5 Pilihan Menu Sarapan Enak Tanpa Harus Batal Diet

Anda dianjurkan untuk segera melakukan makan pagi paling lama 2 jam setelah bangun tidur. Sarapan yang sehat memiliki kandungan kalori yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Makan pagi dapat membantu mengisi glukosa yang hilang setelah tidur malam tanpa makan.

Glukosa memiliki manfaat untuk memberikan energi, kemampuan untuk berkonsentrasi serta nutrisi penting lain yang diperlukan oleh tubuh. Sayangnya, masih banyak orang yang melewatkan sarapan karena takut berakibat buruk pada berat badan. Anda tidak perlu takut, karena saat ini terdapat berbagai menu sarapan yang lezat dan sehat tanpa perlu menggagalkan diet. Simak inspirasinya di bawah ini.

Telur

Telur memiliki kandungan protein, vitamin dan mineral penting, seperti selenium yang diperlukan oleh tubuh. Pada intinya, telur dapat menjadi sumber nutrisi yang baik untuk dikonsumsi pada pagi hari. Makan telur saat sarapan dapat membantu meningkatkan rasa kenyang sehingga akan membuat Anda mengurangi asupan kalori pada waktu makan berikutnya. Mengonsumsi telur juga memiliki manfaat untuk menjaga kestabilan kadar gula darah dan insulin. Sebagai menu makan pagi, Anda dapat membuat telur mata sapi, omelet, telur rebus hingga menu seperti egg benedict yang sering dijumpai di restoran-restoran. Jika Anda ingin menu telur yang lebih mengenyangkan namun tidak menggemukkan, buatlah sandwich isi telur menggunakan roti gandum, tambahkan sayuran, seperti selada, tomat dan timun sebagai isian lain.

Oatmeal

Pilihan lain sarapan sehat tanpa harus mengorbankan berat badan adalah oatmeal. Terbuat dari oat yang telah digiling dan memiliki serat dan protein yang tinggi namun rendah kalori. Anda yang sedang menjalani program diet dapat menyantap oatmeal sebagai menu makan pagi karena dua nutrisi yang dimilikinya membantu mengendalikan nafsu makan dan berat badan. Selain itu, oat juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah. Anda dapat mengolah oat sebagai menu sarapan dengan cara memasak 200gram oatmeal. Setelah itu, Anda dapat menambahkan buah-buahan seperti stroberi, pisang dan alpukat. Jika Anda menyukai kacang almond dan irisan kelapa kering dapat ditambahkan.

Buah-buahan

Buah dapat menjadi sarapan yang mengenyangkan bagi Anda karena tingginya serat dan kandungan air yang dimiliki. Rasa segar dan manis yang dimiliki oleh buah dapat membantu membangkitkan mood ketika dikonsumsi di pagi hari. Kandungan nutrisi pada ragam buah beri (stroberi, blueberry, raspberry, dan blackberry) kaya akan antioksidan, kandungan gula yang lebih rendah dibandingkan buah lainnya dan tinggi serat. Berbagai buah yang dapat menjadi pilihan untuk santap pagi, adalah pisang (memiliki serat yang membuat Anda kenyang lebih lama) dan kiwi (mengandung pektin yang membantu menurunkan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang). Sajikan buah-buahan yang akan disantap pagi dengan keju, telur atau sebagai tambahan pada Greek yoghurt sebagai menu sarapan yang seimbang.

Smoothies

Membuat smoothies di pagi hari dapat menjadi alternatif sarapan bagi Anda yang tidak mempunyai banyak waktu. Smoothies dapat dibuat dengan mudah, cepat serta mengenyangkan dan menyehatkan. Anda pun dapat menyesuaikan bahan-bahan pembuatnya sesuai keinginan. Menambahkan sayuran dan buah-buahan yang rendah kalori dapat menambah asupan serat sehingga membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Jika Anda bosan dengan buah atau sayur, tambahkan berbagai jenis kacang-kacangan, biji-bijian dan bubuk protein (protein powder) ke dalam smoothies Anda. Resep smoothies yang dapat Anda coba pada pagi hari adalah dengan memasukkan ke blender 220ml susu rendah lemak (dapat diganti dengan susu almond), 2 genggam bayam yang telah dicuci bersih, 2 sendok makan chia seed dan 1 buah pisang matang beku yang telah dipotong-potong. Setelah semua bahan tercampur, hidangkan ke gelas dan siap untuk Anda minum.

Greek yoghurt

Greek yoghurt memiliki tekstur creamy dan menyegarkan. Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan dapat menjatuhkan pilihan pada Greek yoghurt. Terbuat dari whey yang telah disaring, ditambahkan dadih susu, sehingga yoghurt yang dihasilkan menjadi lebih creamy dengan protein yang lebih terkonsentrasi. Protein pada Greek yoghurt dapat membantu mengurangi rasa lapar serta memiliki efek peningkatan laju metabolisme yang lebih tinggi setelah makan (efek termal) daripada yang ada pada lemak ataupun karbohidrat. Beberapa jenis Greek yoghurt merupakan sumber probiotik seperti Bifidobacteria yang baik. Fungsinya adalah untuk menjaga usus tetap sehat. Anda dapat memakan Greek yoghurt di pagi hari secara langsung tanpa tambahan apapun. Agar lebih menarik tambahkan potongan buah, kacang-kacangan dan chia seed.

Memiliki gaya hidup sehat menjadi keinginan banyak orang karena berbagai keuntungan yang didapat. Tubuh menjadi terhindar dari penyakit, kulit yang lebih lembap dan sebagainya. Jangan khawatir apabila Anda sedang berdiet, namun mengonsumsi pil KB. Elzsa adalah pil KB yang dapat membantu menjaga berat badan Anda agar tetap stabil. Selain itu, pil KB ini juga dapat memperbaiki tekstur kulit wajah, sehingga menjadi lebih halus. Jadi, beralihlah ke Elzsa sekarang.