5 Camilan Sehat untuk Anak selama di Rumah Saja

Sejak kasus pandemi Covid-19 terus meningkat pemerintah mengimbau agar kita membatasi aktivitas di luar rumah. Anjuran physical distancing dengan berada #diRumahAja bertujuan untuk memutus penularan virus. Oleh karena itu, anak-anak belajar di rumah sementara karyawan juga banyak yang bekerja dari rumah alias work from home (WFH). Nah, kalau sudah di rumah biasanya si kecil cenderung mencari camilan untuk menemani aktivitas belajar dan bermainnya. Memberikan snack kemasan tentu lebih mudah dan praktis, tetapi perlu diingat kalau kudapan semacam ini nilai gizinya hampir tidak ada sehingga tidak baik untuk kesehatan anak. Mumpung ada banyak waktu, mengapa tidak mengajak anak ke dapur dan membuat camilan bersama-sama? Meski lebih repot, tetapi Anda dapat mengontrol bahan-bahan yang digunakan sehingga tentunya camilan lebih sehat dan bergizi untuk si kecil. Aktivitas di dapur pun bisa menjadi selingan bagi anak dan menambah quality time bersamanya. Berikut beberapa camilan sehat untuk anak yang praktis dan mudah dibuat bersama selama di rumah.

  • Kreasi Roti Tawar Roti tawar biasanya jadi salah satu bahan makanan yang selalu ada di rumah. Jika biasanya roti tawar hanya dimakan menggunakan mentega dan selai saatnya disulap menjadi camilan sehat seperti membuat sandwich roti tawar. Cara membuatnya pun sangat mudah. Letakkan roti tawar kemudian tambahkan saus tomat dan mayones. Selanjutnya beri telur dadar dan keju serta sayuran seperti tomat dan selada segar. Tutup bagian atas dengan roti tawar lagi. Sandwich siap dinikmati! Anda juga bisa bereksperimen bersama si buah hati dengan membuat pizza roti tawar atau french toast dengan taburan buah-buah segar di atasnya. Yummy!
  • Salad Buah Berada di rumah pun asupan gizi harus tetap diperhatikan untuk menjaga imunitas tubuh. Camilan sehat untuk anak yang paling gampang dibuat yaitu berbahan dasar buah-buah. Biar si kecil nggak rewel, Anda bisa mengajak si kecil untuk memilih buah favoritnya untuk dijadikan salad buah. Caranya juga tidak susah karena tinggal potong-potong buah yang tersedia. Agar si kecil mendapatkan beragam manfaat setidaknya berikan 3-4 macam variasi buah di dalam salad. Terakhir, beri siraman yoghurt dan simpan sebentar di kulkas. Disajikan dalam kondisi dingin lebih enak!
  • Jasuke Jasuke atau jagung susu keju menjadi salah satu camilan orang dewasa maupun anak-anak yang paling sering dicari. Selain praktis membuatnya, bahan yang digunakan pun relatif mudah ditemukan. Jika suka rasa original, Anda tinggal mencampurkan jagung manis kukus dan susu kental manis saja. Namun, tak seru rasanya jika tak berkreasi bersama si kecil, kan? Ajak anak untuk menambahkan beragam topping seperti keju, cokelat, Milo, blueberry, chocochips, atau mayones. Dijamin sedap, deh…
  • French Fries Siapa yang tak suka dengan kudapan satu ini? Hampir di setiap kesempatan french fries atau kentang goreng selalu menjadi camilan favorit. Apalagi untuk membuatnya juga tak terlalu repot. Tinggal pilih mau menggunakan kentang atau singkong sebagai bahan french fries. Nah, biar lebih sehat Anda bisa menggunakan alat penggoreng tanpa minyak atau air fryer. Opsi lainnya adalah memanggang french fries menggunakan oven. Selanjutnya tinggal taburi french fries dengan bumbu sesuai selera. Anda juga bisa menambahkan french fries dengan potongan smoked beef serta saus keju supaya makin nikmat.
  • Berbagai Olahan Pisang Pisang juga jadi bahan pilihan yang mudah dikreasikan, lho. Sebut saja pisang goreng, pisang bakar, atau pisang rebus. Sudah mulai bosan dengan olahan yang itu-itu saja? Yuk, mari bereksperimen bersama si kecil. Salah satu camilan sehat untuk anak yang bisa Anda praktikkan adalah bolu pisang kukus. Dengan bahan yang cukup simpel semua anggota keluarga bisa menikmati kudapan yang sehat dan lezat. Masih ingin bereksplorasi, silakan menjajal membuat nugget pisang cokelat lumer atau banana split. Sepertinya enak, ya?