Sahabat Inspirasi

Sahabat Inspirasi

Card image
Risca Ayu Maranita

Halo, perkenalkan nama saya Risca Ayu Maranita. Biasa dipanggil dengan nama Risca. Seorang Ibu muda yang berusia 25 tahun. Menikah di usia muda menjadi pilihan saat itu. Sehingga kini, saya telah memiliki putri kecil berusia 3 tahun, bernama Nadine Amira Wiyata.

Menjadi seorang ibu muda, membuat saya memiliki tantangan tersendiri. Sebagai seorang muda, pastilah saya memiliki keegoisan dan belum begitu “matang” berpikir. Tak seperti lainnya, saya tidak mengeyam pendidikan di perguruan tinggi karena orang tua saya tak cukup mampu untuk mengirim saya kesana. Saya harus puas dengan menjadi lulusan SMA. Namun hal ini tak membuat saya patah arang dan menyerah pada keadaan.

Sebagai wanita yang memiliki obsesi tinggi terhadap keberhasilan dan memiliki cita-cita tinggi, meskipun hanya berbekal pendidikan menengah atas, saya terus berupaya untuk meningkatkan kualitas diri, menjadi ibu dan istri yang baik. Bagi saya, belajar bukan hanya di sekolah. Tidak belajar secara formal, bukan berarti berhenti belajar. Hal ini menjadi salah satu alasan saya memilih Homeschooling sebagai pilihan belajar bagi Nadine.

Mulai dari Nadine dalam kandungan saya selalu belajar agar dapat memberi yang terbaik baginya. Saya percayakan kelahiran putri kecil berpipi tembem itu pada metode Gentle Birth yang menuntun saya pada banyak ilmu parenting kekinian.

Belajar Gentle Birth, tentang ASI, Babywearing, hingga kini bergabung dalam komunitas Booeboo Vaganza yang luar biasa memberikan support dan memiliki segudang agenda yang mendukung serta membuat ibu-ibu dapat mengaktualisasikan diri. Sungguh, grup yang sangat luar biasa bermafaat. Meskipun hanya berperan kecil, menjadi bagian dari tim BV membuat saya belajar banyak hal. Mulai dari team work hingga profesionalisme. Yang ternyata ibu-ibu dapat melakukannya! Meskipun kami, dibuntuti oleh anak-anak kecil mungil itu. Meskipun BV berpusat di Jakarta dan banyak eventnya juga di Jakarta dan saya berada di luar Jakarta, saya tetap dapat terlibat dalam eventnya sebagai tim grafis.

Oya, saya dan suami kini bekerja sebagai wirausaha setelah sebelumnya suami bekerja di perusahaan sawit di pelosok Kalimantan. Dulu, saya membersamainya tinggal di Kalimantan hingga kami memutuskan untuk resign di tahun 2018 dan memulai usaha kecil-kecilan yang sebelumnya sudah kami rintis perlahan saat masih bekerja. Kami memiliki usaha konveksi @gorillakonveksi, memiliki satu brand gendongan lokal @oru.id dan juga brand kaos menyusui @simpanse_id.

Bekerja sebagai Wirausahawan tentu tak mudah, jatuh, bangun, jatuh lagi hingga bangun lagi membuat kami terlatih untuk gagal dan bangkit. Begitu pula dalam pengasuhan. Menjadi full-time Mom bagi anak pipi gembil ini, dan menjadi Wirausahawan membuat saya harus pintar-pintar membagi waktu.

Selain itu, peran sebagai konselor menyusui yang saya miliki seolah menjadi kebutuhan dasar saya untuk berbagi dan membantu sesama Ibu lain yang kesulitan menyusui. Berbagi dan mendengar keluh kesah mereka membuat saya bersyukur. Berbagi merupakan sarana bagi saya untuk menjadi orang yang lebih bermanfaat. Dipercaya untuk mengisi acara tentang ASI dan Babywearing adalah suatu kehormatan bagi saya. Karena melalui itu, saya merasa menjadi ibu yang berguna bagi sesama.

Membersamai tumbuh kembang Nadine dan menjadi orangtua homescholler juga menjadi tantangan bagi kami. Oleh karena itu, jadi orang tua itu, bagi saya adalah belajar tak tak memiliki ujung.

Jadi ibu itu, belajar seumur hidup. Maka, perlu kesedian ibu untuk sadar belajar.

Klaten,

Risca Ayu Maranita