INSPIRING MOMS
OF THE MONTH

Sosok inspiring moms of the month
Tunggu sosok Mom of The Month Berikutnya

Kushandari Arfanidewi

Keluarga Adalah Tim

Dalam membagi waktunya, Kushandari Arfanidewi yang menjadi salah satu Inspiring Mothers Andalan, memiliki tips yang bisa diterapkan oleh Moms loh. Menurut wanita yang akrab disapa Ayi ini, seorang Ibu harus berani dan percaya untuk mendelegasikan pekerjaannya. Menurutnya ini perlu dilakukan karena tidak semua hal bisa dikerjakan sendiri. Akhirnya Ibu muda ini membentuk tim untuk pekerjaannya, karena dengan tanggung jawabnya sekarang, keluarga harus tetap menjadi prioritas. Begitu juga dengan mengurus rumah dan keluarga, ia selalu berpikir bahwa keluarganya adalah Tim yang saling membantu untuk menjalankan tugas-tugas keseharian.

Dimulai dari kegemarannya memasak sejak kecil, Kushandari Arfanidewi yang dikenal dengan  akun instagram @kelincitertidur, sering membagi karya resep-resep makanan sehatnya. Ayi akhirnya menemukan passionnya dalam bidang memasak dan mengembangkannya hingga kini ia serius menjadi content creator. Selain menjadi content creator, Ayi juga memiliki kesibukan lain sebagai konsultan untuk suatu brand makanan, dan kontributor di sebuah portal berita online. Kesibukannya ini mengharuskannya agar pandai membagi waktu.

 

Dalam mengurus anak, Ayi tidak selalu dapat menemaninya setiap saat. Sebisa mungkin waktu yang ia miliki bersama anak dan suami itu berkualitas, jadi tidak diharuskan selalu bersama-sama tapi tidak dapat mengerjakan sesuatu yang bermanfaat. Hal itu yang ingin ia ingatkan untuk para Moms agar bukan hanya work hard tapi seorang Ibu harus work smart.

 

Dengan passionnya dalam memasak, Ayi ingin agar anaknya yang bernama Nyala juga mengenal berbagai macam jenis makanan dan bahan makanan. Menurutnya, itu menjadi salah satu dasar agar nanti anaknya dapat mengenal hidup sehat. Pengetahuan seperti itu yang ingin Ayi tanamkan ke anaknya. Selain itu, Ayi mendidik anaknya agar suatu saat ilmunya dapat memberi manfaat bagi orang lain tapi tetap mempunyai ikatan yang kuat dengan orangtuanya. “Kalau mau usaha keras itu bukan untuk hebatnya kamu, tapi supaya kamu lebih bisa bermanfaat untuk lebih banyak orang lagi,” jelasnya.

Meski aktifitas sehari-sehari Ayi sering berhubungan langsung dengan dunia medsos, Ayi tetap memiliki keluarga dan teman yang selalu mendukungnya di dunia nyata. “Keluarga itu selalu menjadi tempat aku pulang, yang selalu menerima aku apa adanya.” Agar menjadi wanita karir yang tetap hangat kepada keluarga, Ayi memberi tips agar Moms selalu menjaga dirinya sendiri. “Take care of yourself first,” ujar Ayi. Pastikan diri Moms tetap sehat, bahagia, dan dikelilingi orang-orang yang memberi dampak positif. Dengan itu Moms dapat menata karir dan keluarga dengan baik.

Dalam membina sebuah keluarga, semua anggota keluarga harus kerja bersama-sama. Menurut Ayi, keluarga merupakan sebuah tim. Ayi pun mengganggap suaminya sebagai sahabat dimana ia bisa minta pertimbangan dalam pekerjaan. Mereka sering bertukar pendapat dan memberi saran satu sama lain mengenai pekerjaan dan saling berbagi inspirasi.

Hal itu yang mempermudah pembagian peran dalam mengasuh anak karena peran mereka dibuat setara. Mereka secara bergantian mengawasi dan merawat anak semata wayangnya Nyala, dengan porsi nya masing-masing. Karena kesetaraan itu dan mereka sama-sama bekerja, Ayi dan suaminya dapat saling menghargai satu sama lain.  Meski quality time yang mereka lakukan sehari-hari fleksibel seperti melalukan pekerjaan domestik bersama-sama, Ayi tetap meluangkan waktunya bersama Nyala paling tidak 2 jam setiap harinya seperti bermain, belajar, dan setiap malam bercerita dan berdoa bersama-sama. Ayi biasanya yang menemani Nyala belajar, sementara sang suami mendapat bagian menemani bermain.

Perencanaan keluarga bagi Ayi sangat penting karena ia menginginkan yang terbaik bagi keluarganya. Menurutnya kerja dan berumah tangga harus ada tujuannya. Hal itu dapat tercapai jika punya perencanaan yang baik. Karena suaminya adalah partner diskusi yang baik,  semua dapat dibicarakan dan direncanakan seperti perencanaan keuangan, perencanaan liburan, hingga pilihan berkontrasepsi. “Apapun itu harus dibicarakan terlebih dahulu,” ungkap Ayi. Dengan perencanaan keluarga yang baik, menurut Ayi, setiap pasangan dapat mengetahui tujuan-tujuan dalam hidup, sehingga bisa bersama-sama saling mendukung untuk meraihnya.


Kembali ke atas
  • SHARE THIS POST