5 Cara Cepat dan Efektif untuk Terlihat Awet Muda Lebih Lama

Siapa sih yang tidak ingin terlihat awet muda? Sepertinya terlihat awet muda merupakan keinginan banyak orang. Maka itu tidak jarang ada yang rela melakukan treatment mahal demi terlihat jauh lebih muda dari usia sebenarnya. Lalu seperti apa sih tips agar awet muda yang benar-benar ampuh?

5 Cara Cepat dan Efektif untuk Terlihat Awet Muda Lebih Lama

Para pakar kesehatan banyak berpendapat bahwa tips awet muda untuk menunda proses penuaan adalah dengan selalu menjaga kesehatan dari luar dan dalam, yaitu merawat tubuh dan pikiran. Komitmen ini harus dilakukan secara disiplin selama bertahun-tahun sehingga akan dapat terlihat hasilnya. Berikut 5 cara dan efektif yang bisa Anda lakukan agar terlihat awet muda lebih lama:

Membersihkan Kulit Rutin Setiap Hari

Membersihkan kulit secara rutin merupakan tips pertama untuk terlihat awet muda. Hal ini penting dilakukan untuk membersihkan pori-pori dari sisa-sisa produk kecantikan, makeup, polutan yang menempel, dan minyak berlebih. Jika wajah tidak dibersihkan, maka akan terjadi penyumbatan pori-pori kulit serta akan menghambat proses regenerasi sel kulit. Jadi, jangan lupa untuk membersihkan wajah dua kali sehari pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Setelah wajah bersih, baru Anda bisa memulaskan produk-produk perawatan lainnya seperti pelembab, krem anti-aging, serum dan produk lainnya.

Melakukan Eksfoliasi

Tidak hanya membersihkan kulit saja, Anda perlu juga melakukan eksfoliasi secara teratur. Eksfoliasi berguna untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan meremajakan kulit wajah. Dengan demikian, kulit akan terhindari dari munculnya flek, rona kusam, dan warna kulit tidak merata. Namun kegiatan ini tidak boleh dilakukan sering-sering. Lakukan eksfoliasi ini secara teratur, yaitu dua kali dalam seminggu dengan menggunakan pembersih berbahan scrub. Anda juga menggunakan eksfoliator berbahan kimia yang memiliki kandungan alpha-hydroxy acids (AHA) seperti glycolic acid dan lactic acid.

Rutin Menggunakan Pelembab

Tips selanjutnya adalah menggunakan pelembab secara rutin. Fungsi pelembab adalah untuk menjaga tingkat kelembaban kulit dan menghindari dehidrasi pada kulit. Kulit yang dehidrasi atau kering akan memunculkan garis halus di kulit sehingga membuat wajah tampak lebih tua. Aplikasikan pelembab atau moisturizer sebelum menggunakan makeup atau sebelum beranjak tidur. Bahan-bahan yang direkomendasikan dalam pelembab antara lain gliserin dan hyaluronic acid yang bisa menahan cairan di lapisan kulit. Sementara pelembab yang mengandung petrolatum bisa menjaga kelembaban supaya tidak cepat menguap.

Mengaplikasikan Serum

Selain pelembab, Anda bisa mengaplikasikan serum untuk membantu menjaga kelembaban kulit, melancarkan regenerasi kulit efektif, dan membantu menyamarkan tanda-tanda awal penuaan. Serum ini biasanya digunakan sebelum pelembab dengan cara menuangkan 2-3 tetes pada telapak tangan, kemudian memijat atau menepuk-nepuk pada kulit hingga meresap. Pilihlah serum yang memiliki fungsi anti-aging yaitu adalah turunan vitamin A yang disebut retinoid (retinol, tretinoin, dan tazarotene) atau Vitamin C (L-ascorbic acid dan magnesium ascorbyl phosphate). Fungsi Vitamin A untuk kulit adalah untuk melindungi kulit dari stres, sedangkan Vitamin C berguna untuk merangsang kulit untuk memproduksi kolagen.

Memakai Tabir Surya

Tips agar awet muda berikutnya adalah memakai tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Tentunya Anda sudah mengetahui bahwa kulit yang sering terpapar sinar matahari akan lebih berisiko muncul flek-flek hitam, kerutan, hingga hingga risiko terkena penyakit kanker kulit. Untuk menghindarinya, maka cegahlah hal tersebut dengan rutin memakai tabir surya setiap hari apalagi jika Anda sedang beraktivitas di luar ruangan. Gunakan tabir surya dengan perlindungan minimal SPF 20. Jangan lupa untuk mengaplikasikan ulang tabir surya setiap dua jam jika Anda beraktivitas di luar ruangan.

Munculnya keriput dan masalah pada kulit bisa juga disebabkan oleh penggunaan pil kontrasepsi yang tidak tepat. Tidak jarang hal itu membuat wanita enggan mengkonsumsi pil kontrasepsi. Padahal pil kontrasepsi sangat dibutuhkan untuk mengatur jarak kehamilan. Namun hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda menggunakan pil kontrasepsi Elzsa. Produk ini diklaim aman digunakan tanpa efek samping, teruji secara klinis, bahkan memiliki manfaat menghaluskan kulit sehingga wajah terlihat lebih muda. Lakukan kelima tips di atas secara rutin untuk membantu Anda mendapatkan kulit yang terkesan muda meski usia terus beranjak tua. Semoga bermanfaat.