5 Fakta Seputar Pil KB yang Ternyata Bisa Membuat Kulit Mulus

Pil KB bisa jadi salah satu alat kontrasepsi yang praktis. Efektivitasnya dalam mencegah kehamilan jugacukup tinggi, bisa mencapai di atas 90 persen. Namun, tahukah Anda bahwa pil KB sebenarnya memilikibeberapa manfaat lain di luar fungsi utamanya untuk mencegah kehamilan. Setidaknya ada 5 faktaseputar pil KB yang menarik untuk diketahui, yaitu:

  • Membuat menstruasi lebih teraturKalau Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur, pil KB dapat membantu mengatasimasalah tersebut. Hormon dalam pil KB akan membantu menyeimbangkan hormon-hormon didalam tubuh yang akhirnya membuat siklus menstruasi menjadi lebih teratur.Bukan itu saja, efek samping lain dari pil KB bisa membantu menyamankan haid Anda. KalauAnda termasuk yang sering mengalami nyeri haid, pil KB dapat mengurangi efek tersebut.Hormon dalam pil KB akan membuat lapisan dinding rahim menjadi lebih tipis. Ini membuatketika luruh pada masa haid, darah yang keluar menjadi lebih sedikit karena dinding rahim yangdiluruhkan tidak terlalu tebal. Hal ini membuat nyeri haid berkurang atau malah hilang samasekali.
  • Menurunkan risiko penyakit tertentuKonsumsi pil KB secara teratur dapat membantu menurunkan risiko kanker tertentu. MenurutNational Cancer Institute, perempuan yang mengonsumsi pil KB mempunyai risiko 50% lebihrendah terkena kanker indung telur, 30% lebih rendah menderita kanker endometrium, dan 20%rendah terkena kanker usu besar. Pil KB juga dapat membantu mencegah anemia.
  • Membuat tulang lebih kuatPara peneliti dari Australia menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi pil KB mengalami peningkatan kepadatan tulang belakang, terutama pada lima tahun pertama penggunaan pil KB. “Ini adalah efek samping yang menarik dari penggunaan pil KB,” kata Julie Pasco, PhD., salah satu peneliti yang terlibat dalam riset tersebut.Namun, kita perlu ingat tujuan utama dari pil KB adalah untuk mencegah kehamilan. Tidakdisarankan mengonsumsi pil KB untuk tujuan meningkatkan kepadatan tulang.
  • Mengatasi PMSPMS (Premenstrual syndrome) yang sering menjangkiti perempuan adalah serangkaian gejalamenjelang haid yang biasanya membuat ketidaknyamanan fisik maupun mental bagi perempuan.Pil KB dapat membuat gejala-gejala ini terasa lebih ringan. Dapat mengurangi kemunculan singamenjelang haid.
  • Membuat kulit lebih indahSalah satu efek samping dari konsumsi pil KB adalah kulit yang lebih mulus, tanpa jerawat.Mengapa bisa demikian? Pil KB adalah alat kontrasepsi yang mengandung dua jenis hormon,yaitu estrogen dan progestin. Kedua hormon ini dapat membantu mengatasi jerawat hormonalyang mungkin mengganggu. Hasilnya kulit wajah lebih mulus tanpa gangguan jerawat hormonal.Anda mungkin terkejut sekaligus tergiur efek samping penggunaan pil KB yang ternyata punya banyakkeuntungan. Namun, Anda perlu ingat, ini adalah efek samping. Tujuan utama penggunaan pil KB adalahuntuk mencegah kehamilan. Jangan dibalik ya.