INSPIRING MOMS
OF THE MONTH

Sosok inspiring moms of the month
Tunggu sosok Mom of The Month Berikutnya

Mona Ratuliu

Pola Asuh Anak Sebagai Bagian dari Perencanaan Keluarga

Pada awalnya, Mona Ratuliu merasa ada kegagalan dalam mengasuh anak karena pengalaman yang dia alami bersama anak-anaknya. Akhirnya dia menyadari bahwa pola asuh anak adalah salah satu hal yang paling penting dalam berkeluarga. Untuk itu, Mona mendalaminya dengan mengikuti seminar, pelatihan, dan membaca buku mengenai pola asuh.

Setelah menerapkan pola asuh yang telah dipelajari, kini Mona memiliki hubungan yang lebih baik dengan anak-anaknya. Menurutnya, pengetahuan mengenai pola asuh anak yang dia pelajari menjadi salah satu bekal untuk membuat perencanaan keluarga yang lebih baik.


Bagi Mona, pola asuh anak menjadi salah satu perhatian utamanya karena semua tujuan berkeluarga menjadi lebih mudah untuk dicapai. Target jangka pendek dan target jangka panjang untuk pola asuh sudah direncanakan oleh Mona. Sebagai contoh, setelah anak-anaknya berumur 14 tahun, mereka sudah bisa membuat keputusan secara mandiri. Inilah mengapa menurutnya pola asuh dan interaksi dalam keluarga akan membentuk kepribadian anak.

Mona memberikan pendapat bahwa keluarga adalah support system yang paling utama. Berkat keluarga, semua tujuan yang ingin dicapai menjadi lebih mudah. Support system yang kedua tentunya adalah perencanaan keuangan. Sebuah hal yang juga menjadi tantangan.

“Arti keluarga sih buat aku kelas belajar yah. Maksudnya aku percaya bahwa love itu cuma pintu gerbang yang bikin kita jadi mau belajar,” ujar Mona saat menanggapi pertanyaan apa arti keluarga baginya.

“Kesulitan-kesulitan yang dihadapi bersama anak, setelah dipelajari jadi banyak hal baru yang berharga gitu buat aku. Begitu juga sama suami. Tidak mudah menyatukan dua visi dari dua orang yang berbeda. Proses dalam penyatuan visi itu tuh kelas belajar menurut aku. Belajar untuk menempatkan prioritas dalam hidup, dan mengesampingkan ego”, ujar Mona.

Menurut pengalaman Mona, ketika kita mencintai seseorang kita jadi mau belajar memahami, mengerti, memaklumi, dan hal-hal lain yang akan membuat kepribadian kita bertumbuh.

Anak-anak Mona yang kini beranjak besar menjadi prioritas utama dalam hidup Mona. Kegiatan sehari-harinya pun ia kurangi agar dapat mendampingi ketiga anaknya. Mona ingin bisa mengajarkan kepada anak-anaknya bahwa nilai yang  penting dalam hidup itu adalah berjuang.

“Yang seumur hidup berguna itu ya mandiri, bertanggung jawab, peduli, dan berjuang,” jelas Mona.

Ia pun menginginkan agar anak-anaknya mandiri. Artinya, anak-anak bukan cuma bisa melakukan semuanya sendiri, tapi bisa ambil keputusan sendiri dan mempertimbangkan risikonya. Sistem dan nilai tersebut diajarkan Mona agar anak-anak dapat berdiri di kaki sendiri nantinya.

Dalam mengasuh anak, pola komunikasi yang hangat dan terbuka juga diterapkan sehingga dapat terjalin dengan baik hingga mereka dewasa. Pengalaman-pengalaman dan ilmu pola asuh yang dimiliki Mona ini yang awalnya sering dibagikan melalui blog. Kini, ia merangkum semua pengalamannya dalam buku agar dapat menjadi masukan bagi orangtua lain.

Melalui buku “Digital ParenThink” yang dia susun dan terbitkan itu, Mona ingin membuktikan bahwa ilmu pola asuh dapat dipelajari juga oleh para orangtua, bukan hanya para pakar. Satu hal lainnya, Mona ingin membuat Ibu-Ibu semangat karena tiap orangtua pasti merasa ada fase gagal. Jadi, para orangtua, termasuk Mona sendiri, dapat memperbaiki kegagalan-kegagalan itu. Sebelumnya, Mona juga telah menerbitkan sebuah buku mengenai pola asuh anak dan mendapat tanggapan yang sama baiknya.

Keluarga Mona yang harmonis pun tak luput dari pembelajaran. Semua itu ia peroleh dari hasil usaha, perjuangan, dan merawat keluarga dengan baik. Membuat keluarga menjadi harmonis itu penuh tantangan karena sebuah keluarga itu bergerak terus. Bertambahnya usia pernikahan menuntut diperlukannya cara-cara baru agar kualitas hubungan dalam keluarga tetap terjaga dengan baik.

Untuk para Moms yang bekerja, Mona memberikan masukan agar para Moms tak boleh lupa untuk mengelola energinya dan beristirahat cukup. Ini bertujuan agar para Moms bisa memaksimalkan waktu dalam menjalankan tanggung jawab di dalam keluarga dan pekerjaan. Jadi, jangan lupa untuk beristirahat dan menyempatkan untuk menyegarkan diri melalui “me-time” ya, Moms.


Kembali ke atas
  • SHARE THIS POST