5 Cara Alami untuk Atasi Nyeri Haid

Bagi beberapa perempuan nyeri haid yang datang bersama tamu bulanan bisa menjadi momok yang menyebalkan. Sakitnya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Beberapa orang bahkan sampai tidak mampu beraktivitas sama sekali. Kalau Anda salah satu yang mengalami nyeri haid setiap bulannya, berikut ini ada 5 cara untuk mengatasi nyeri haid yang bisa dicoba:

  • Kompres hangat
  • Salah satu cara alami yang dapat meredakan nyeri haid adalah kompres hangat. Rahim adalah otot, jadi apapun yang dapat meredakan nyeri otot, dapat juga dilakukan untuk meredakan nyeri haid. Salah satunya dengan menggunakan kompres hangat.

    Sebuah riset yang dipublikasikan dalam Evidence-Based Nursing menemukan bahwa menghangatkan perut sama efektifnya dengan Ibuprofen untuk meredakan nyeri haid. Temuan serupa juga ditulis dalam sebuah ulasan yang dimuat di The Journal of Physiotherapy pada Maret 2014. 

    Letakkan botol berisi air hangat di atas perut Anda. Lakukan hal ini sambil berbaring. Hal ini akan membantu Anda rileks. Biasanya berangsur-angsur nyeri haid akan berkurang. 

  • Mengoleskan minyak esensial
  • Minyak esensial tertentu dapat membantu meredakan rasa nyeri saat datang bulan. Beberapa minyak esensial yang dapat membantu mengurangi nyeri haid, antara lain lavender, clary sage, dan marjoram. 

    Oleskan minyak esensial di bagian perut bawah. Anda bisa juga memijit lembut bagian tersebut. Paduan minyak esensial dan pijitan tersebut dapat membantu meredakan nyeri haid yang Anda rasakan. 

    Namun, pastikan memilih produk minyak esensial yang berkualitas. Bila Anda termasuk orang yang mempunyai kulit sensitif, ada baiknya mencampur minyak esensial tersebut dengan carrier oil atau unscented cream untuk menghindari iritasi. 

  • Meminum teh herbal
  • Selama berabad-abad teh telah digunakan oleh banyak perempuan di dunia untuk membantu meredakan nyeri haid. Beberapa jenis teh diyakini dapat membantu meringankan nyeri haid, seperti teh chamomile dan peppermint. Kedua jenis teh ini seringkali direkomendasikan untuk membantu mengurangi nyeri haid, karena efek teh ini yang dapat membuat tubuh lebih tenang dan rileks. Teh lain yang juga dapat meringankan nyeri haid adalah jahe dan fennel.

  • Melakukan gerakan yoga
  • Beberapa gerakan yoga dapat membantu tubuh merasa lebih rileks. Hal tersebut juga dapat meredakan nyeri haid. Hal ini juga dibuktikan oleh riset yang dipublikasikan di Journal of Alternative and Complementary Medicine pada September 2016. 

    Anda bisa melakukan yoga ketika sedang haid untuk mengurangi nyeri haid. Namun, beberapa instruktur yoga menyarankan agar tidak melakukan pose-pose inversion selama sedang menstruasi, karena hal tersebut mungkin dapat mengganggu aliran darah haid Anda. 

  • Pil KB
  • Pil KB mungkin bukan termasuk obat pereda nyeri haid, namun ternyata secara tidak langsung dapat membantu meringankan nyeri haid. Pil KB yang mengandung hormon dapat mengurangi jumlah darah yang keluar saat haid. Jumlah darah yang lebih sedikit akan dengan sendirinya membuat nyeri haid berkurang. Ini mengapa pil KB dapat membantu perempuan mengurangi nyeri haid.

    Keuntungan lain mengonsumsi pil KB selain dapat secara tidak langsung mengurangi nyeri haid adalah siklus menstruasi yang menjadi lebih teratur. Kontrasepsi ini juga mempunyai efektivitas yang tinggi, bisa mencapai 99%.