5 Hal yang Harus Dilakukan untuk Melembabkan Bibir Kering dan Pecah-pecah

Bibir kering dan pecah-pecah jika dibiarkan terus akan mengganggu penampilan. Apalagi jika tingkat kekeringannya sudah parah sampai mengelupas dan berdarah, maka bisa mengganggu kesehatan Anda. Karena itulah, ada baiknya Anda menjaga kelembaban bibir agar selalu sehat. Bibir yang sehat tentunya akan lebih nyaman dan lebih menarik untuk dilihat.

Bibir kering dan pecah-pecah bisa disebabkan oleh beberapa faktor antara lain cuaca dingin, sering terkena paparan matahari langsung, kebiasaan buruk atau kondisi tubuh yang sedang mengalami penyakit tertentu. Untuk mengatasi kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah tersebut, berikut 5 hal yang harus Anda lakukan untuk mengatasinya dan mengembalikan kelembabannya:

Rutin menggunakan pelembab bibir (lip balm)

Bibir kering dan pecah-pecah menandakan kondisi bibir sedang kurang lembab. Untuk mengatasinya, Anda harus rutin menggunakan pelembab bibir untuk menjaga kesehatan bibir. Ini karena bibir tidak memiliki kelenjar minyak seperti kulit pada tubuh bagian lainnya sehingga perlu sering diberi 'pelumas' agar tetap lembab dan sehat.

Kulit di bibir juga jauh lebih tipis dan halus dibandingkan di kulit bagian tubuh lainnya. Sehingga membuat bibir yang terlalu sering terpapar matahari atau saat dalam kondisi udara dingin menjadi rentan terhadap kekeringan, pecah-pecah, dan mengelupas. Anda bisa menggunakan pelembab bibir yang mengandung bahan-bahan yang menenangkan dan melembabkan seperti petroleum jelly, lanolin, lilin lebah dan lain sebagainya. Jika Anda sedang beraktivitas di luar ruangan, gunakan pelembab bibir yang mengandung tabir surya untuk mencegah efek buruk paparan sinar matahari.

Bagi Anda yang memiliki sensitif, sebaiknya hindari produk kosmetik yang mengandung wewangian atau bahan kimia tertentu karena rentan mengandung alergen yang dapat memicu kambuhnya alergi. Hindari pula sering menggonta-ganti lipstick, terutama yang bersifat matte. Jenis lipstik ini dapat membuat bibir Anda semakin kering. Solusinya, Anda perlu menggunakan pelembab bibir setiap sebelum dan sesudah menggunakan lipstik.

Cobalah pengobatan alami

Selain rutin menggunakan pelembab bibir, anda bisa juga mencoba resep pengobatan alami untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Beberapa bahan alami yang bisa Anda coba antara lain yaitu gel lidah buaya, minyak kelapa, madu, mentimun, atau teh hijau. Usapkan bahan-bahan tadi ke bibir Anda untuk menenangkan, mengurangi peradangan, dan menghidrasi bibir. Manfaat bahan-bahan tersebut antara lain:

  • Gel lidah buaya mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan anti peradangan sehingga mampu menenangkan serta bisa merehidrasi kulit yang kering.
  • Minyak kelapa mampu mengurangi peradangan dan mengandung emolien yang dapat menenangkan dan melembutkan kulit.
  • Madu mengandung antioksidan yang berfungsi membantu mencegah infeksi berkembang saat kondisi bibir sangat kering atau pecah-pecah.
  • Mentimun mengandung vitamin dan mineral yang bisa memperbaiki penampilan bibir.
  • Teh hijau mengandung antioksidan, polifenol dan mineral yang bisa mengurangi peradangan.
  • Lakukan eksfoliasi

    Hindari menarik kulit bibir saat bibir mengelupas karena rentan membuat bibir berdarah. Sebaliknya, gunakan scrub bibir untuk mengangkat sel kulit mati. Saat ini, scrub bibir telah banyak tersedia di pasaran, namun Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan madu atau petroleum jelly yang dicampurkan dengan sedikit gula pasir. Bubuhkan scrub di bibir menggunakan jari, gosok secara perlahan, lalu aplikasikan pelembab bibir sesudahnya.

    Pastikan tubuh tetap terhidrasi

    Dehidrasi bisa menjadi salah satu penyebab utama bibir kering dan pecah-pecah. Karena itu, pastikan tubuh tetap terhidrasi agar bibir tetap lembab. Para ahli kesehatan merekomendasikan untuk minum cukup air minimal 8-10 gelas perhari. Imbangi dengan dengan konsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung serat dan cairan.

    Hindari menjilat bibir

    Saat bibir terasa kering, kadang secara refleks kita ingin menjilat bibir untuk membasahi dan melembabkannya. Namun cara tersebut ternyata malah akan memperburuk kondisi bibir Anda. Bibir yang basah oleh air ludah akan membuat penguapan semakin cepat, sehingga akan membuat bibir menjadi semakin kering.

    Demikian adalah hal-hal yang perlu dilakukan agar bibir kering dan pecah-pecah Anda tetap lembab dan sehat. Bagi Anda yang sedang mengkonsumsi pil kontrasepsi, bibir kering dan pecah-pecah kadang bisa muncul sebagai efek samping. Namun Anda tidak perlu khawatir hal tersebut terjadi jika menggunakan pil kontrasepsi Elzsa. Produk ini tanpa efek samping berbahaya bahkan bisa membuat kulit Anda lebih cerah dan lembut.