INSPIRING MOMS
OF THE MONTH

Sosok inspiring moms of the month
Tunggu sosok Mom of The Month Berikutnya

Gianti Giadi

Dukungan Keluarga Modal Menuju Kesuksesan

Berawal dari dukungan orangtua, Gianti Giadi menekuni bidang tari sejak ia berumur 4 tahun. Mereka mendorong perempuan muda ini mengembangkan hobi menarinya karena melihat bakatnya dari kecil. Nilai-nilai itu yang akan dia terapkan pada anak-anaknya kelak. Apapun bakat dan hobi anak-anaknya nanti, perempuan muda ini akan memberikan dukungan dan arahannya.

Gianti Giadi, atau yang akrab dipanggil Gigi merupakan pendiri dari Gigi Art Of Dance, rumah seni dimana orang-orang dengan hobi yang sama berkumpul, berkolaborasi, sharing, bertukar pikiran  dan bereksperimen sambil berkarya.

Bagi Gigi, keluarga menjadi nomor satu karena semua yang telah diraihnya sekarang adalah berkat dukungan mereka. “They’re a big part of my life”, ujarnya.

Karena keluarga inti Gigi juga ikut bekerja dengannya, maka quality time mereka seringkali berlangsung pada saat pementasan tari. Meskipun, berkumpul dan jalan-jalan di hari Minggu juga telah menjadi kebiasaan khas keluarga Gigi. Hari yang spesial ini menurut Gigi dapat ditiru Moms untuk menyediakan waktu yang khusus bagi keluarga.

Gigi memiliki prinsip bahwa supaya keluarga tetap harmonis mereka harus saling berbuat baik. “Just be good to each other, karena perkataan, perbuatan itu kan yang paling penting,” tutur Gigi.

Meski tinggal berdekatan dengan Ibu dan saudara-saudarabnya, Gigi tinggal berjauhan dengan suaminya yang bekerja dan menetap di Singapura. Hal itu memiliki tantangan tersendiri bagi Gigi karena harus bisa membagi waktu kerjanya dengan suaminya.

Setiap akhir pekan, ia mengunjungi suaminya yang berprofesi sama dengannya, yaitu sebagai koreografer, pengajar, dan stage director. Hal ini harus dilakukan Gigi karena dia tidak bisa begitu saja meninggalkan karirnya yang telah dirintis sejak 10 tahun yang lalu.

Menurut Gigi, semua harus balance antara karir dan hubungan dengan keluarganya.  Suaminya pun sangat mendukung karir Gigi karena sama-sama mengerti dan mengetahui perjuangan Gigi hingga ia menjadi seperti sekarang ini.

“Selain mengurus keluarga, seorang Ibu juga tak boleh lupa untuk memikirkan dan mengurus dirinya sendiri,” ujar Gigi.

Hasil dari karir Gigi yang maju membuatnya menerima beberapa penghargaan, namun prestasi terbesarnya adalah bisa mempertahankan rumah seni yang ia bangun sehingga menjadi sebuah Youth Development Center. Alasannya, prestasi itu bukan hanya untuk dirinya tapi juga memberi dampak yang bagus untuk orang banyak.

Gigi selalu membuat perencanaan dalam hidupnya. Hal yang sama akan dia terapkan dalam membangun kehidupan rumah tangganya. Perencanaan keluarga yang sudah Gigi persiapkan antara lain perencanaan finansial dan kapan akan memiliki anak. Perencanaan keluarga sangat penting karena Gigi tidak nyaman jika tidak mengetahui apa yang akan terjadi.

Karena itu, Gigi telah berencana akan mengikuti suami jika telah memiliki anak karena pekerjaannya lebih fleksibel. DI negara tempat suaminya bekerja, tunjangan yang diberikan juga lebih jelas. Selain dua hal tadi, rencana itu akan diambil agar pembagian peran dalam mengurus keluarga dapat terwujud. Namun, semua itu tetap melihat kondisi, dan jika sudah settle mereka akan kembali pindah ke Jakarta.

Untuk Gigi, keluarga dan karir merupakan satu kesatuan, jika nanti Gigi memiliki anak, ia tidak mau terpisahkan waktunya dari anak. Sebisa mungkin ia akan mengajak anaknya ke tempatnya bekerja dan sekaligus menjelaskan pekerjaan yang dia tekuni sekarang. Dia kembali menekankan, bahwa dia ingin anaknya merasakan dukungan darinya untuk apa pun yang akan mereka tekuni nanti sebesar dukungan yang dia terima selama ini dari keluarganya.

Semua perencanaan harus saling berkaitan dengan baik. Gigi juga memberi masukan kepada Ibu-Ibu pekerja dalam melakukan perencanaan agar membangun komunikasi yang terbuka, dan fleksibel. Kedua pihak juga harus sama-sama nyaman dengan pasangannya.

Cara mewujudkan perencanaan itu harus komitmen dan dikerjakan apa yang sudah disepakati. Jika ada hal-hal yang diluar dugaan, rencana yang lain harus segera dibuat. Nah, apakah perencanaan keluarga Moms sendiri sudah terwujudkan dengan baik? Semoga tidak banyak halangan dan dapat dilaksanakan dengan baik ya, Moms.


Kembali ke atas
  • SHARE THIS POST