5 Tips Pintar Belanja Kebutuhan Sehari-hari di Masa Pandemi

Menjalani social distancing selama masa pandemi Covid-19 bukan berarti tidak bisa pergi ke luar rumah untuk belanja bahan makanan segar.

Tidak terasa mungkin sudah lebih dari dua bulan kita menjalani physical distancing dan self quarantine akibat pandemi Coronavirus. Jika dulu setiap saat kita bisa pergi ke mal, sekarang harus dibatasi agar bisa memutus virus Covid-19.

Belum lagi adanya aturan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) yang mungkin membuat Moms semakin malas pergi ke luar rumah. Lalu, bagaimana cara memenuhi kebutuhan sehari-hari di masa pandemi? Tenang, ikuti 5 langkah pintar belanja berikut ini.

Buat jadwal Inti PSBB tentunya untuk mencegah semakin banyak orang terpapar virus Corona. Oleh karena itu, diperlukan kerja sama dari semua orang untuk menaati anjuran pemerintah untuk menjaga jarak dan tertib. Apabila tidak ada tukang sayur yang lewat di depan rumah, apa boleh buat mungkin Anda harus meninggalkan rumah untuk berbelanja.

Nah, untuk sementara hindari tempat belanja yang terlalu ramai dengan kemungkinan kontak carrier meningkat. Tahu sendiri, kan, virus menular lewat droplets (cairan) saat seseorang batuk atau bersin.

Oleh karena itu, pergilah hanya ketika benar-benar diperlukan. Anda bisa membuat jadwal dua minggu sekali, misalnya, untuk membeli bahan belanjaan yang bisa distok untuk sementara waktu.

Persiapan khusus Jangan lupa memakai masker untuk menutupi mulut dan hidung saat bepergian ke luar rumah. Kenakan pula baju dan celana panjang untuk meminimalisasi kontak fisik meskipun sudah ada anjuran jaga jarak setidaknya 1,8 - 2 meter.

Sediakan selalu tisu, tisu basah, dan hand sanitizer di dalam tas yang dibawa. Tisu tersebut berguna untuk mengelap keranjang atau kereta trolley di supermarket. Kalau perlu Moms juga bisa memakai sarung tangan agar lebih aman saat memilih barang.

Soal pembayaran, nih, rasanya lebih aman jika cashless, alias menggunakan dompet digital maupun kartu debit. Dengan begitu Anda tidak perlu memegang kembalian yang tidak jelas berasal dari mana dan menghindarkan diri dari terpapar virus.

Tidak berlama-lama Mentang-mentang bisa bebas sejenak untuk pergi ke luar rumah jadi berlama-lama belanja? Wah, salah banget! Justru Anda harus tetap tertib saat belanja kebutuhan sehari-hari selama pandemi. Oleh karena itu, penting menyiapkan daftar belanjaan agar hemat waktu dan tenaga.

Hindari keramaian dan jangan sering-sering menyentuh wajah! Jika membutuhkan bantuan, maka Moms bisa bertanya kepada penjaga toko dan terus menjaga jarak sesuai anjuran--bahkan ketika mengantre di kasir.

Hindari mengambil barang berulang kali jika memang tidak berniat membelinya. Ingat, orang-orang sebelum Anda juga mungkin sudah melakukannya sehingga benda yang dipajang pasti dipenuhi kuman, bakteri, maupun virus!

Cuci tangan Salah satu cara penting untuk mencegah penyebaran virus Corona yaitu dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun secara rutin selama 20 detik agar bakteri dan kuman mati. Untungnya sekarang mulai banyak pusat perbelanjaan yang menyediakan tempat cuci tangan dadakan sebelum pengunjung masuk ke dalam gedung perbelanjaan.

Jika tidak ada, Moms bisa pergi ke toilet untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah berbelanja. Ketika tiba di rumah juga segera buka sarung tangan lalu cuci tangan hingga bersih sebelum membongkar belanjaan. Penggunaan hand sanitizer dengan kandungan 60%-95% alkohol ampuh untuk membunuh kuman dan bakteri dari permukaan tangan.

Bongkar belanjaan Letakkan dulu belanjaan di halaman luar rumah untuk disterilisasi sebelum disimpan di lemari stok makanan. Anggaplah semua belanjaan yang Anda bawa ke rumah dipenuhi virus sehingga jangan sampai ikut ke dalam rumah!

Dilansir dari artikel Health.ClevelandClinic.com, Frank Esper, MD, menyebutkan tidak perlu khawatir berlebihan terhadap barang belanjaan yang dibeli karena tidak ada kasus infeksi Corona akibat menyentuh belanjaan.

Namun, untuk berjaga-jaga, nih, Anda bisa mengelap permukaan barang-barang belanjaan yang sudah disemprot cairan disinfektan, sementara untuk sayur dan buah bisa direndam di dalam baskom berisi air. Setelahnya masukkan barang belanjaan ke kulkas maupun lemari penyimpanan.

Jangan lupa mencuci tangan kembali, ya, Moms!