5 Cara Mencegah Penambahan Berat Badan Selama WFH

Di tengah pandemi virus Corona COVID-19 saat ini, bekerja dari rumah atau work from home (WFH) menjadi pilihan banyak pegawai. Meskipun langkah ini dinilai tindakan preventif agar tidak terinfeksi virus, namun berdiam diri di rumah membuat tubuh Anda berpotensi mengalami kenaikan berat badan.

Hal ini karena menghabiskan waktu di rumah saja gampang membuat orang bosan, kita menjadi lebih banyak mengkonsumsi camilan untuk mengusir rasa bosan. Apalagi ditambah dengan kurang gerak akan membuat lemak di tubuh akan semakin menumpuk.Lalu bagaimana caranya agar badan tetap sehat dan mencegah penambahan berat badan selama WFH? berikut kami rangkum 5 cara untuk menjaga berat badan meski sedang berdiam diri di rumah untuk WFH. Yuk disimak!

Mengatur jam makan

Cara pertama dalam menjaga berat badan selama WFH adalah dengan mengatur jam makan secara teratur. Rencanakan kapan, apa, dan berapa porsi makanan yang akan Anda konsumsi selama sehari tersebut. Usahakan untuk mempertahankan jadwal tersebut dan jadikan sebagai rutinitas. Hindari godaan untuk mengonsumsi junk food. Batasi juga konsumsi camilan tidak sehat seperti goreng-gorengan selama di rumah karena akan memperbesar peluang bertambahnya berat badan.

Cukup minum agar tetap terhidrasi

Penelitian menunjukkan bahwa orang akan makan lebih banyak jika tubuh mereka mengalami dehidrasi. Ini karena sinyal ketika tubuh dehidrasi mirip dengan sinyal rasa haus kelaparan. Agar Anda tetap mengkonsumsi makanan dalam porsi seimbang, Anda perlu memastikan tubuh Anda cukup cairan dan tetap terhidrasi. Namun Anda perlu menghindari minuman yang banyak mengandung gula atau minuman berkafein. Kelebihan gula dalam tubuh bisa berisiko menyebabkan penyakit serius. Sedangkan kandungan kafein dalam minuman bisa membuat Anda merasa cepat lelah dan kehabisan energi.

Konsumsi banyak buah dan sayur

Dalam memilih menu makanan, usahakan untuk lebih banyak menyediakan menu makan yang kaya akan sayuran seperti sayur sop, sayur bayam, dan sebagainya. Selain memiliki kandungan serat yang tinggi, sayuran juga memiliki nutrisi dan zat-zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Sementara untuk camilan, pilihlah buah-buahan segar atau kering. Anda juga bisa menjadikan salad sebagai camilan. Selain memiliki banyak manfaat, sayuran dan buah mampu mengganjal perut Anda tanpa risiko menambah berat badan.

Tetap rutin berolahraga

Meskipun berdiam diri di rumah saja, ini tidak boleh menjadi alasan bagi Anda untuk malas bergerak. Sempatkan untuk berolahraga secara rutin paling tidak 30 menit sehari selama di rumah. Anda bisa melakukan olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah seperti yoga, treadmill, senam aerobik, atau pilates. Melakukan olahraga ringan di rumah bisa membantu Anda membakar kalori dan lemak. Berolahraga juga bisa menambah energi serta meningkatkan imunitas alias daya tahan tubuh untuk menangkal radikal bebas dan serangan virus.

Istirahat cukup

Cara menjaga berat badan selama WFH selanjutnya adalah dengan beristirahat yang cukup. Usahakan Anda tidur dengan cukup di malam hari selama kurang lebih 6-8 jam. Hindari kebiasaan begadang, karena menurut penelitian begadang bisa mendorong seseorang untuk lebih banyak ngemil di malam hari sehingga berpotensi membuat berat badan bertambah.Berat badan bertambah biasanya bisa terjadi pada wanita yang sedang menjalani program pengaturan kehamilan dengan mengkonsumsi pil kontrasepsi. Sebab itu, tidak jarang membuat wanita enggan mengkonsumsi pil kontrasepsi. Namun hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda menggunakan pil kontrasepsi Elzsa. Produk ini diklaim aman digunakan tanpa efek samping, teruji secara klinis, bahkan memiliki manfaat menghaluskan kulit.