandung dalam setiap makanan. Moms dapat memperoleh semuanya dari buah, sayur, ikan, daging merah, maupun ayam. Selain itu jangan lupa untuk mengonsumsi kacang-kacangan yang baik untuk kesehatan serta cadangan energi.

Porsi makanan bergizi yang dikonsumsi pun sebaiknya disesuaikan jumlahnya dengan kebutuhan harian. Apabila dikonsumsi secara berlebihan juga tidak baik bagi Moms maupun janin, ya.

Perbanyak minum air putih Moms, selama masa kehamilan jangan lupa untuk banyak minum air putih. Kekurangan cairan pada tubuh tidak hanya menyebabkan kehausan. Dehidrasi akan membuat tubuh Moms cepat lemas dan kulit menjadi kusam.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk minum air putih 8-10 gelas per hari. Menyimpan air putih di dalam botol minum yang menarik tentu akan membuat Moms lebih semangat untuk lebih sering mengonsumsinya bukan?

Konsumsi suplemen dan rutin olahraga Selain mengonsumsi makanan bergizi, nih, Moms juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan yang aman untuk ibu hamil. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter, ya, sebelum mengonsumsinya karena harus disesuaikan dengan kebutuhan Moms di awal kehamilan.

Di masa pandemi semua orang dianjurkan untuk tetap berada di rumah, tetapi bukan berarti jadi pasif. Ada beberapa gerakan olahraga khusus ibu hamil yang bisa Moms lakukan selama #dirumahaja. Tinggal cari inspirasinya di YouTube misalnya kelas yoga untuk ibu hamil. Olahraga akan membantu Moms tetap bugar dan tidak mudah lemas.

Oh ya, sebelum berolahraga jangan lupa untuk pemanasan dulu Moms untuk mencegah terjadinya cedera.

Melakukan meditasiUsia kehamilan awal kadang menjadi beban pikiran tersendiri bagi beberapa Moms, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Berpikiran positif akan membantu meningkatkan imunitas sehingga berpengaruh pula terhadap kesehatan rohani dan jasmani. Moms juga dapat mencoba melakukan meditasi selama 10 hingga 15 menit setiap harinya untuk membantu menenangkan pikiran. Meditasi yang dilakukan secara teratur dapat mengurangi stres serta kecemasan berlebihan. Salah satu cara meditasi paling mudah yaitu Moms tinggal memejamkan mata sambil menarik napas dan menghelanya secara perlahan. Dijamin pikiran lebih ringan dan tubuh kembali segar! Kegiatan meditasi ini dapat dilakukan pada pagi hari setelah Moms bangun tidur.

Pemeriksaan kehamilan rutinDi masa pandemi ini ibu hamil dan semua orang disarankan untuk menjauhi kontak yang tidak perlu dengan lingkungan, alias social distancing. Hal ini bukan berarti ibu hamil lebih rentan, ya, tetapi mencegah selalu lebih baik daripada mengobati bukan? Apalagi bila Moms sebenarnya mengidap asma dan diabetes harus lebih berhati-hati agar terhindar dari infeksi Covid-19!Soal pemeriksaan kehamilan, nih, jika Moms merasa fit silakan datang sesuai jadwal sesuai anjuran The Royal College of Obstetricians & Gynaecologists. Sebelum berangkat pastikan dokter atau bidan berada di tempat sehingga tidak perlu menunggu lama yang meningkatkan risiko terpapar virus sekaligus menambah kelelahan fisik. Jangan lupa diskusikan soal pemeriksaan selanjutnya sebagai langkah antisipasi dan meminta kontak darurat untuk berkonsultasi seandainya tidak bisa menghadiri jadwal pemeriksaan.

Tip-tip yang sudah dibagikan diharapkan akan membantu Moms untuk mengatasi kelelahan di awal kehamilan selama masa pandemi. Jangan lupa klik www.moth3ers.com/forum sekarang untuk melanjutkan obrolan seru mengenai anak belajar di rumah dengan sesama perempuan/moms.