4 Hal yang Pantang Dilakukan Setelah Olahraga

Konsisten berolahraga memang baik untuk memelihara kesehatan dan membantu mencapai berat badan ideal. Tapi tahukah Moms, ada beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan setelah berolahraga yang membuat manfaat olahraga jadi berkurang. Ini beberapa di antaranya:

Melewatkan Sesi Pendinginan Sama seperti sesi pemanasan yang penting dilakukan sebelum olahraga, sesi pendinginan berupa latihan peregangan juga merupakan bagian dari tips olahraga sehat yang pantang diabaikan. Menurut lembaga American Council on Exercise, manfaat pendinginan dalam olahraga adalah untuk menghindari cedera dan nyeri yang kerap muncul sehabis olahraga. Caranya adalah dengan meningkatkan rentang gerak otot dan melancarkan pengeluaran asam laktat yang dihasilkan otot setelah berolahraga. Tumpukan asam laktat inilah yang menimbulkan keluhan lelah dan nyeri setelah olahraga.

Menunda Minum Air Putih Saat berolahraga, tubuh melakukan proses pembakaran kalori yang menghasilkan zat buangan berupa keringat. Karenanya, minum air putih setelah berolahraga amat penting untuk membantu mengembalikan cairan dan ion tubuh yang keluar bersama keringat. Kondisi dehidrasi setelah berolahraga bisa memunculkan keluhan tubuh lemas dan pandangan berkunang-kunang. Jumlah cairan yang perlu diminum setelah olahraga adalah sekitar 500-1000 mL untuk setiap satu jam olahraga, Moms. Semakin besar berat badan kita, semakin banyak pula jumlah air yang perlu diminum setelah berolahraga.

Langsung Makan Besar Setelah membakar kalori dengan berolahraga, jangan kira Anda bisa bebas melahap makanan dalam porsi besar setelahnya, Moms. Sebab, besar kemungkinan, jumlah kalori yang masuk justru jauh lebih besar dibandingkan jumlah kalori yang dibakar saat berolahraga. Kalau sudah begini, berat badan ideal akan sulit tercapai dan Anda jadi meragukan lagi apa manfaat olahraga. Untuk mengatasi rasa lapar, pilih jenis makanan yang mengandung protein dan karbohidrat dalam porsi secukupnya—misalnya sebatang energy bar, untuk mengembalikan energi dan memulihkan kondisi otot setelah berolahraga.

Tidak Langsung Ganti Baju Langsung mengganti baju begitu selesai olahraga bertujuan untuk meminimalkan waktu kulit terpapar pakaian yang lembap. Dalam kondisi lembap, pakaian merupakan tempat ideal untuk pertumbuhan jamur dan bakteri. Makanya, jangan heran bila punggung Anda sering mengalami masalah kulit mulai dari biang keringat, jerawat, panu, dan sebagainya, akibat sering tidak mengganti baju setelah selesai berolahraga. Memakai pakaian lembap dalam jangka waktu lama juga bisa meningkatkan risiko munculnya iritasi pada kulit.

Dengan menerapkan aturan olahraga yang benar, Anda akan bisa mendapatkan manfaat yang lebih besar dari rutinitas olahraga. Jangan lupa share tips ini kepada pasangan ya, Moms!