6 Cara Membesarkan Anak yang Cinta Lingkungan

Selain memberikan bekal berupa pendidikan dan keterampilan, bekal lain yang tak kalah penting diberikan orang tua kepada anak-anaknya adalah bekal kecintaan terhadap lingkungan hidup. Dengan mengajarkan anak-anak agar mencintai dan menjaga alam sekitar, Moms bisa memberikan warisan berharga berupa masa depan cerah bagi anak dan cucu kita kelak. Coba cara ini untuk menjadikan si kecil seorang sahabat lingkungan sejak usia dini:

Bermain di Alam Bebas Perkenalkan si kecil pada alam bebas sejak usia dini. Ajak ia berjalan telanjang kaki di atas rumput, berenang di sungai, bermain pasir di pantai, serta menikmati pemandangan hijau di pegunungan. Pengalaman berinteraksi dengan lingkungan alam akan membuatnya merasa menjadi bagian dari ekosistem yang lebih besar dan menumbuhkan kepedulian lingkungan. Permainan anak-anak di alam bebas juga baik untuk mengembangkan kemampuan motorik dan sensorik anak usia dini.

Ajak Berkebun Moms punya sepetak lahan yang bisa dijadikan kebun mungil? Ajak si kecil membantu Anda berkebun meski kehadirannya justru membuat aktivitas berkebun jadi tersendat. Berikan kepercayaan kepadanya untuk mengisi pot dengan tanah, menyiram pohon yang baru ditanam, mengumpulkan daun kering, dan sebagainya. Jangan takut kotor karena dengan cara ini anak belajar merawat dan melestarikan tanaman yang kelak punya arti penting dalam kehidupannya.

Bawa Wadah Makanan Sendiri Jika si kecil sudah memasuki usia sekolah, biasakan untuk membawa bekal makanan dan minuman sendiri dari rumah. Jika sewaktu-waktu ingin jajan di kantin, ajarkan padanya untuk meminta penjual mengisi wadah kosong yang dibawa dari rumah, alih-alih menerima makanan yang diletakkan dalam wadah plastik atau styrofoam. Bekali juga peralatan makan berupa sendok, garpu, dan sedotan dari rumah, agar ia tidak menggunakan peralatan sekali pakai dari plastik.

Hemat Air dan Energi Ajari anak untuk mematikan lampu, televisi, radio, dan kran air ketika sedang tidak digunakan. Katakan bahwa selain berguna untuk menghemat iuran bulanan, usaha itu juga berguna untuk menabung persediaan air dan energi agar masih bisa dipakai oleh anak dan cucunya kelak.

Nonton Film tentang Lingkungan Banyak film anak-anak yang mengangkat tema lingkungan, seperti Wall-E, Finding Dory, dan Free Willy. Putar film tersebut dalam acara “nobar” untuk rekreasi anak agar si kecil terhibur sekaligus bisa menarik pesan moralnya. Untuk anak yang lebih besar, Moms bisa mengajak nonton film yang lebih berat seperti An Inconvenient Truth dan film-film dokumenter tentang lingkungan lainnya.

Terapkan Konsep 3R Bukan hanya mengajari, Moms dan pasangan juga perlu memberi teladan usaha apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga alam dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, menerapkan konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle), dan berbelanja di toko-toko yang menyediakan barang konsumsi dalam bentuk curah, tanpa kemasan plastik.

Dengan menanamkan kecintaan pada lingkungan dan menerapkan perilaku ramah lingkungan dalam rutinitas sehari-hari, si kecil akan tumbuh menjadi seorang sahabat lingkungan yang mau berjuang untuk melestarikan bumi bagi generasi mendatang.