5 Perawatan Wajah Ini Akan Memecahkan Masalah Anda

Bagi sebagian besar wanita, memiliki kulit wajah sehat dan bersih merupakan hal yang diidam-idamkan. Ini karena kulit wajah yang bebas dari masalah dianggap bisa menunjang penampilan seseorang. Sehingga tidak heran jika banyak orang terutama kaum perempuan yang rutin melakukan perawatan wajah demi menjaga kesehatan kulitnya.

Karena saking banyaknya jenis perawatan wajah, mungkin membuat Anda bingung terkait treatment apa yang paling cocok untuk wajah Anda. Namun pada dasarnya, jenis perawatan wajah yang cocok untuk Anda adalah perawatan wajah yang fokus untuk membantu mengatasi masalah utama yang Anda hadapi. Misalnya masalah kulit berjerawat, kulit kering, kulit sensitif dan lain sebagainya.

Merawat kulit memang bukan sesuatu yang tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Jadi, mengetahui berbagai macam perawatan wajah akan mempermudah Anda memahami jenis perawatan apa yang sesuai bagi Anda. Berikut adalah 5 perawatan wajah yang bisa membantu memecahkan masalah Anda:

Botox

Perawatan wajah dengan botox adalah perawatan yang ditujukan untuk mengatasi masalah penuaan kulit. Perawatan ini menggunakan botulinum toxin yang disuntikkan ke bagian tubuh yang diinginkan. Bahan tersebut digunakan melumpuhkan atau mengurangi pergerakan otot-otot sehingga mampu merelaksasi otot wajah dan membuatnya lebih kencang. Dengan demikian akan dapat mencegah dan mengurangi kerutan di wajah, dan mendapatkan kesan kulit yang tampak muda.

Namun perawatan botox ini tidak boleh dilakukan sembarang dan harus ditangani oleh dokter yang kompeten dan profesional. Jika prosedur ini tidak dilakukan oleh ahlinya, dikhawatirkan akan terjadi efek samping antara lain ptosis (tidak bisa membuka mata), alis mata turun, hingga dapat menyebabkan wajah menjadi tidak simetris.

Terapi Laser

Terapi laser merupakan perawatan yang ditujukan untuk mengatasi berbagai masalah yang ada pada wajah dalam waktu cepat. Terapi laser merupakan prosedur menghilangkan lapisan kulit mati menggunakan sinar. Terapi ini berguna untuk mengangkat penyumbatan pori-pori, mengencangkan kulit wajah, mengurangi garis kerutan halus, mengatasi jerawat meradang, menghilangkan flek, dan mengatasi tanda lahir. Terapi ini memang relatif lebih sedikit efek sampingnya, tapi perlu juga Anda perhatikan yaitu rasa hangat pada kulit, kulit memerah, ataupun bengkak.

Chemical Peeling

Chemical peeling merupakan perawatan yang dilakukan untuk mengatasi masalah-masalah kulit seperti kulit kusam, berjerawat, dan terdapat bekas luka. Prosedur ini dilakukan dengan cara cara mengoleskan cairan kimia yang mengandung asam glikolat atau asam trikloroasetat pada kulit. Bahan tersebut akan membantu mengangkat sel kulit mati dengan cara mengelupas lapisan kulit terluar. Kulit baru akan terbentuk menggantikan lapisan kulit yang terkelupas. Efek samping perawatan ini adalah munculnya ruam kemerahan atau bekas hiperpigmentasi pada kulit.

Soothing Treatment

Soothing treatment merupakan perawatan wajah untuk mengatasi wajah sensitif. Perawatan ini biasanya dilakukan dengan menggunakan soothing gel sebagai masker, makeup remover, atau primer sebelum menggunakan kosmetik. Bahan-bahan umum yang biasa digunakan untuk soothing gel antara lain lidah buaya, nasi, teh hijau, dan bahan-bahan lainnya.Perawatan ini mampu melembabkan kulit, menenangkan kulit wajah yang kemerahan, mengurangi iritasi akibat makeup dan membantu mengatasi jerawat. Untuk menghindari terjadinya iritasi, pastikan Anda menggunakan soothing gel berbahan ramah dan tidak menimbulkan alergi pada kulit Anda.

Masker Wajah

Masker wajah merupakan bagian dari perawatan wajah yang sebaiknya Anda lakukan secara rutin yaitu 2-3 kali seminggu. Masker wajah dibuat dari berbagai bahan-bahan dan formula yang disesuaikan dengan masalah yang Anda hadapi. Misalnya, masker berbahan Avocado untuk kulit kering yang bertujuan membantu menghidrasi kulit. Bahan-bahan lain yang biasa digunakan untuk masker antara lain madu, teh hijau, tomat, mentimun dan lain sebagainya.

Itulah 5 jenis perawatan wajah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan kulit yang Anda hadapi. Intinya, bijaklah dalam memilih jenis perawatan dan sesuaikan dengan kondisi kulit atau permasalahan yang Anda hadapi. Intinya, kulit wajah yang sehat dan bersih tidak bisa didapatkan dalam sekejap melainkan membutuhkan perawatan rutin dan berkala.