3 Cara Mudah untuk Jelaskan Virus Corona kepada Anak

Penyebaran virus Corona di Indonesia masih terus eksis dari hari ke hari. Topik mengenai Covid-19 ini pun mau tak mau menjadi obrolan hangat. Maklum pemberitaan media hingga imbauan physical distancing yang membuat kita harus #dirumahaja dampaknya sangat terasa.

Anak-anak, yang secara sengaja maupun tidak, ikut mendengarkan atau melihat informasi soal Corona pun, umumnya penasaran dan mulai bertanya kepada orangtua. Meski pengetahuan dan pemahaman si kecil masih terbatas bukan berarti pertanyaannya harus diabaikan.Justru orangtua wajib menjawabnya sebagai bagian dari edukasi.

Dengan memberikan pemahaman soal pandemi Corona, anak pun memiliki pengetahuan untuk menjaga diri serta waspada terhadap penularan virus. Selain itu memberikan penjelasan kepada anak juga akan mencegah mereka mengikuti informasi yang tidak benar atau hoaks. Jangan sampai anak keliru mendapatkan informasi untuk mencegah rasa bingung, takut, atau stres.

Nah, supaya lebih mudah dimengerti oleh si kecil, berikut beberapa cara untuk menjelaskan virus Corona kepada anak.

  • Beri Pemahaman sesuai Usia Anak Memberikan penjelasan kepada anak memang susah-susah gampang, apalagi jika si kecil tergolong usia balita. Itu sebabnya perlu pendekatan yang berbeda! Jelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak berbelit. Hindari juga penggunaan istilah-istilah yang tidak familiar. Jika anak sudah mengenal pilek mungkin Anda bisa memulainya dari sana. Pilihan lain untuk menjelaskan virus Corona adalah dengan menggunakan ilustrasi. Penjelasan secara visual ini bisa memudahkan anak untuk lebih memahami konteks.
  • Ada beberapa situs atau tayangan yang bisa digunakan sebagai referensi untuk memberi penjelasan mengenai virus Corona. Namun, jangan lupa untuk tetap mendampingi si buah hati saat menonton tayangan tersebut sambil sesekali memberikan penjelasan.

    Bila anak sudah masuk usia sekolah, orangtua juga bisa mengajak si kecil untuk berdiskusi, misalnya dengan memancing anak dengan pertanyaan seberapa kenal mereka dengan virus Corona terlebih dahulu.

  • Tetap Tenang saat Berbicara kepada Anak Saat menjelaskan kepada anak, nih, perhatikan juga nada atau intonasi suara yang Anda gunakan. Sebisa mungkin hindari penjelasan yang terkesan menakut-nakuti. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi tingkat stres anak dengan kondisi saat ini.
  • Cek juga bagaimana kondisi mental anak dengan mengamati cara berbicara anak atau bahasa tubuh mereka. Bantu anak untuk melewati masa-masa di rumah dengan aktivitas yang positif dan menyenangkan. Anda bisa mengajak si kecil untuk memasak bersama, membuat kerajinan tangan, atau menata ulang interior supaya kegiatan #dirumahaja tak membosankan.

  • Jelaskan dengan Memberi Contoh Selain memberikan pemahaman soal virus sendiri, jelaskan pula bagaimana cara mencegah penularan virus yaitu dengan menerapkan gaya hidup sehat. Nah, biar lebih mudah diingat, berikan contoh nyata atau secara langsung.
  • Misalnya saja, ajari anak untuk mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik, sebelum dan setelah makan, bermain, atau melakukan aktivitas lain di luar ruangan. Ajari pula anak anak agar tidak memegang wajah sebelum mencuci tangan.

    Untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, beri contoh juga kepada anak agar rajin mengonsumsi makanan bergizi, sayur-mayur, serta buah-buahan.

    Selain itu tunjukkan cara aman berpakaian jika suatu ketika anak harus berada di luar rumah. Mulai dari memakai masker, memberi jarak aman sekitar 2 meter dari orang lain, serta meminta anak menutup mulut dan hidung menggunakan siku bagian dalam saat bersin atau batuk.

    Informasi tersebut perlu diberikan pada anak untuk berjaga-jaga mengingat di luar sana banyak orang yang terlihat sehat atau tak menunjukkan gejala sakit, namun tetap berpotensi menularkan virus.