5 Beauty Routine Selama Ramadhan

Seperti telah diketahui bersama bahwa berpuasa terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun asupan cairan yang terbatas selama menjalankan ibadah puasa bisa menyebabkan tubuh kekurangan cair. Akibatnya bisa membuat kulit terlihat kusam dan kering.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan kulit selama berpuasa di bulan Ramadhan dengan tetap rutin melakukan skincare. Berikut adalah 5 beauty routine yang bisa dilakukan untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan segar selama berpuasa di bulan Ramadhan. Apa saja? Simak ulasan berikut!

1.Banyak minum air putih di malam hari

Selama berpuasa, konsumsi air minum otomatis berkurang dibanding biasanya. Namun, Anda sebaiknya tetap memenuhi kebutuhan air sebanyak 8 gelas setiap harinya. Untuk menyiasatinya, perbanyak minum air putih di malam hari apalagi saat berbuka puasa dan sahur. Jauhi konsumsi minuman yang mengandung soda dan kafein karena bisa menyebabkan tubuh mudah mengalami dehidrasi saat berpuasa.

2.Perhatikan asupan makanan saat berbuka dan sahur

Jangan lupa untuk memperhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuh kita. Pastikan tubuh tidak kekurangan vitamin dan mineral dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya vitamin A, B, dan C. Selain itu, utamakan menu berbuka dan sahur yang banyak mengandung air seperti sup dan masakan berkuah lainnya. Makanan bergizi dan mengandung banyak air akan membantu menjaga kulit dari dehidrasi sehingga terlihat sehat dan segar.

Tips bagi Anda yang sedang menjalani program KB, ada baiknya Anda memilih pil KB yang memiliki manfaat ganda. Tidak hanya untuk mencegah kehamilan, Pil KB Elzsa pun menawarkan sejumlah manfaat lain yaitu membantu mempercantik kulit sehingga kulit terlihat lebih sehat, bebas jerawat, glowing, dan awet muda.

3.Rutin menggunakan pelembab setiap hari

Untuk menjaga agar kulit agar tidak kering, kusam, apalagi sampai bersisik, maka skincare yang satu ini mesti Anda gunakan setiap hari. Pemakaian pelembab atau moisturizer akan membantu melembabkan kulit sehingga menghindari berbagai masalah kulit seperti kulit kering, kulit mengelupas, berminyak, jerawat, dan lain sebagainya.

Pilihlah jenis pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Untuk jenis kulit kering, pilihlah pelembab yang memiliki kandungan minyak atau susu sehingga bisa membantu mencegah kulit semakin kering. Sedangkan untuk kulit berminyak, pilihlah pelembab dengan formula ringan berbahan dasar air sehingga mudah diserap dan tidak menyebabkan jerawat atau komedo.

Di siang hari kondisi tubuh biasanya akan terasa lemah dan lesu. Biasanya kita akan membasuh wajah untuk menyegarkan wajah. Namun jika Anda sedang berada di luar rumah dan sibuk beraktivitas, menyemprotkan face mist bisa dijadikan sebagai alternatif. Selain menyegarkan wajah, face mist juga memiliki manfaat melembabkan kulit sehingga kulit akan terhindar dari kekeringan meskipun sedang berpuasa.

4.Gunakan masker wajah atau sheet mask 1-2 kali seminggu

Selain rutin menggunakan pelembab setiap hari, Anda perlu juga menggunakan masker wajah atau sheet mask 1-2 kali seminggu. Penggunaan masker wajah akan menutrisi kulit wajah secara lebih optimal. Essence yang terkandung dalam masker atau sheet mask memiliki banyak kegunaan mulai dari melembabkan, mencerahkan, menenangkan kulit dan berbagai manfaat lainnya. Pilihlah jenis masker atau sheet mask yang mengandung essence sesuai kebutuhan dan jenis kulit Anda.

5.Aplikasikan lip balm atau pelembab bibir sebelum tidur

Selain menjaga kelembaban kulit wajah, jangan lupa untuk memperhatikan kelembaban bibir juga. Hindari permukaan bibir kering dan mengelupas dengan cara mengaplikasikan lip balm atau pelembab bibir secara rutin sebelum tidur. Anda juga bisa mengoleskan madu sebagai pengganti lip balm.

Demikian ulasan mengenai beauty routine yang bisa Anda lakukan selama menjalankan puasa di bulan Ramadhan. Berpuasa tidak menjadi halangan untuk tetap merawat kulit agar segar dan glowing.