5 Cara Mudah Atur Jadwal Anak selama Sekolah di Rumah Saja

Akibat pandemi Covid-19 sejumlah sekolah ditutup untuk mencegah penyebaran virus. Banyak daerah pun memberlakukan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) sehingga aktivitas anak sekolah maupun karyawan difokuskan #dirumahaja.

Namun, terlalu lama di rumah kadang bikin anak malas untuk belajar. Agar jadwal si kecil tetap teratur maka tugas Moms untuk mendisiplinkannya. Berikut 5 cara mudah atur jadwal anak selama sekolah di rumah saja yang bisa Anda terapkan sesuai anjuran UNICEF.

Buat rutinitas Sudah bukan rahasia kalau mendisiplinkan anak-anak adalah dengan cara membuat rutinitas atau jadwal harian. Tujuannya agar si kecil tahu kapan waktu belajar dan bermain sekaligus melatih tanggung jawabnya.

Moms bisa membuat jadwal harian mendekati jadwal di sekolahnya, mulai pukul 07.00 hingga 13.00. Namun, bukan berarti jadwal tersebut ‘harga mati’ karena tetap harus fleksibel agar anak tidak merasa terbebani untuk menjalankannya. Yang penting target hari itu tercapai, ya.

Sering berdiskusi Berhubung pembelajaran di rumah bergantung pada orangtua, tentu saja Anda diharapkan mendampingi si kecil. Lakukan diskusi terbuka dengan anak soal pelajaran hari itu. Dukung anak untuk bertanya dan berpikir kritis tentang pelajarannya hari itu.

Bagaimana bila si kecil bertanya soal Coronavirus? Moms berkewajiban untuk menjawabnya dengan bahasa sesederhana mungkin. Jangan remehkan kecemasannya menghadapi pandemi Covid-19 ini dan ingatkan selalu menjaga kebersihan sebagai langkah pencegahan.

Praktikkan pelajaran Anda pasti juga menyadari bahwa membaca pelajaran saja sepanjang hari, tuh, sangat membosankan. Untuk itu, coba lakukan praktik yang berkaitan dengan pelajaran si kecil sesuai panduan dari guru atau wali kelasnya.

Sebagai contoh, nih, jika anak sedang mempelajari gravitasi maka Moms bisa mencarikan berbagai properti untuk menunjang pelajaran tersebut, misalnya bola, koin, atau buku untuk memberi gambaran soal daya tarik tersebut. Selain itu cari juga video menarik yang menunjang fun learning.

Cari latihan soal Agar membantu pemahaman si kecil terhadap pelajaran hari itu, ajak dia untuk mengerjakan soal bersama dari text book-nya. Jika tidak ada segera cari materi serupa via internet lalu minta anak mengerjakannya dalam 30 menit, misalnya.

Dengan begini anak tetap terbiasa untuk ‘merekam’ mata pelajarannya sehingga tidak sulit mempelajarinya kembali apabila ada kuis atau tes online dari gurunya. Dorong anak untuk mengerjakan tugas secara mandiri agar hasil belajarnya pun optimal.

Jam istirahat Sama halnya dengan kegiatan belajar-mengajar di sekolah, ya, anak butuh break setelah sesi belajar yang panjang. Apabila si kecil mulai belajar pukul 08.00 maka setelah dua jam Anda bisa mengajaknya break sejenak. Sediakan camilan sehat seperti buah kesukaannya yang membantu memberikan nutrisi dan membangun imun tubuh.

Demi kesehatan mentalnya, nih, sesekali izinkan anak buat menghubungi teman-teman sekelasnya melalui video call. Meski tidak bisa bertemu langsung menjaga interaksi dengan anak sebayanya akan membuat si kecil tetap bersemangat karena punya teman berbagi.

Simak juga obrolan seru mengenai anak belajar di rumah dengan sesama perempuan/moms di www.moth3ers.com/forum.