5 Tips Skincare untuk Mengatasi Maskne Akibat Pakai Masker Seharian

Sebagai upaya untuk memperlambat penyebaran Covid-19, memakai masker pun menjadi bagian dari rutinitas kita sehari-hari. Pemakaian masker yang terlalu sering ternyata bisa menimbulkan masalah kulit tersendiri, salah satunya adalah "maskne".

Maskne adalah singkatan dari mask dan acne yang berarti kondisi kulit wajah berjerawat sebagai efek samping karena terlalu sering memakai masker. Selain jerawat, maskne juga bisa berarti kondisi kulit yang kemerahan, benjolan, dan iritasi akibat penggunaan masker seharian.

Mungkin Anda khawatir melihat mulai munculnya maskne di wajah, apalagi jika mulai mengganggu penampilan. Karena itu, Anda sebaiknya perlu mengetahui cara merawat kulit yang tepat untuk mengatasi maskne. Berikut 5 skincare tips yang harus dilakukan untuk mengatasi maskne akibat memakai masker seharian.

1.Cuci muka secara teratur

Selama pandemi, Anda sebaiknya lebih memerhatikan kebersihan kulit wajah dengan mencuci muka secara teratur, antara lain di pagi hari, setelah berkeringat, setelah memakai masker dan sebelum tidur di malam hari. Saat mencuci muka, gunakan air hangat. Tepuk-tepuk kulit Anda hingga kering dengan handuk bersih. Hindari menggosok kulit Anda karena dapat menyebabkan iritasi.Membersihkan muka secara teratur sangat penting untuk menjaga kulit agar bebas dari bakteri dan noda. Namun jika Anda memiliki kulit sensitif, berhati-hatilah dan jangan membersihkan terlalu sering karena dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan.

2.Gunakan pembersih wajah yang lembut

Pembersih wajah yang lembut dapat membantu menghilangkan minyak berlebih, keringat, dan bakteri. Hindari pembersih yang mengandung alkohol atau parfum. Bahan-bahan ini dapat menyebabkan iritasi dan memperlama penyembuhan gejala maskne.

Jika maskne yang Anda alami agak parah, cobalah pembersih wajah yang mengandung benzoyl peroxide atau asam salisilat. Namun jika Anda memiliki kulit sensitif, tanyakan kepada dokter atau dokter kulit tentang jenis pembersih wajah terbaik untuk kulit Anda.

3.Gunakan pelembab sebelum memakai masker

Setelah mencuci muka, oleskan pelembab sebelum memakai masker untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Pelembap juga bisa menjadi pelindung antara kulit dan masker. Anda juga perlu mengaplikasikan pelembab secara rutin di pagi hari sebelum beraktivitas dan di malam hari menjelang tidur. Dan pastikan memilih pelembab dengan formula ringan yang diperkaya dengan vitamin untuk menjaga kulit Anda tetap sehat.

4.Lindungi area jerawat dengan acne-patch

Penggunaan masker saat wajah berjerawat bisa memperparah kondisinya. Sebab, gesekan masker antara dengan kulit yang berjerawat akan berpotensi menimbulkan iritasi dan peradangan. Untuk mengatasinya, Anda bisa memakai acne-patch atau pimple patch. Yaitu semacam stiker pelapis yang berfungsi untuk melindungi area jerawat dari gesekan masker.

5.Pakai masker yang bersih dan lepaskan masker setiap 4 jam

Untuk menghindari timbulnya maskne, sangat penting untuk selalu memakai masker yang bersih. Baik masker sekali pakai atau masker yang dapat digunakan kembali, pastikan mengganti atau mencucinya setelah setiap penggunaan. Penggunaan masker yang bersih akan dapat menghindari penumpukan bakteri yang bersentuhan dengan kulit Anda dan mencegah berjerawat.

Para dermatologist banyak merekomendasikan untuk melepas masker selama 15 menit setiap 4 jam. Langkah ini akan membantu membuat kulit Anda bernapas. Namun perlu diingat bahwa Anda hanya boleh melepas masker jika Anda berada di dalam rumah atau ketika Anda bisa menjaga jarak secara fisik dengan orang lain.

Demikian 5 skincare tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi maskne. Pada intinya, selalu bersihkan wajah dan tangan secara teratur untuk mencegah timbulnya maskne. Namun tidak hanya wajah dan tangan saja yang perlu diperhatikan, rencana mengatur kehamilan pun perlu diperhatikan selama pandemi.

Bijaklah dalam merencanakan kehamilan dengan pil KB Elzsa yang sudah teruji memiliki tingkat efektivitas hampir 99%. Keunggulan Elzsa adalah tidak menyebabkan efek samping berbahaya bahkan membantu merawat kulit dari dalam. Kombinasi cyproterone acetate (hormon progesteron) dan ethinylestradiol (hormon estrogen) membantu menjaga kestabilan hormon dalam tubuh sehingga kulit terlihat lebih sehat, bebas jerawat, glowing, dan awet muda.